Liga

Gabung Klub Sultan, Teka-teki Gaji Eddie Howe di Newcastle United

Eddie Howe resmi menahkodai Newcastle United.

Husna Rahmayunita

Eddie Howe saat masih melatih Bournemouth. (Clive Brunskill/AFP)
Eddie Howe saat masih melatih Bournemouth. (Clive Brunskill/AFP)

Bolatimes.com - Eddie Howe resmi didapuk sebagai pelatih Newscastle United untuk menggantikan Steve Bruce. Namun gaji Eddi Howe setelah bergabung ke klub 'sultan' masih menjadi misteri.

Terlebih diketahui, Newcastle United kini menjadi klub 'sultan' setelah diakuisisi oleh konsorium Arab Saudi yang dipimpin oleh putra Raja Salman, Mohammed bin Salman pada 7 Oktober silam.

Sebelumnya, Eddie Howe merupakan juru taktik Bournemouth. Ia mendapat tugas baru untuk mengarsiteki The Toon Army sesuai kontraknya hingga 2024 mendatang.

Situs berita Mirror menyebutkan, Howe mengantongi 176 juta pound sebagai modal belanja pemain tahun ini. Angka fantastis itu mencuat lantaran Newcastle United baru saja dibeli pangeran Arab Saudi dengn nilai pembelian mencapai 300 juta pound atau sekitar Rp 5,8 triliun.

Pembelian ini mengakhiri kepemilikan Mike Ashley selama 14 tahun. Konsorsium itu diisi salah satu pengelola aset terbesar di dunia, yakni Dana Investasi Publik (Public Investment Fund) Arab Saudi. Di dalamnya juga ada PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara.

Patung Bobby Robson di stadion St James Park milik Newcastle United. ANTARA/Reuters/LEE SMITH.
Patung Bobby Robson di stadion St James Park milik Newcastle United. ANTARA/Reuters/LEE SMITH.

Meski begitu, tidak jelas disebutkan apakah rincian gaji Eddie Howe itu masuk dalam dana belanja pemain. Situs resmi Newcastle juga tidak memberikan info secara mendetail.

Mengutip Sportsjone.com, Howe diketahui menerima bayaran 750.000 pound per tahun saat menangani Bournemouth.

Eddie Howe sendiri merupakan pemain di AFC Bournemouth sejak level junior sebelum akhirnya menjadi pelatih di klub yang identik dengan warna merah-hitam itu.

Terakhir pada 2015 lalu, sebagai pelatih, Howe membantu klub itu promosi ke Liga Primer Inggris. Kendati demikian, tahun lalu dia gagal menyelamatkan klub dari zona degradasi. Akhirnya, pada Agustus 2020 Howe meninggalkan Bournemouth yang dia latih sejak 2012 dan menjadi pengangguran.

Jika melihat rekam jejaknya, laki-laki 45 tahun itu hanya menghabiskan sepanjang kariernya di Inggris. Prestasinya sebagai pelatih bahkan tak terlalu gemilang dengan hanya pernah menangani dua klub sebelum Newcastle yakni Burnley dan Bournemouth.

Namun, nama Eddie Howe  mulai diperhatikan banyak kalangan berkat prestasinya membawa Bournemouth promosi ke Liga Inggris dan bahkan mencapai papan tengah liga pada tahun sebelumnya.

Eddie Howe tercatat menangani Bournemouth dua kali dalam periode waktu yang berbeda, terakhir selama delapan tahun terhitung 2012-2020.

Perwakilan petinggi Newcastle United, Amanda Staveley, menyatakan Howe telah direkrut melalui proses yang ketat.

"Selain pencapaiannya yang jelas dengan Bournemouth, dia juga pelatih yang bersemangat dan dinamis, yang memiliki ide jelas tentang membawa tim dan klub ini ke depan," ujarnya.

(Penulis: Nadia Lutfiana Mawarni)

Berita Terkait

Berita Terkini