Liga

3 Alasan Barcelona Akan Kembali Tangguh dengan Dani Alves

Ada misi terselubung di balik keputusan Xavi Hernandez membawa kembali Dani Alves

Irwan Febri Rialdi

Dani Alves rayakan golnya bersama Barcelona [AFP]
Dani Alves rayakan golnya bersama Barcelona [AFP]

Bolatimes.com - Transfer mengejutkan dilakukan oleh Barcelona dengan mendatangkan pemain veteran, Dani Alves. kepastian ini diumumkan pihak klub pada Sabtu (13/11) dini hari WIB.

Transfer ini cukup mengejutkan karena Dani Alves kini sudah berusia 38 tahun. Namun, hadirnya Xavi Hernandez diyakini sebagai faktor pulangnya Dani Alves ke Camp Nou.

''Barcelona dan Dani Alves telah mencapai kesepakatan bagi sang pemain untuk bergabung dengan tim utama selama sisa musim [hingga akhir musim 2021/22],'' tulis keterangan resmi Barcelona.

Ya, Dani Alves direkrut hingga akhir musim ini. Namun, dia baru bisa bermain pada Januari 2022 karena tak bisa mendaftarkan pemain ketika kompetisi sudah berjalan.

Dani Alves sendiri merupakan salah satu sosok legendaris Barcelona. Pada periode pertamanya membela Blaugrana, Alves bermain dari tahun 2008 hingga 2016.

Setelah dari Barcelona, dia pindah ke Juventus lalu hijrah ke Paris Saint-Germain. Klub terakhir Aleves sebelum pulang ke Barcelona adalah klub kampung halamannya, Sao Paulo.

Kembali pulangnya Dani Alves disebut menjadi bagian rencana Xavi untuk mendongkrak performa Barcelona yang melempem di awal musim. Berikut alasan Barcelona akan kembali tangguh dengan Dani Alves.

1. Leader di Atas Lapangan dan Pemain Muda

Bukan hanya pengalaman sebagai pemain senior, hadirnya Alves juga akan menambah sosok pemimpin di dalam tim.

Dia bisa membantu pemain-pemain senior lainnya seperti Gerard Pique dan Sergio Busquet untuk membimbing para pemain muda Barcelona.

Kemampuan Dani Alves dalam menjadi pemimpin di atas lapangan juga sudah terbukti ketika dirinya mampu membawa Timnas Brasil meraih medali emas sepak bola putra di Olimpiade Tokyo 2020.

2. Kemampuan Mumpuni

Usia Dani Alves memang sudah 38 tahun, namun penampilannya masih berada di level tertinggi sejak terakhir membela Sau Paulo.

Sejak bergabung dengan Sau Pulo pada 2019 lalu, Dani alves sudah mencatatkan 95 penampilan lintas ajang dengan mencetak 9 gol dan 14 assist.

Statistik ini menunjukkan bahwa Alves masih bisa menjadi andalan Barcelona di sektor bek sayap kanan. Terlebih untuk membimbing pemain muda di posisi tersebut, Sergio Dest.

3. Memahami Filosofi Permaianan Barcelona dan Xavi

Sebagai sosok yang pernah membela Barcelona selama 8 tahun dan meraih berbagai macam gelar di sana, Dani Alves merupakan pemain yang sangat paham filosofi permainan Barcelona.

Terlebih saat ini Barcelona dilatih oleh Xavi yang merupakan rekan satu timnya dulu selama beberapa tahun. Koneksi di antara keduanya bisa menjadi faktor yang menguntungkan bagi Barcelona.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini