Liga

Erik ten Hag Latih Manchester United, Berikut 5 Pemain yang Berpeluang Diuntungkan

Lima pemain Manchester United diperkirakan bakal beruntung dengan datangnya Erik ten Hag.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Aksi gelandang Manchester United, Donny van de Beek (kiri) saat berebut bola dengan pemain West Ham dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (Oli SCARFF / AFP)
Aksi gelandang Manchester United, Donny van de Beek (kiri) saat berebut bola dengan pemain West Ham dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (Oli SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Sederet pemain diprediksi akan diuntungkan bersamaan dengan datangnya Erik ten Hag ke Manchester United. Erik ten Hag telah resmi menunjuk Erik ten Hag sebagai manajer anyar untuk Liga Inggris musim 2022/2023 mendatang. 

Erik ten Hag berpisah dengan Ajax Amsterdam dan akan melanjutkan kariernya bersama Manchester United. Pelatih berusia 52 tahun ini dikontrak Manchester United hingga tahun 2025 mendatang plus opsi perpanjangan satu tahun.

Menurut media-media ternama Inggris maupun Eropa, Manchester United dan Ajax telah menyepakati pelepasan pelatih berusia 52 tahun asal Belanda itu di angka 2 juta euro.

"Selama empat musim di Ajax, Erik (Ten Hag) sudah membuktikan diri sebagai manajer yang paling menjanjikan dan sukses di Eropa. Dia berkomitmen terhadap sepakbola atraktif dan juga pengembangan pemain muda," ujar Direktur Olahraga Manchester United, John Murtough di laman resmi klub.

"Kami kagum dengan visi jangka panjangnya, seperti yang dipaparkan dalam proses interview untuk posisi menajerial ini."

Ten Hag sendiri mengaku dia merasa terhormat jadi manajer untuk tim sekaliber Manchester United. Dia pun siap menghadapi tantangan ke depan, apalagi Setan Merah mirip-mirip Ajax, klub yang kaya akan sejarah.

"Sulit rasanya meninggalkan Ajax setelah tahun-tahun luar biasa di sana, tetapi sekarang saya siap dengan tantangan baru di klub masif lainnya, klub raksasa Manchester United. Saya merasa sangat terhormat," ucap Ten Hag.

Datang ke Old Trafford, Ten Hag pastinya akan melakukan revolusi. Nah, lima pemain ini bakal mendapatkan keuntungan saat kedatangan pelatih asal Belanda ini.

1. Donny van de Beek

Gelandang Everton pinjaman dari Manchester United, Donny van de Beek. [OLI SCARFF / AFP]
Gelandang Everton pinjaman dari Manchester United, Donny van de Beek. [OLI SCARFF / AFP]

Donny van de Beek pasti tak sabar untuk mengakhiri masa peminjamannya di Everton untuk kembali Manchester United. Hal itu karena datangnya sosok Erik ten Hag ke Old Trafford.

Pasalya Van de Beek dan Ten Hag pernah bekerja sama di Ajax Amsterdam. Di bawah asuhannya, gelandang asal Belanda ini tampil impresif, bahjan masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2019.

Sayangnya performa impresif Van de Beek melempem ketika ia pindah ke Manchester Untied pada 20220 lalu. Ia terpinggirkan dan harus dipinjamkan ke Everton.

Namun, kini dengan datangnya Erik ten Hag ke Manchester United, gelandang berusia 25 tahun bakal diuntungkan. Ia akan bereuni dengan pelatih yang membuat namanya menonjol.

2. Dean Henderson

Dean Henderson ketika berseragam Timnas Inggris U-21. (Kim Doo-ho/AFP)
Dean Henderson ketika berseragam Timnas Inggris U-21. (Kim Doo-ho/AFP)

Datangnya Erik ten Hag bisa menjadi mimpi buruk bagi David De Gea dan merupakan kabar baik untuk Dean Henderson. Pasalnya, kiper asal Inggris ini sempat diminati sang pelatih ketika ia masih menangani Ajax.

Meski De Gea tak dimungkiri adalah salah satu kiper terbaik, tapi atributnya tak cocok dengan sistem pelatih asal Belanda itu. Kiper Spanyol ini memang salah satu penghenti tembakan lawan terbaik, tapi ia buruk dalam distribusi bola.

Maka dari itu, De Gea diragukan bisa adaptasi dalam sistem Ten Hag. Maka dari itu, nama Dean Henderson bisa diungtungkan untuk mengambil alih posisi kiper utama.

3. Marcus Rashford

Marcus Rashford kini sedang panen kritikan karena performanya yang buruk di Manchester United. Ia pun dirumorkan bakal hengkang dari Old Trafford.

Akan tetapi, niatan Rashford untuk hengkang itu bisa urung karena kedatangan Erik ten Hag. Pelatih berusia 52 tahun ini dipercaya bisa mengembalikan performa pemain berusia 24 tahun ini.

Sebab, Ten Hag merupakan pelatih yang punya pemain sayap terbaik. Misalnya ketika di Ajax ada beberapa nama seperti Hakim Ziyech, Dusan Tadic, dan terbaruu Anthony yang berkembang pesat di bawah asuhannya.

Berkaca dari hal itu, Rashford akan diuntungkan dengan tangan dingin Ten Hag yang bakal menangani Setan Merah.

4. Hannibal Mejbri

Wonderkid Manchester United, Hannibal Mejbri yang permalukan Fred di sesi latihan. (Paul ELLIS / AFP)
Wonderkid Manchester United, Hannibal Mejbri yang permalukan Fred di sesi latihan. (Paul ELLIS / AFP)

Erik ten Hag punya catatan apik dalam mengembangkan bakat pemain muda. Misalnya saja ada Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, dan kini ada Ryan Gravenbers serta Jurrien Timber.

Melihat catatan tersebut, Hannibal Mejbri bisa diuntungkan karena ia bisa berkembang pesat di bawah asuhann Ten Hag. Apalagi kini pemain berusia 19 tahun merupakan wonderkid yang menonjol.

Ia juga sudah debut di tim senior Manchester United, meski usianya kini baru 19 tahun. Dengna datangnya Ten Hag, Hannibal Mejbri bisa lebih berkembang lagi talentanya.

5. James Garner

James Garner merupakan gelandang muda Manchester United yang sedang dipinjamkan ke Nottthingham Forest. Ia berhasil tampil reguler bersama klub kasta kedua Liga Inggris tersebut.

Menurut laporan yang beredar, gelandang berusia 21 tahun ini akan diberi kesempatan untuk Erik ten Hag di pramusim. Tentu kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh Garner.

Jika mampu ia mengesankan pelatih asal Belanda tersebut, maka Garner bisa saja mengunci tempat utama atau setidaknya rutin masuk skuad Manchester United di musim depan.

Berita Terkait

Berita Terkini