Liga

Anti Mainstream, Atletico Madrid Pakai Formasi 5-5-0 saat Kalah Lawan Manchester City

Atletico Madrid pakai formasi tak wajar saat duel lawan Man City.

Husna Rahmayunita

Aksi kiper Atletico Madrid, Jan Oblak membendung serangan Manchester City yang dimotori Ilkay Gundogan. (PAUL ELLIS / AFP)
Aksi kiper Atletico Madrid, Jan Oblak membendung serangan Manchester City yang dimotori Ilkay Gundogan. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Pertandingan antara Atletico Madrid lawan Manchester City di leh pertama perempat final Liga Champions yang digelar Rabu (6/4/2022) menuai sorotan.

Pada pertandingan tersebut, Atletico Madrid kalah 0-1 dari The Citizen. Di balik kekalahan ini, Los Rojiblancos menerapkan formasi tak wajar.

Atletico Madrid bermain ultra defensif atau parkir bus ketika bertandang ke markas Man City. Tim tamu awalnya turun dengan formasi 5-3-2 karena saking bertahannya.

Kemudian, formasi Los Rojiblancos berubah menjadi 5-5-0 guna menumpuk pemain di area pertahanan sendiri. Joao Felix dan Antoine Griezmann selaku dua penyerang Atletico Madrid, justru terlihat lebih sering berada di area pertahanan sendiri.

Hal itu berbanding lurus dengan kinerja Atletico Madrid dalam menyerang di mana sepanjang pertandingan mereka tidak sekalipun melepaskan tembakan ke gawang Manchester City.

Pendekatan taktik Diego Simeone bisa dibilang masuk akal. The Citizen memiliki trio lini tengah dan penyerang yang jauh lebih superior dari tetangganya. Alhasil, Atletico Madrid pun coba bermain reaktif dengan garis pertahanan rendah.

Sayangnya, upaya tim asuhan Diego Simeone untuk meredam permainan agresif Manchester City gagal di laga ini. The Citizen berhasil mencetak satu gol pada menit ke-70 lewat Kevin De Bruyne.

Kekalahan itu membuat taktik ultra defensif yang dipakai Atletico Madrid dalam laga ini jadi sorotan. Diego Simeone pun buka suara dan menganggap timnya sudah bermain baik kendati hasilnya tak diharapkan.

"Kami ingin bertahan dengan baik, menekan ruang dan menyerang mereka melalui serangan balik," kata Diego Simeone dikutip dari laman resmi Liga Champions, Rabu (6/4/2022).

"Tepat saat kami terlihat seperti menciptakan peluang terbaik kami, mereka mencetak gol," tambahnya.

Adapun leg kedua Atletico Madrid vs Man City dijadwalkan bergulir Kamis (14/4/2022). Los Rojiblanco minimal harus menang dengan selisih dua gol agar posisinya tetap aman.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini