Kalahkan Chelsea Lewat Adu Penalti, Liverpool Juara Piala Liga Inggris

Laga Liverpool vs Chelsea berakhir imbang 0-0 hingga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 28 Februari 2022 | 04:55 WIB
Kapten Liverpool Jordan Henderson mengangkat Piala Carabao usai mengalahkan Chelsea lewat adu penalti pada 28 Februari 2022. ANTARA/Reuters/JOHN SIBLEY

Kapten Liverpool Jordan Henderson mengangkat Piala Carabao usai mengalahkan Chelsea lewat adu penalti pada 28 Februari 2022. ANTARA/Reuters/JOHN SIBLEY

Bolatimes.com - Liverpool berhasil juara Piala Liga Inggris 2021/2022 setelah menaklukkan Chelsea lewat adu penalti dengan skor 11-10 dalam laga final di Wembley Stadium pada Senin dini hari WIB.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 90 menit penuh dan tidak ada pula gol tercipta pada babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Sedangkan VAR tercatat empat kali menganulir gol di laga tersebut, tiga untuk Chelsea dan satu untuk Liverpool.

Pada menit keenam, Chelsea mendapat peluang pertamanya lewat serangan balik saat Cesar Azpilicueta memberikan umpan tarik yang disambut sepakan Christian Pulisic di kotak penalti, tetapi bola mengarah tepat ke pelukan Caoimhin Kelleher.

Baca Juga: Hasil Liga 1: Persik Kediri Bungkam Arema FC 1-0, Risna Prahalabenta Cetak Gol Indah

Liverpool coba keluar dari tekanan Chelsea. Peluang pertama mereka dapatkan pada menit ke-17 saat umpan silang Trent Alexander-Arnold disundul Sadio Mane di kotak penalti, tetapi bola masih melebar.

Setelah laga berjalan 25 menit, Liverpool gantian mendominasi. Namun, mereka masih kesulitan menciptakan peluang.

Pada menit ke-30, Mane membuang peluang setelah sontekannya masih terlalu pelan sehingga bisa ditepis Edouard Mendy.

Baca Juga: Leeds United Kalah Melulu, Marcelo Bielsa Resmi Dipecat

Kedua tim saling bertukar serangan di sisa babak pertama, namun skor kacamata bertahan hingga turun minum. Chelsea langsung tancap gas selepas jeda.

Pada menit ke-49, The Blues mengancam lewat Mount yang berada bebas di kotak penalti seusai lolos dari jebakan offside. Tinggal berhadapan dengan Kelleher, sepakan gelandang Inggris itu justru mengirim bola ke tiang dalam dan gagal berbuah gol.

Liverpool mampu mengancam pertama kalinya di babak tersebut pada menit ke-64. Diawali kesalahan operan Mendy yang jatuh ke kaki pemain Liverpool dan diteruskan dengan umpan terobosan ke sisi kiri.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Berkibar saat Tokyo Verdy Menang Telak, Nama Pratama Arhan Disebut

Salah menyambut umpan tersebut sebelum Thiago Silva dengan cepat menyapu bola mencegahnya melewati garis gawang.

Tiga menit kemudian, Liverpool mencetak gol lewat Joel Matip meneruskan situasi sepakan bebas Alexander-Arnold. Sayangnya gol itu lantas dianulir VAR karena Virgil van Dijk dianggap melanggar Reece James dalam prosesnya.

Chelsea beberapa kali mengancam Liverpool, tetapi Mendy tampil cemerlang dalam melakukan penyelamatan. Skor 0-0 bertahan hingga waktu normal berakhir, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Baca Juga: Momen Asnawi Gagal Manfaatkan Peluang Emas, Pelatih Ansan Greeners Ngamuk

Chelsea mencetak gol di babak tambahan waktu pertama, tepatnya pada menit ke-97 lewat tembakan Lukaku. Namun, gol itu dianulir VAR karena sang penyerang berada dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan Trevoh Chalobah.

Tak ada peluang berbahaya dari kedua tim sepanjang 15 menit pertama dan skor pun tetap kacamata. Chelsea mencetak gol lagi di babak kedua perpanjangan waktu lewat Havertz dari sisi kiri dan menyepak bola ke gawang Kelleher.

Namun, VAR lagi-lagi menganulir gol karena sang pemain sudah terjebak offside. Chelsea berupaya mencari gol, tetapi pertahanan Liverpool masih sulit ditembus.

Thomas Tuchel memasukkan Kepa Arrizabalaga menggantikan Edouard Mendy saat laga terlihat akan berlanjut ke adu penalti.

Seluruh penendang dari Liverpool dan Chelsea sukses hingga masing-masing kiper harus mengambil tendangan ke-11. Kelleher mampu menunaikan tugas sebelum tendangan Kepa melambung sehingga memberikan kemenangan 11-10 untuk Liverpool, demikian dikutip dari Antara.

Susunan Pemain:

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy (Kepa Arrizabalaga 120'); Trevoh Chalobah, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta (c) (Reece James 57'), N' Kante, Mateo Kovacic (Jorginho 106'), Marcos Alonso; Mason Mount (Romelu Lukaku 74'), Kai Havertz, Christian Pulisic (Timo Werner 74').

Liverpool (4-3-3): Caoimhin Kelleher; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip (Ibrahima Konate 91'), Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson (c) (Harvey Elliott 79'), Fabinho, Naby Keita (James Milner 80'); Mohamed Salah, Sadio Mane (Diogo Jota 80'), Luis Diaz (Divock Origi 97').

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak