Liga

5 Pemain Barcelona yang Angkat Kaki karena Terlibat Konflik dengan Pelatih

Sederet pemain bintang harus meninggalkan Barcelona karena terlibat perselisihan dengan pelatih.

Husna Rahmayunita

Pemain Barcelona, Luis Suarez melakukan tembakan ke  gawang RC Celta Vigo di Stadion Camp Nou, Barcelona (22/12/2018) (AFP).
Pemain Barcelona, Luis Suarez melakukan tembakan ke gawang RC Celta Vigo di Stadion Camp Nou, Barcelona (22/12/2018) (AFP).

Bolatimes.com - Selama beberapa tahun terakhir, Barcelona memiliki riwayat yang kurang apik perihal mempertahankan pemain bintangnya karena terlilit konflik dengan pelatih.

Setidaknya, ada deretan nama pemain bintang yang harus meninggalkan Barcelona karena terlibat perselisihan dengan pelatih.

Konflik antara pelatih dengan pemain ini akhirnya berimbas pada performa si pemain. Sebab, mereka harus tersingkir dari tim karena konflik tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain yang angkat kaki dari Barcelona setelah terlibat konflik dengan pelatih.

1. Luis Suarez

Selebrasi Luis Suarez usai cetak gol ke gawang Valencia, Minggu (15/9/2019) dini hari tadi. Pada laga lanjutan La Liga tersebut Barcelona menang besar atas tamunya. [PAU BARRENA / AFP]
Selebrasi Luis Suarez usai cetak gol ke gawang Valencia, Minggu (15/9/2019) dini hari tadi. Pada laga lanjutan La Liga tersebut Barcelona menang besar atas tamunya. [PAU BARRENA / AFP]

Selain Lionel Messi, salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Barcelona selama beberapa tahun terakhir ialah Luis Suarez.

Sebab, semenjak direkrut dari Liverpool, Suarez telah menyumbangkan total 198 gol untuk Blaugrana dan mempersembahkan 13 trofi juara.

Sayangnya, kisah cerita striker asal Uruguay ini harus berakhir dengan Barcelona. Penyebabnya tak lain ialah konflik yang terjadi antara dia dengan Ronald Koeman.

2. Samuel Eto’o

Samuel Eto'o/Instagram
Samuel Eto'o/Instagram

Samuel Eto’o juga menjadi nama pemain top dunia yang harus meninggalkan Barcelona karena mengalami konflik dengan pelatihnya.

Saat itu, Eto’o memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan Pep Guardiola. Padahal, dia adalah pemain yang berjasa besar membantu Guardiola meraih sejumlah gelar juara.

Saat itu, Eto’o adalah salah saut pemain andalan Guardiola yang sukses mengantarkan Blaugrana meraih enam trofi dalam satu musim kompetisi.

Akan tetapi, konflik antara pemain asal Kamerun ini dengan pelatih legendaris Barcelona itu membuatnya pergi ke Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2009.

3. Miralem Pjanic

Gelandang Barcelona, Miralem Pjanic. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Gelandang Barcelona, Miralem Pjanic. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Pada bursa transfer musim panas 2020, Barcelona merekrut Miralem Pjanic dari Juventus dengan mahar yang cukup besar.

Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan Barcelona untuk memboyong pemain asal Bosnia ini mencapai 60 juta euro.

Akan tetapi, harga mahal yang harus dibayar Blaugrana tak sebanding dengan performa yang ditampilkan Pjanic.

Pasalnya, ia tak mendapatkan banyak kesempatan bermain. Penyebabnya adalah perselisihan pemain berusia 31 tahun itu dengan pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Akhirnya, Barcelona memilih untuk melepas mantan gelandang AS Roma ini ke Besiktas dengan status pinjaman.

4. Rivaldo

Rivaldo/Instagram
Rivaldo/Instagram

Rivaldo menjadi salah satu pemain top dunia yang pernah memperkuat Barcelona. Pemain asal Brasil ini memiliki peran penting di balik keberhasilan Blaugrana meraih sejumlah gelar juara.

Beberapa catatan impresif Rivaldo bersama Barcelona ialah meraih dua gelar La Liga. Bahkan, dia sukses meraih gelar Ballon d’Or pada 1999.

Sayangnya, konflik panas yang melibatkan Rivaldo dengan pelatih Barcelona saat itu, Louis van Gaal, membuatnya angkat kaki dari Camp Nou.

Efeknya, Rivaldo akhirnya memutuskan untuk pindah ke Liga Italia karena diboyong AC Milan pada tahun 2002

5. Zlatan Ibrahimovic

ibrahimovic/instagram
ibrahimovic/instagram

Saat kariernya memasuki masa-masa keemasan, kemampuan Zlatan Ibrahimovic dalam menjebol gawang lawan memang sudah tak diragukan lagi.

Hal itulah yang membuat Pep Guardiola meminang Zlatan Ibrahimovic untuk menjadi juru gedor Barcelona.

Pada musim debutnya, mantan kapten timnas Swedia ini sukses mencatatkan 21 gol dan 13 assist untuk Blaugrana.

Sayangnya, kebersamaan Zlatan dengan tim asal Catallan itu tak berlangsung lama. Sebab, ia hanya bermain satu musim bersama raksasa Spanyol itu.

Hal ini tak terlepas dari perselisihannya dengan Pep Guardiola yang membuat Zlatan harus bergeser posisi dari ujung tombak. Penyebab utamanya tak lain ialah Lionel Messi.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini