Liga

3 Alasan Kepindahan Mauricio Pochettino ke Man United Bisa Jadi Kenyataan

Mauricio Pochettino diisukan kuat bakal latih Manchester United

Irwan Febri Rialdi

Mauricio Pochettino dan Neymar saat membawa PSG juara Piala Prancis. (FRANCK FIFE / AFP)
Mauricio Pochettino dan Neymar saat membawa PSG juara Piala Prancis. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Mauricio Pochettino, menjadi salah satu nama kandidat yang disebut-sebut bakal menangani Manchester United.

Saat itu, Mauricio Pochettino memang masuk bursa calon pelatih Manchester United setelah kepergian Ole Gunnar Solskjaer pada Minggu (20/11/2021).

Namun demikian, kepindahan Mauricio Pochettino tak bakal berlangsung mulus. Sebab, saat ini dia berstatus sebagai juru taktik Paris Saint-Germain.

Terlepas dari hal itu, sebetulnya lelaki asal Argentina itu tetap memiliki peluang untuk meninggalkan PSG demi Manchester United.

Sebab, ada sejumlah alasan yang membuatnya memilih tim yang bermarkas di Old Trafford itu ketimbang bertahan di Prancis.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Mauricio Pochettino bisa menjadi pelatih Manchester United.

1. Proyek jangka panjang

Mantan pemain Manchester United, Gary Neville, meyakini bahwa Pochettino merupakan sosok pelatih yang tepat untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer.

Meskipun saat ini masih terikat kontrak dengan Paris Saint-Germain, Pochettino memang lebih cocok dengan kultur Man United.

Sebab, PSG menjadi tim yang menghendaki prestasi instan, sementara MU merupakan klub yang memiliki tradisi membangun sebuah era.

Dengan melihat kultur itu serta ketersediaan pemain yang ada, maka Pochettino jelas lebih tepat untuk bergabung dengan MU ketimbang bertahan di Prancis bersama PSG.

“Dia akan melihat para pemain, dia akan melihat klub. Dia juga akan menyadari bahwa dia mungkin bisa mencapai lebih dari yang dia inginkan di MU dalam hal sebuah proyek,” ujar Gary Neville.

“Di PSG, pelatih dinilai musim demi musim. Mereka harus memenangkan Liga Champions atau tersingkir. Model seperti itu tidak cocok untuk Pochettino,” lanjutnya.

2. Kesempatan tangani Cristiano Ronaldo dkk

Apabila Pochettino bersedia menerima tawaran Manchester United, maka dia bakal memiliki kesempatan untuk melatih mega bintang lainnya, yakni Cristiano Ronaldo.

Sebelumnya, pelatih asal Argentina ini sudah pernah mengasuh beberapa pemain bintang milik PSG, mulai dari Kylian Mbappe, Neymar, hingga Lionel Messi.

Tentu, ini menjadi kesempatan besar bagi Pochettino untuk kembali menambah rekam jejaknya sebagai pelatih yang kerap menangani pemain-pemain bintang dunia.

3. Pochettino ke MU, Zidane ke PSG

Selain Pochettino, kandidat lain yang juga muncul dalam bursa calon pelatih Manchester United ialah Zinedine Zidane.

Akan tetapi, Zizou, sapaan akrabnya, dikabarkan tak memiliki ketertarikan untuk melatih klub Liga Inggris.

Hal ini lantaran rekam jejaknya yang sama sekali belum pernah singgah di Negeri Ratu Elizabeth saat masih aktif bermain.

Oleh sebab itu, Paris Saint-Germain jadi pelabuhan yang tepat bagi Zidane untuk melanjutkan karier selanjutnya.

Dengan demikian, negosiasi akan lebih mudah berlangsung. Sebab, Pochettino akan meninggalkan PSG demi MU, sementara Zidane datang sebagai penggantinya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini