Kalahkan Mesir Lewat Drama Adu Penalti, Senegal Juara Piala Afrika 2021

Senegal menang dengan skor 4-2 atas Mesir di babak adu penalti.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 07 Februari 2022 | 06:20 WIB
Senegal juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan mesir via adu penalti. (Instagram/caf_online)

Senegal juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan mesir via adu penalti. (Instagram/caf_online)

Bolatimes.com - Timnas Senegal berhasil menjadi kampiun Piala Afrika 2021 usai menundukkan Mesir lewat drama adu penalti dengan skor 4-2. Duel tersebut digelar di Paul Biya Stadium, Olembe, Kamerun, Senin (7/2/2022) dini hari WIB itu.

Senegal memulai laga dengan trengginas, mereka langsung tampil menekan sejak awal. Terbukti, pertandingan baru jalan tujuh menit, Senegal berhasil mendapatkan hadiah penalti usai terjadi pelanggaran di kotak terlarang.

Sayang, Sadio Mane yang maju sebagai eksekutor gagal menyarangkan bola setelah sepakan kerasnya berhasil dibendung kiper Mesir, Mohamed Abougabal.

Baca Juga: Kisah Luis Diaz, Bintang Baru Liverpool yang Nyaris Tewas karena Gizi Buruk

Abougabal benar-benar tampil bak Spiderman, ia sukses berkali-kali membuat penyelamatan penting ketika para pemain Senegal bertubi-tubi membuat peluang bersih.

Hampir sepanjang babak pertama menekan, Senegal gagal menyarangkan bola, di mana hampir semua peluang emas berhasil digagalkan kiper Abougabal.

Baru di babak kedua, Mesir mencoba bangkit membalas. Mereka perlahan menemukan ritme permainan. Namun sejumlah peluang juga gagal. Kiper Senegal, Eduardo Mendy tak kalah apik dalam melakukan penyelamatan.

Baca Juga: Senasib, Messi dan Ronaldo Sama-Sama Tersingkir dari Piala Domestik

Hingga waktu normal 90 menit selesai, tak ada satupun gol tercipta dari kedua tim. Hingga pertandingan lanjut ke babak tambahan waktu 2x15 menit.

Di babak ini, baik Senegal maupun Mesir sama-sama memiliki peluang emas. Salah satunya adalah tembakan keras Sadio Mane yang lagi-lagi berhasil ditepis kiper Abougabal.

Begitu juga sebuah aksi dari Mohamed Salah nyaris membawa Mesir unggul, namun sayang, kali ini giliran kiper Aduardo Mendy yang sukses menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Baca Juga: Hasil Piala FA: Luis Diaz Debut & Assist, Liverpool Hajar Cardiff City 3-1

Di babak tambahan waktu ini pun, kedua tim gagal menyarangkan bola. Hingga akhirnya pertandingan harus diselesaikan lewat babak adu penalti.

Kiper Mesir Mohamed Abougabal dan kiper Senegal, Eduardo Mendy di laga final Piala Afrika 2021. (Foto: AFP)
Kiper Mesir Mohamed Abougabal dan kiper Senegal, Eduardo Mendy di laga final Piala Afrika 2021. (Foto: AFP)

Di babak ini, nyaris pemain hingga penonton satu stadion tegang. Sadio Mane bahkan tak bisa menyembunyikan raut tegangnya. Ia yang biasa tenang, tampak terus berjalan tak seperti rekan-rekannya yang memilih berkumpul menunggu giliran penendang.

Senegal mendapat giliran pertama, Kalidou Koulibaly sukses menyarangkan bola, skor 1-0 untuk Senegal.

Baca Juga: Video Witan Sulaeman Cetak Gol Debut Cantik buat FK Senica

Giliran Mesir menyamakan kedudukan 1-1 setelah eksekusi Ahmed Sayed gagal dibendung kiper Mendy.

Senegal kembali memimpin 2-1 setelah sepakan Abdou Diallo menembus jala Mesir.

Petaka bagi Mesir datang saat penendang kedua mereka Mohamed Abdelmonem gagal menyarangkan bola setelah hanya membentur tiang gawang.

Di saat posisi menguntungkan bagi Senegal, kiper Abougabal tampil sebagai pahlawan usai menepis eksekusi penendang ketiga Senegal, Bounar Sarr.

Skor penalti menjadi sama kuat 2-2 setelah penendang ketiga Mesir, Marwan Hamidi berhasil menceploskan bola.

Eksekutor keempat Senegal, Bamba Dieng sukses mengecoh kiper Mesir.

Kali ini giliran kiper Eduardo Mendy yang tampil gemilang, ia berhasil menggagalkan eksekusi penendang keempat Mesir, Mohanad Lasheen.

Penyerang Senegal Sadio Mane berlari usai memastikan kemenangan Senegal atas Mesir di final Piala Afrika 2021 lewat adu penalti. (Foto: AFP)
Penyerang Senegal Sadio Mane berlari usai memastikan kemenangan Senegal atas Mesir di final Piala Afrika 2021 lewat adu penalti. (Foto: AFP)

Sadio Mane tampil sebagai eksekutor kelima Senegal sekaligus sebagai penentu, tak ingin gagal seperti saat waktu normal, dengan dingin ia melepaskan tendangan keras yang gagal dibendung Abougabal, Senegal pun menang dengan skor 4-2.

Selamat Senegal!

Susunan pemain:

Senegal (4-2-3-1): Eduardo Mendy, Bouna Sarr, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Saliou Ciss, Cheikhou Kouyate, Nampalys Mendy, Ismaila Sarr, Idrissa Gana Gueye, Sadio Mane, Famara Diedhiou

Mesir (4-3-3): Mohamed Abougabal, Ahmed Abou El Fotouh, Mahmoud El Wensh, Mohamed Abdelmonem, Emam Ashour, Amr Al Sulaya, Mohamed Elneny, Hamdi Fahti, Omar Marmoush, Mostafa Mohamed, Mohamed Salah

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak