Liga

Deretan Pembelian Liverpool yang Gagal Tota, Nomor 5 Mahal Banget Belinya

Liverpool tak selalu mujur dalam transfer. Terkadang, pemain yang dibeli dengan harga mahal tampil buruk

Irwan Febri Rialdi

Andy Carroll (Adrian Dennis/AFP)
Andy Carroll (Adrian Dennis/AFP)

Bolatimes.com - Ada beberapa keputusan keliru yang diambil Liverpool dalam urusan transfer pemain. Hal itu membuat sang pemain tercatat menjadi pembelian gagal The Reds.

Tolok ukur seorang pemain dikatakan gagal saat berseragam Liverpool jelas salah satu yang terbesar adalah performa.

Memang ada pembelian-pembelian tepat yang dilakukan Liverpool sehingga berujung pada prestasi tim.

Namun, tercatat ada beberapa pembelian gagal yang dilakukan oleh Liverpool dalam dua dekade terakhir. Berikut daftarnya.

1. Rickie Lambert

Saat kehilangan Luis Suarez yang pindah ke Barcelona pada 2014 lalu, Liverpool menjatuhkan pilihan pada Rickie Lambert sebagai pengganti di lini serang.

Namun, penampilan Lambert tidak setajam saat berada di Southampton. Dia cuma mampu mencetak 3 gol dari 36 laga lintas ajang dan akhirnya dilepas pada 2015.

2. Iago Aspas

Penyerang Celta Vigo, Iago Aspas. (Sumber: Twitter/@RCCelta)
Penyerang Celta Vigo, Iago Aspas. (Sumber: Twitter/@RCCelta)

Brendan Rodgers merekrut Iago Aspas dari Celta Vigo pada 2013 dengan harga 9 juta poundsterling. Iago Aspas sendiri saat itu memang dianggap striker tajam.

Akan tetapi, dia gagal menaklukkan kerasnya Liga Inggris. Pemain asal Spanyol itu cuma mencetak sebiji gol dari 15 laga. Dia dipinjamkan ke Sevilla semusim berikutnya, lalu kembali ke Celta dan bermain di hingga sekarang.

3. Lazar Markovic

Dibeli dari Benfica pada musim 2014/15 dengan harga 25 juta euro, Markovic justru jadi penghuni daftar pembelian gagal Liverpool.

Dia cuma bertahan satu musim di Anfield dengan hanya mencetak 3 gol dari 34 laga. Dia dipinjamkan ke Fenerbahce, Sporting Lisbon, dan Anderlecht. Dia kemudian dilepas secara permanen ke Fulham pada musim dingin 2019 dan kini bermain di Liga Serbia bersama Partizan.

4. Christian Benteke

Tampil begitu tajam bersama Aston Villa selama tiga musim, Benteke langsung jadi buruan Liverpool pada 2015 dengan harga mencapai 46,5 juta euro.

Sayangnya harga mahal dan ekspektasi tinggi tidak berhasil dibayar oleh pemain asal Belgia itu. Liverpool langsung menjualnya pada akhir musim ke Crystal Palace setelah dia tampil sebanyak 42 kali dan mencetak 10 gol di semua kompetisi.

5. Andy Carroll

Andy Carroll saat masih berseragam Newcastle United. (Owen Humphreys / POOL / AFP)
Andy Carroll saat masih berseragam Newcastle United. (Owen Humphreys / POOL / AFP)

Sama seperti kasus Benteke, Liverpool begitu kepincut dengan ketajaman yang ditunjukan oleh Andy Carroll selama membela Newcastle.

'Si Merah' rela merogoh kocek hingga 35 juta poundsterling untuk memboyongnya ke Anfield. Namun, ekspektasi tinggi itu tidak dibayar tuntas oleh Carroll, bahkan jadi salah satu pembelian gagal Liverpool.

Striker asal Inggris itu hanya mencetak 11 gol dalam 58 pertandingan di semua kompetisi selama dua setengah musim bersama Liverpool. 

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini