Liga

Blackburn Rovers Cetak Sejarah, Jadi Klub Inggris Pertama yang Selenggarakan Salat Id

Blackburn Rovers membuat sejarah

Irwan Febri Rialdi

Blackburn Rovers gelar salat Idulfitri di stadion mereka. (www.rovers.co.uk)
Blackburn Rovers gelar salat Idulfitri di stadion mereka. (www.rovers.co.uk)

Bolatimes.com - Sejarah dicatatkan oleh klub Inggris, Blackburn Rovers. Mereka menjadi klub asal Inggris pertama yang membuka pintu stadion untuk komunitas Muslim di negeri Ratu Elizabeth.

Ya, Blackburn Rovers yang kini berkompetisi di Championship atau divisi kedua dalam piramida kompetisi Inggris itu, akan menjadikan markas mereka tempat beribadah bagi umat Muslim.

Dari kabar yang diberikan oleh mereka melalui situs resmi klub, Blackburn Rovers akan menjadikan lapangan Stadion Ewood Park untuk lokasi salat Id yang akan hadir pada pekan depan.

"Untuk merayakan akhir Ramadan, Salat Idulfitri di Ewood Park akan dilaksanakan pada hari Idul Fitri dari pukul 9 pagi hingga 10 pagi," demikian pernyataan resmi pihak Rovers.

"Selama bertahun-tahun, Rovers sudah mensponsori festival tahunan Idul Fitri yang diadakan di Corporation Park dan klub dengan senang hati menunjukkan dukungan lebih lanjut dengan menyelenggarakan salat Idul Fitri tahun ini di stadion Ewood Park," lanjut pernyataan tersebut.

Bentuk komitmen lain dari Blackburn Rovers dalam membantu komunitas Muslim di wilayahnya adalah dengan menyediakan shuttle bus untuk komunitas Muslim yang ingin melakukan salat Id di Ewood Park.

Salah Id di Ewood Park terbuka untuk semua keluarga, dengan ketentuan bagi pria dan wanita untuk salat di lapangan. Bagi yang hadir diminta untuk membawa sajadah sendiri," demikian pernyataan resmi Rovers.

Selain menyediakan markas mereka untuk menggelar salat Id, Blackburn Rovers juga ikut mendukung festival Idul Fitri yang akan berlangsung pada 7-8 Mei 2022

Blackburn Rovers sendiri merupakan salah satu klub tertua dan legendaris di Inggris. Mereka terbentuk sejak tahun 1875 dan punya sederet prestasi.

Blackburn Rovers tercatat tiga kali menjadi kampiun Liga Inggris di mana terakhir kali hadir pada musim 1994/95 saat kompetisi sudah berganti nama menjadi Premier League.

Klub berjuluk The Riversiders ini pun mengoleksi 6 gelar Piala FA , satu Piala Liga, dan satu kali menjadi kampiun Community Shield.

Terakhir kali Blackburn Rovers bermain di Premier League adalah pada musim 2001/12. Sempat terdegradasi hingga ke divisi ketiga atau League One, Blackburn Rovers mampu kembali ke divisi Championship pada 2018 dan bertahan hingga sekarang.

Kontributor: Aditia Rizki 

Berita Terkait

Berita Terkini