Liga

Profil AC Monza, Klub Milik Silvio Berlusconi yang Promosi ke Serie A Italia

Silvio Berlusconi merupakan mantan presiden Serie A Italia. Apakah AC Monza bisa disebut sebagai saudara tiri AC Milan?

Irwan Febri Rialdi

AC Monza merayakan keberhasilan promosi ke Serie A Italia. (Instagram/@acmonza)
AC Monza merayakan keberhasilan promosi ke Serie A Italia. (Instagram/@acmonza)

Bolatimes.com - AC Monza melengkapi tiga tim Serie B yang promosi ke Serie A untuk musim 2022/23 mendatang. Kepastian ini didapatkan oleh AC Monza usai menang secara dramatis atas Pisa di babak play-off. 

Bertandang ke markas Pisa di Stadion Arena Garibaldi pada leg kedua play-off Serie B, Senin (30/5/2022), Monza menang secara dengan keunggulan 6-4.

Pertandingan perebutan satu tempat ke Serie A ini sangat seru hingga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu karena agregat sama kuat 4-4 menutup 90 menit.

AC Monza pun resmi mendampingi Lecce dan Cremonese yang sudah lebih dulu memastikan tiket promosi ke Serie A untuk musim depan usai menjadi juara dan runner-up Serie B.

Lantas, bagaimana sejarah AC Monza sendiri? Berikut ulasannya.

Profil AC Monza

Sudah berdiri sejak 1912, salah satu klub lawas asal Italia ini ternyata belum pernah mencicipi kompetisi teratas di piramida sepak bola Negeri Pizza.

Mereka berjuang dari divisi bawah hingga akhirnya bisa mentas di Serie B pada 1951. Selama 15 tahun ada di kasta kedua, klub berjuluk I Bagai itu degradasi ke Serie C.

Meski berstatus sebagai tim papan bawah sejak dulu, AC Monza pernah bikin sejarah dengan menebus perempat final Coppa Italia.

Pencapaian ini menjadi Monza sebagai klub kasta rendah yang mampu mencapai titik perempat final salah satu kompetisi di Italia.

Namun, cobaan kian berat menerpa AC Monza dalam perjalanan mereka. Pada musim 2014/15, mereka dinyatakan bangkrut.

Sesuai dengan ketentuan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), setiap tim yang mengalami pailit maka harus memulai kembali dari kompetisi paling bawah atau Serie D.

Perjuangan mereka untuk kembali ke kasta lebih tinggi membuahkan hasil pada musim 2016/17. Kondisi ini bikin mantan pemilik AC Milan, Silvio Berlusconi, tertarik untuk membeli AC Monza.

Mantan Perdana Menteri Italia itu akhirnya resmi mengakuisisi AC Monza pada 2018 silam. Berlusconi membawa orang-orang kepercayaannya semasa di Milan, seperti sang adik, Paolo Berlusconi, yang menjadi Presiden AC Monza, dan Adriano Galliani, yang kini menjadi chairman AC Monza.

Untuk mewujudkan ambisi menembus Serie A, Berlusconi menggelontorkan dana besar-besaran untuk mendatangkan banyak pemain. Salah satunya sempat mendatangkan mantan pemain AC Milan, Mario Balotelli.

Ambisi besar yang memerlukan waktu tak sebentar itu  akhirnya membuahkan hasil dengan keberhasilan meraih tiket promosi ke Serie A untuk musim 2022/23.

Dari segi prestasi, AC Monza sebetulnya cukup apik dengan mengoleksi 4 gelar Serie C dan 4 kali juara Coppa Italia Serie C.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini