Liga

Profil Michael Carrick, Pelatih Interim Man United usai Solskjaer Didepak

Michael Carrick ditunjuk sebagai pelatih sementara di Manchester United.

Husna Rahmayunita

Pelatih sementara Manchester United, Michael Carrick. [GLYN KIRK / AFP]
Pelatih sementara Manchester United, Michael Carrick. [GLYN KIRK / AFP]

Bolatimes.com - Michael Carrick kini ditunjuk sebagai pelatih interim Manchester United usai Ole Gunnar Solskjaer dipecat dari posisinya sebagai pelatih. Berikut profil Michael Carrick.

Kerjasama antara Solskjaer dengan The Red Devils berakhir per Minggu (21/11/2021) setelah rentetan hasil buruk. Teranyar Man United ditekuk Watford dengan skor 1-4.

Performa buruk tersebut membuat manajemen klub akhirnya mendepak pelatih asal Norwegia tersebut. Sebagai pengganti sementara, Carrick yang jadi asisten Solskjaer akan memimpin Cristiano Ronaldo dan kolega.

Belum diketahui siapa yang akan menjadi pelatih anyar Manchester United selanjutnya, yang pasti Carrick punya tugas berat untuk mendongkrak performa tim.

Profil Michael Carrick

Carrick yang kini berusia 40 tahun merupakan bocah kelahiran Wallsend, Inggris, pada 28 Juli 1981. Sudah sejak usia 5 tahun Carrick mulai berlatih sepak bola.

Michael Carrick dan Jose Mourinho saat sesi latihan Manchester United pada 1 Desember 2018 (Glyn Kirk/AFP)
Michael Carrick dan Jose Mourinho saat sesi latihan Manchester United pada 1 Desember 2018 (Glyn Kirk/AFP)

Setelah menimba ilmu di tim kampung halamannya, Wallsend Boys Club, Carrick pindah ke akademi West Ham pada 1997. Dia menjadi bagian dari tim junior West Ham yang menjuarai FA Youth Cup pada 1998/99.

Bakat Carrick yang menonjol bikin dia promosi ke tim utama West Ham pada musim 1999/00. Lima musim lamanya Carrick ada di klub asal London itu dengan mengemas 153 laga.

Carrick kemudian pindah ke Tottenham Hotspur pada 2004 dengan biaya 3,5 juta poundsterling. Carrick tampil cemerlang bersama The Lilywhites sehingga membuat klub-klub besar meliriknya.

Akhirnya setelah dua musim bersama Tottenham dan menjalani 75 laga, Carrick pindah ke Manchester United pada musim 2006/07 dengan biaya 14 juta poundsterling.

Tercatat 12 tahun lamanya Carrick menghabiskan waktunya di Old Trafford dan menjadi sosok vital di lini tengah Manchester United.

Sejak berseragam 'Iblis Merah', Carrick turut berkontribusi memberikan 5 titel Liga Inggris, 1 trofi Liga Champions, 2 juara Piala Liga, Piala FA, Liga Europa, hingga Piala Dunia Antarklub.

Setelah mencatatkan 464 penampilan lintas ajang dengan torehan 24 gol buat Manchester United, Carrick memutuskan pensiun setelah musim 2017/18 rampung.

Setelah pensiun, Carrick merambah dunia kepelatihan dengan menjadi asisten Jose Mourinho di Manchester United.

Carrick masih menjadi bagian asisten pelatih meski Mourinho pergi dan digantikan Solskjaer. Kini, setelah Solskjaer didepak, Michael Carrick punya tugas berat memimpin Manchester United sebagai pelatih interim.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini