Liga

5 Pelatih yang Cocok Gantikan Steve Bruce di Newcastle, Ada Zinedine Zidane

Dengan kedatangan bos baru yang super duper kaya raya, Newcastle United bisa banget boyong pelatih kelas dunia

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi instruksi pada anak asuhnya saat pertandingan melawan Real Valladolid. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi instruksi pada anak asuhnya saat pertandingan melawan Real Valladolid. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bolatimes.com - Newcastle United baru saja diakuisisi oleh miliarder asal Arab Saudi. Taipan pundi-pundi dari Putra Mahkota Arab Mohammad bin Salman (Mbs) bisa membuat apa yang tak ada menjadi ada dan juga sebaliknya.

Salah satu yang bisa saja dibuat lenyap adalah menendang Steve Bruce. Terkini, pelatih The Maggpies itu tengah dalam sorotan karena gagal membawa tim mereka berbicara banyak di Premier League musim ini.

Ada rumor menyebut, Bruce akan segera ditendang. Lantas, siapa saja yang cocok menggantikannya? Berikut Bolatimes rangkum calon-calonnya:

1. Antonio Conte

Saat ini Conte tengah menganggur. Usai membawa Inter Milan meraih kampiun Serie A musim lalu, dirinya berpisah jalan karena tak satu visi dengan manajemen.

Urusan prestasi, Conte sudah membuktikan diri. Saat membesut Juventus, 3 kali ia bawa Si Nyonya Tua juara Liga Italia. Saat melatih Chelsea, 1 trofi Liga Inggris mampir ke Stamford Bridge.

2. Zinedine Zidane

Zidane memang tak banyak melatih. Tercatat, karier eks kapten Prancis ini hanya menangani Real Madrid.

Namun jangan salah. Saat melatih Los Blancos, Zidane justru menggila dengan 3 gelar Liga Champions dan 2 gelar La Liga.

Catatan ini mungkin bisa jadi acuan buat manajemen baru Newcastle. Terlebih, Zidane juga sedang menganggur usai mengundurkan diri musim lalu.

3. Frank Lampard

Lampard memang baru sebagai manajer di Premier League. Pencapaian terbesarnya adalah ketika menangani Chelsea selama 1,5 musim.

Hanya, Lampard dan bekas klubnya semasa jadi pemain itu kudu berpisah jalan. Tak tercapainya target yang dipatok di awal kerja sama jadi alasan.

Untuk sekelas Lampard, Newcastle mestinya bisa pikir-pikir dulu. Jika sukses, bukan tak mungkin Lampard akan jadi legenda baru.

4. Ernesto Valverde

Valverde saat ini tak melatih klub manapun. Terakhir kali dia melatih saat membesut Barcelona dengan melatih pemain macam Lionel Messi, Luis Suarez, dan lainnya.

Bicara pengalaman, Valverde bisa dibilang pelatih top karena mampu membawa Barcelona juara dua musim beruntun. Pencapaian yang juga moncer juga ditunjukkan saat melatih Athletic Bilbao pada 2015 dengan raihan juara Piala Super Spanyol.

5. Laurent Blanc

Blanc juga sama seperti 4 pelatih yang disebutkan di atas. Malahan, sosok pelatih asal Prancis ini sudah lama menganggur usai meletakkan jabatannya di PSG pada 2016 silam.

Kalau soal prestasi, eks bek Man United di era 2000an ini juga terbilang apik. Sejak melatih pada 2007 hingga 2016, Blanc meraih 16 trofi. Dari 16 trofi itu, 11 di antaranya didapatkan bersama PSG (2013-2016).

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini