Liga

Profil Sam Johnstone, Kiper Kasta Kedua yang Jadi Buruan Manchester United dan Tottenham

Sam Johnstone jadi rebutan dua klub papan atas Liga Inggris.

Husna Rahmayunita

Kiper Timnas Inggris, Sam Johnstone yang beri assist via lemparan maut. (Paul ELLIS / POOL / AFP)
Kiper Timnas Inggris, Sam Johnstone yang beri assist via lemparan maut. (Paul ELLIS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Kiper West Bromwich Albion Sam Johnstone belakangan ramai disebut selepas muncul rumor dirinya menjadi rebutan Manchester United dan Tottenham Hotspur untuk musim panas nanti. 

Hal ini senada dengan lapora Sky Sports yang menyebut bahwa Johnstone berambisi bermain di Liga Inggris musim depan, menyusul kontraknya yang habis akhir musim ini.

Bagi Man United, urgensi mendapatkan Johnstone cukup jelas untuk mengganti Dean Henderson sebagai kiper kedua yang sedang mempertimbangkan masa depannya di Old Trafford.

Sementara buat Spurs, jasa Johnstone dibutuhkan untuk memberi persaingan ketat kepada kiper utama mereka, Hugo Lloris yang tak tergantikan tempatnya dalam beberapa musim terakhir.

Lantas, siapa sebetulnya Sam Johnstone yang tiba-tiba jadi rebutan dua klub top Inggris ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Sam Johnstone

Sosok dengan nama lengkap Samuel Luke Johnstone ini lahir di Preston, Inggris, pada 25 Maret 1993. Masa kecilnya dihabiskan dengan menimba ilmu sepak bola di beberapa klub lokal.

Bakatnya kemudian dilihat oleh klub Colin Fairhurst yang kemudian membawanya bergabung dengan Manchester United pada 2010.

Di musim perdananya itu, Johnstone menjadi kiper utama di akademi The Red Devils. Namun, dia selalu gagal menembus tim utama Man United yang selalu diisi oleh nama-nama besar.

Sebut saja ada Edwin van Der Sar yang pensiun di 2011 lalu digantikan David de Gea yang sekarang masih jadi andalan. Oleh karena itu, Johnstone banyak dipinjamkan ke klub lain.

 Bahkan dalam kurun waktu 2011 hingga 2018, Sam Johnstone dipinjamkan ke 7 klub berbeda. Peminjaman pertama dilakukan ke Oldham Athletic.

Dari situ Johnstone dipinjamkan ke Scunthorpe United, Walsall, Yeovil Town, Doncaster Rovers, Preston North End, hingga Aston Villa.

Hingga akhirnya pada 2018 Sam Johnstone pindah permanen ke West Bromwich Albion. Dia ikut berjasa membawa West Brom promosi ke Liga Inggris pada musim 2020/21.

Namun, hanya satu musim saja bermain di Liga Inggris, West Brom terdegradasi lagi ke Championship. Di musim ini, Sam Johnstone sudah memainkan 10 pertandingan.

Meski banyak menjalani kariernya sebagai kiper pinjaman, Sam Johnstone punya prestasi apik di level tim nasional. Dia menjadi bagian dari Timnas Inggris U-17 yang menjuarai Piala Eropa U-17 2010.

Dia juga sudah mengantongi 3 caps dengan timnas senior Inggris dan ikut dipanggil untuk turnamen besar macam Euro 2020.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini