Liga

3 Pemain yang Terancam Tergusur usai Erling Haaland Gabung Manchester City

Berikut deretan pemain yang berpotensi jadi korban kedatangan Erling Haaland.

Husna Rahmayunita

Ilustrasi Erling Haaland berseragam Manchester City. [Twitter/@FabrizioRomano]
Ilustrasi Erling Haaland berseragam Manchester City. [Twitter/@FabrizioRomano]

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Manchester City yang bisa menjadi korban kedatangan Erling Haaland di musim panas 2022 mendatang.

Belakangan nama Erling Haaland menjadi perbincangan usai dilaporkan sepakat bergabung dengan raksasa Premier League, Manchester City.

Pemain berusia 21 tahun tersebut sepakat berseragam Man City musim depan usai mencapai kesepakatan pribadi dengan mantan klub ayahnya tersebut.

Dari pihak Man City, disebutkan bahwa Direktur The Cityzens, Ferran Soriano, juga sepakat menebus klausul Haaland dari Borussia Dortmund.

Angka 75 juta euro (Rp1,1 triliun) menjadi angka yang ditebus Man City untuk mendaratkan Haaland ke Etihad Stadium. Di sisi lain, pihak Man City akan memberikan bayaran 30 juta euro per tahunnya atau setara Rp461 miliar kepada Haaland.

Jika dihitung lebih rinci, maka mantan pemain RB Salzburg ini akan mendapat bayaran kurang lebih 400 ribu euro atau Rp6,2 miliar per pekannya.

Terlepas dari hal tersebut, kedatangan Haaland akan menjadi sinyal bahaya bagi barisan depan Man City saat ini.

Bukan tidak mungkin datangnya Haaland akan membuat beberapa pemain depat The Cityzens tergusur dan harus angkat kaki dari Etihad Stadium.

Jika benar demikian, maka siapa sajakah para pemain yang akan tergusur dari kedatangan Haaland di Man City? Berikut tiga pemain tersebut.

1. Gabriel Jesus

Selebrasi Gabriel Jesus usai cetak gol saat Manchester City lumat Leeds United 4-0. (AFP)
Selebrasi Gabriel Jesus usai cetak gol saat Manchester City lumat Leeds United 4-0. (AFP)

Nama pertama yang kemungkinan akan tergusur imbas kedatangan Haaland di Man City adalah penyerang asal Brasil, Gabriel Jesus.

Gabriel Jesus telah lama dirumorkan akan hengkang. Hal ini tak lepas dari minimnya kesempatan yang ia dapatkan di Man City.

Perginya Sergio Aguero nyatanya juga tak membuat pemain berusia 25 tahun langsung masuk ke tim utama pilihan Pep Guardiola.

Dengan datangnya Haaland, Gabriel Jesus pun akan semakin menderita dan bisa saja jadi penghuni bangku cadangan.

Agar kariernya tak hanya habis sebagai pemain pengganti, maka opsi angkat kaki pun akan dipilihnya dan Man City. Apalagi kontrak Gabriel Jesus akan habis pada 2023 nanti.

2. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez (@riyadmahrez26.7/Instagram)
Riyad Mahrez (@riyadmahrez26.7/Instagram)

Riyad Mahrez juga bisa saja menjadi korban kedatangan Haaland. Hal ini juga tak lepas dari statusnya sebagai pemain tua dan punya bayaran yang mahal.

Mahrez yang kini berusia 31 tahun, dianggap akan memasuki masa puncaknya sebagai pemain. Atas dasar tersebut, Man City pun kepikiran untuk melakukan penyegaran.

Meski di musim ini pemain asal Aljazair itu tampil cemerlang, hal tersebut tampaknya tak mengurangi niatan Man City untuk melegonya jika Haaland datang.

Niatan Man City ini terlihat dari urung adanya pembicaraan kontrak baru dengan Mahrez, yang kontraknya akan habis pada 2023.

Karenanya, bisa jadi Man City melegonya di musim panas 2022 nanti agar mendapat pemasukan dari penjualannya dan juga mengurangi beban gaji serta menumpuknya pemain di lini depan.

3. Raheem Sterling

Penyerang Manchester City, Raheem Sterling (Paul Ellis/AFP)
Penyerang Manchester City, Raheem Sterling (Paul Ellis/AFP)

Sejatinya Raheem Sterling bisa saja dipertahankan oleh Man City kendati Haaland nantinya datang ke Etihad pada musim panas 2022.

Namun, situasi Sterling di Man City tak begitu menguntungkan. Sebab, kontraknya akan habis pada 2023 nanti atau setahun lagi.

Jika Man City ingin memperpanjang kontraknya, maka The Cityzens harus bersedia memenuhi permintaan kenaikan gaji yang pasti diminta Sterling.

Karena situasi tersebut, bisa saja Man City mengambil opsi untuk melepas Sterling, demi menekan biaya gaji dan juga mengurangi stok penyerang di lini depan.

Apalagi saat ini Man City masih punya Jack Grealish dan Phil Foden, yang suatu saat bisa mengisi peran Sterling sebagai pelayan Haaland.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini