Liga

Bukan Liverpool, 3 Alasan Manchester City Lebih Berpeluang Juara Liga Inggris

Manchester City berpeluang besar untuk menjuarai Liga Inggris

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Manchester City Kevin de Bruyne (kanan) berusaha melewati hadangan bek Liverpool Virgil van Dijk (tengah) dalam pertandingan Liga Inggris pada 11 April 2022. ANTARA/REUTERS/PHIL NOBLE
Gelandang Manchester City Kevin de Bruyne (kanan) berusaha melewati hadangan bek Liverpool Virgil van Dijk (tengah) dalam pertandingan Liga Inggris pada 11 April 2022. ANTARA/REUTERS/PHIL NOBLE

Bolatimes.com - Persaingan perebutan gelar juara Liga Inggris 2021/2022 memang semakin ketat, tapi Manchester City memiliki peluang yang lebih besar untuk keluar sebagai jawara.

Saat ini, hanya ada dua klub di papan atas klasemen Liga Inggris 2021/2022 yang masih saling sikut untuk bisa mengamankan puncak klasemen di akhir musim nanti.

Kedua kontestan tersebut yakni Manchester City dan Liverpool. Untuk sementara, The Citizens berada di puncak unggul satu poin dari The Reds yang menempel ketat di peringkat kedua.

Setidaknya, masih ada enam pertandingan krusial yang akan dilewati masing-masing tim untuk bisa menjaga asa meraih gelar juara Liga Inggris pada akhir musim nanti.

Akan tetap, tampaknya Man City memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi juara di kompetisi Negeri Ratu Elizabeth ketimbang Liverpool.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Manchester City bakal menjadi juara Liga Inggris.

1. Jumlah Gol Tinggi, Sumbernya Variatif

Sektor lini serang Manchester City memang sempat diragukan pada awal musim karena tak memiliki sosok penyerang murni.

Namun, ternyata hal ini justru menjadi senjata utama The Citizens karena sumber gol Manchester City bisa datang dari siapa saja.

Hal ini menandakan bahwa sumber gol Man City cukup variatif karena menyebar ke beberapa nama pemain.

Sejauh ini, Man City sudah melesakkan total 75 gol dan menjadi tim paling produktif kedua di Liga Inggris setelah Liverpool dengan 83 gol.

Di posisi atas, dua pencetak gol terbanyak Man City ialah Riyad Mahrez dan Kevin de Bruyne yang sejauh ini sudah membukukan 11 gol.

Jumlah ini diikuti Raheem Sterling di urutan ketiga dengan 10 gol, dan dilanjutkan oleh Phil Foden dan Bernardo Silva yang sama-sama mengemas delapan gol.

2. Pertahanan Terbaik di Liga Inggris

Salah satu alasan mengapa Manchester City masih terus memimpin perolehan poin di puncak klasemen sementara Liga Inggris ialah karena pertahanannya.

The Citizens saat ini memiliki pertahanan terbaik di Liga Inggris. Hal itu terbukti dari catatan kebobolan mereka yang mencapai 20 gol.

Jumlah ini masih jauh lebih baik ketimbang rival terdekatnya di klasemen sementara, Liverpool, yang telah kebobolan 22 gol dari 32 laga.

Jika mampu terus melanjutkan performa impresif di sektor pertahanan ini, maka peluang Manchester City untuk menjuarai Liga Inggris semakin besar.

3. Jarang Terpeleset saat Memimpin

Dalam empat musim terakhir ini, dominasi Manchester City seperti tak tertandingi oleh para pesaingnya di Liga Inggris. Sebab, dari empat edisi, Man City sukses menjuarai tiga di antaranya.

Kesuksesan The Citizens merengkuh tiga gelar juara Liga Inggris itu tak terlepas dari konsistensinya di kompetisi domestik.

Pasalnya, tim asuhan Pep Guardiola ini menjadi salah satu kontestan kokoh yang jarang tergelincir ketika berada di puncak klasemen, bahkan ketika menghadapi tekanan yang besar.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini