Rekam Jejak Sofyan Amrabat, Pemain Maroko yang Jadi Incaran Tottenham

Tottenham Hotspur bergerak cepat untuk mendapatkan rekrutan pertamanya di bawah arahan Antonio Conte, yakni Sofyan Amrabat.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 30 Januari 2022 | 09:00 WIB
Sofyan Ambarat saat membela Timnas Maroko di Piala Afrika. (Kenzo Tribouillard / AFP)

Sofyan Ambarat saat membela Timnas Maroko di Piala Afrika. (Kenzo Tribouillard / AFP)

Bolatimes.com - Jelang penutupan bursa transfer Januari 2022, Tottenham Hotspur bergerak cepat untuk mendapatkan rekrutan pertamanya di bawah arahan Antonio Conte. Salah satu nama yang disebut akan menjadi rekrutan pertamanya adalah Sofyan Amrabat.

Nama Sofyan Amrabat melejit seiring keinginan Tottenham Hotspur mendapatkan gelandang baru jika klub berjuluk The Lilywhites ini berhasil menendang Tanguy Ndombele.

Sebagaimana yang telah diketahui, Tottenham ingin melego Tanguy Ndombele yang tak masuk dalam rencana Antonio Conte.

Baca Juga: Klasemen Terbaru Liga 1 usai Persebaya Surabaya Kalahkan PSS Sleman

Sejauh ini, hanya Paris Saint-Germain yang menginginkan jasanya. Itupun dengan status pinjaman dan opsi pembelian secara permanen.

Di tengah negosiasinya dengan PSG, Tottenham pun segera mencari pengganti Ndombele. Tak disangka nama gelandang Fiorentina, Sofyan Amrabat menjadi daftar utama penggantinya.

Tottenham melalui sang Direktur Olahraga, Fabio Paratici, tengah melakukan negosiasi dengan Fiorentina untuk bisa mendapatkan Amrabat.

Baca Juga: Persib Bandung Menang Tipis atas Persikabo, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Hanya saja, Tottenham baru bisa menyelesaikan transfernya jika PSG merampungkan proses kepindahan Ndombele terlebih dahulu.

Amrabat yang saat ini juga tengah berjuang bersama Maroko di Piala Afrika 2021 dilaporkan tak menolak sama sekali proposal yang ditawarkan Tottenham. Alhasil, kepindahan diyakini akan berjalan mulus dan bisa terealisasi dalam waktu dekat.

Lantas, siapakah sosok Sofyan Amrabat ini? Mengapa Tottenham Hotspur menjadikannya pengganti Tanguy Ndombele yang berstatus pemain termahal sepanjang masa klub London Utara itu?

Baca Juga: Tanpa 7 Pemain Inti, Pelatih Persebaya Bangga Bersyukur Kalahkan PSS Sleman

Rekam Jejak Sofyan Amrabat

Sofyan Amrabat merupakan adik dari Winger Nordin Amrabat yang pernah membela PSV Eindhoven, Malaga, hingga Watford.

Sofyan Amrabat sendiri lahir di Belanda pada 21 Agustus 1996. Karier sepak bolanya pun juga bermula di tanah kelahirannya itu, di mana ia memulai karier di HSV DE Zuidvogels.

Baca Juga: Tinggalkan Wolves, Adama Traore Resmi Gabung Barcelona

Pada 2007, ia dibeli oleh FC Utrecht dan dimasukkan ke akademi mantan klub Irfan Bachdim itu. Barulah pada 2014 Amrabat mendapat debutnya di tim utama.

Pasca debut, Amrabat perlahan menjadi pemain reguler tim utama FC Utrecht, di mana ia menjadi andalan Erik Ten Hag pada musim 2016/17.

Tampil cemerlang bersama FC Utrecht, Amrabat pun menarik minat tim-tim papan atas. Salah satunya adalah Feyenoord Rotterdam yang memboyongnya dengan mahar 4 juta euro pada 2017.

Di Feyenoord, Amrabat menorehkan tinta emas dengan memenangi Piala KNVB dan dua gelar Johan Cruyff Shields yang membuatnya lantas dipinang Club Brugge.

Di Club Brugge, perjalanan Amrabat terbilang tak cukup panjang. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan dan gelandang Box to Box ini lantas dipinjamkan ke Hellas VERONA.

Hanya dalam waktu 6 bulan saja, Hellas Verona terkesan dengan penampilan Amrabat yang kemudian mempermanenkannya pada Januari 2020 dengan mahar 3,65 juta euro.

Hanya saja, transfer permanen Amrabat dilakukan Hellas Verona untuk menjualnya dengan harga lebih tinggi, di mana setelah transfernya dari Club Brugge usai, ia segera dilepas ke Fiorentina dengan mahar 19,5 juta euro.

Amrabat pun tak langsung hijrah ke Florence untuk membela Fiorentina. Ia dipinjamkan lagi ke Hellas Verona hingga musim 2019/20 usai.

Setelahnya, barulah Amrabat bermain untuk Fiorentina di musim 2020/21, di mana ia menjadi andalan di musim perdananya di Florence dengan mencatatkan 33 penampilan di segala ajang.

Seiring penunjukkan Vincenzo Italiano sebagai pelatih di musim 2021/22, Amrabat jarang dimainkan oleh Fiorentina, dengan total hanya 214 menit bermain saja di kancah Serie A Italia.

Dengan kualitasnya yang masih mumpuni, Tottenham Hotspur pun tertarik memboyongnya ke London Utara. Kebetulan Amrabat juga tengah menjadi pesakitan di Fiorentina.

Keinginan Tottenham memboyongnya pun seakan menuntaskan mimpi Amrabat yang ingin mencicipi kompetisi Premier League dalam kariernya.

Sedangkan di level internasional, Amrabat yang lahir dan tumbuh di Belanda justru memilih Maroko sebagai negara yang ia representasikan.

Ia telah membela Maroko di tim U-17 kala mengikuti ajang Piala Dunia U-17 pada 2013 lalu. Amrabat pun mendapat debut internasionalnya bersama tim senior pada 28 Maret 2017.

Saat itu, Sofyan Amrabat bermain penuh sejak menit pertama sebagai gelandang tengah kala Maroko mengalahkan Tunisia di laga persahabatan.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak