Liga

Tundukkan Skotlandia 3-1, Timnas Ukraina Jaga Asa Lolos ke Piala Dunia 2022

Ukrainan tinggal mengalahkan Wales di final play-off untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Roman Yaremchuk usai cetak gol saat Ukraina hajar Skotlandia 3-1 di semifinal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)
Selebrasi Roman Yaremchuk usai cetak gol saat Ukraina hajar Skotlandia 3-1 di semifinal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Ukraina berhasil mengalahkan Skotlandia 3-1 dalam laga semifinal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 sona Eropa jalur A di Stadion Hampden Park, Glasgow, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat 

 

selangkah lagi tampil dalam Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Skotlandia 3-1 pada semifinal playoff kualifikasi zona Eropa jalur A di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Kamis dini hari WIB. Kemenangan ini membuat tim besutan Oleksandr Petrakov jaga asa lolos ke putaran final.

Ukraina memenangkan pertandingan berkat gol yang dicetak oleh Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk dan Artem Dovbyk. Sementara Skotlandia membalas satu gol melalui Callum McGregor.

Kemenangan ini membawa Ukraina tampil di final play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa jalur A menghadapi Wales di Stadion Cardiff City, Cardiff, Wales, Minggu (5/6/2022) malam WIB.

Pada babak pertama, Ukraina mengambil inisiatif menyerang dan sempat menciptakan tiga peluang dalam 25 menit pertama, namun aksi gemilang kiper Skotlandia Craig Gordon mematahkan upaya tersebut.

Ukraina unggul lebih dulu pada menit ke-33 ketika penyerang West Ham Andriy Yarmolenko lolos dari jebakan offside dan melepaskan tendangan yang tak bisa dijangkau Gordon sehingga skor berubah 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Ukraina menggandakan keunggulan ketika babak kedua baru berjalan empat menit saat umpan lambung Oleksandr Zinchenko disambut sundulan Yaremchuk guna mengubah skor menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol membuat Skotlandia tertekan apalagi suporter mereka mulai meneriaki mereka, namun skuad asuhan Steven Clark bisa keluar dari tekanan untuk memperkecil ketertinggalan pada menit 79.

Berawal dari upaya kiper Ukraina Heorhiy Bushchan yang gagal meninju bola di kotak penalti, McGregor merebut bola untuk mengarahkannya ke gawang Ukraina guna mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Mendapatkan harapan, Skotlandia justru kembali kebobolan pada tambahan waktu babak kedua pada menit 90+5 ketika umpan terobosan Zinchenko diteruskan oleh Artem Dovbyk.

Setelah menerima umpan ini Dovbyk yang tinggal satu lawan satu menghadapi Gordon, tidak kesulitan membobol gawang Skotlandia dengan menggunakan kaki kirinya dan membuat pertandingan berakhir dengan skor 3-1 untuk Ukraina.

Hasil ini membuat Skotlandia kembali mengubur mimpi lolos putaran final Piala Dunia setelah terakhir kali melakukannya pada edisi 1998 di Prancis, demikian Reuters.

Berita Terkait

Berita Terkini