Liga

10 Pemain Termahal yang Dijual PSG, Ada Bintang Top Brasil

PSG kerap jor-joran untuk belanja pemain untuk dijual kembali.

Husna Rahmayunita

Eks PSG, Mamadou Sakho (Ben Stansall/AFP)
Eks PSG, Mamadou Sakho (Ben Stansall/AFP)

Bolatimes.com - Paris Saint-Germain atau PSG adalah salah satu klub paling kaya di Eropa. Selama ini, PSG kerap jor-joran untuk belanja pemain.

Terbaru, mereka merekrut Lionel Messi dari Barcelona oada bursa transfer musim ini. Messi disebut menerima gaji 35 juta euro per musimnya di PSG.

Meski dikenal suka membidik pemain mahal, PSG juga sempat menghambur-hamburkan uang untuk belanja pemain namun untuk dijual kembali.

Alasan keputusan itu yakni, si pemain tak sesuai ekspektasi klub dan ya sudah dijual saja. Namun, harga jualnya juga tak sediki karena klub yang diakuisisi taipan Mesir itu juga dapat untung.

Berikut Bolatimes rangkum 10 pemain termahal yang dijual oleh tim berjuluk Les Parisiens.

1. Gonçalo Guedes

Guedes berbaju PSG pada Januari 2017. Bintang muda asal Portugal ini datang dari Benfica. Ekspektasi cukup tinggi disematkan pada Guedes. Hanya, selama 18 bulan berkarier di PSG, ia hanya membuat 13 pertandingan.

Guedes kemudian dipinjamkan ke Valencia. Bersama klub asal La Liga itu kemudian dilego dengan mahar 40 juta euro. Hingga kini, penjualan Guedes adalah yang tertinggi sepanjang sejarah klub.

2. David Luiz

Pada 2014, PSG mendatangkan bek Piala Dunia 2014, David Luiz. Tak sedikit mereka merogoh kocek karena untuk mendatangkannya dari Chelsea, PSG mesti membayar 49,5 juta euro.

Tapi, kebersamaan Luiz dan PSG hanya bertahan dua musim. Ketika itu, Luiz CLBK dengan Chelsea dan ditebus kembali untuk datang ke Stamford Bridge dengan mahar 35 juta euro.

3. Ronaldinho

Ronaldinho (kiri) dan David Beckham (kanan). (Sumber: Dok. Sportkeeda).
Ronaldinho (kiri) dan David Beckham (kanan). (Sumber: Dok. Sportkeeda).

Ronaldinho pernah berbaju PSG sebelum ia tenar di Barcelona dan AC Milan. Hanya, kebersamaan pemain asal Brasil ini hanya dua musim.

Setelahnya, pemain yang sudah mendapatkan seluruh gelar di karier sepak bolanya dilego ke Barcelona dengan mahar 32 juta euro. Di Blaugrana-lah Ronaldinho mendapatkan segalanya mulai dari La Liga dan Liga Champions.

4. Lucas Moura

Pada 2013, Moura resmi menjadi bagian dari PSG. Ia didatangkan dengan harga 40 juta euro dan bertahan di PSG selama lima musim.

Pada Januari 2018, Tottenham Hotspur kemudian mendapatkan servis pemain asal Brasil ini dengan membayar 28,4 juta euro. Paling fenomenal tentu saja bantuan Moura saat membawa Spurs ke final Liga Champions usai mencetak trigol ke gawang Ajax Amsterdam di semifinal.

5. Blaise Matuidi

Matuidi adalah salah satu bintang milik PSG. Perannya cukup vital di lini tengah.

Hanya, peran Matuidi hanya bersinar di kancah domestik saja. Untuk melangkah jauh ke Eropa semisal Liga Champions, bek asal Prancis ini dinilai belum cukup.

Alhasil, Matuidi dilego ke Juventus. Kendati sudah berusia 30 tahun, dia dilepas dengan harga 25 juta euro.

6. Serge Aurier

Bek Tottenham Hotspur, Serge Aurier (instagram/sergeaurier)
Bek Tottenham Hotspur, Serge Aurier (instagram/sergeaurier)

Pada 2014, Aurier datang ke PSG sebagai pemain pinjaman dari Toulouse. Niat PSG adalah mencari pelapis Christophe Jallet di pos bek kanan.

Hanya, Aurier kebanyakan berulah ketimbang berprestasi. Dia sempat terlibat cekcok dengan Laurent Blanc selaku pelatihnya, Zlatan Ibrahimovic dan Angel Di Maria.

Alhasil, PSG kemudian melepasnya ke Tottenham pada 2017. Ketika itu, Si Lili Putih menebus 25 juta euro.

7. Javier Pastore

Pastore merupakan salah satu pemain potensial saat menjalani debutnya bersama PSG. Dari 43 pertandingan, dia mencetak 16 gol dan 6 assist.

Namun, memasuki musim ketujuh di PSG, Pastore perlahan mulai kehilangan tempat. Setelah nomor punggung 10-nya diambil oleh Neymar, dirinya kemudian tak lagi jadi pilihan utama.

Pastore kemudian dilego ke AS Roma. Ketika itu, Giallorossi menebusnya dengan mahar 24,7 juta euro.

8. Yuri Berchiche

Bek kiri adalah salah satu lubang yang menganga buat PSG. Oleh karena itu, Barchiche didatangkan dari Real Sociedad dengan mahar 16 juta euro.

Tapi, Berchiche hanya bertahan selama satu musim dengan 32 pertandingan. Setelahnya, ia dilego ke Athletic Bilbao lantaran klub asal Spanyol itu mau membayar 24 juta euro.

9. Giovani Lo Celso

Gelandang Tottenham Hotspur Giovani Lo Celso (kanan) berselebrasi dengan kiper Hugo Lloris (tengah) setelah peluit akhir pertandingan saat menang 2-0 atas Manchester City di laga pekan kesembilan Liga Inggris, di Tottenham Hotspur Stadium, London, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB. [NEIL HALL / POOL / AFP]
Gelandang Tottenham Hotspur Giovani Lo Celso (kanan) berselebrasi dengan kiper Hugo Lloris (tengah) setelah peluit akhir pertandingan saat menang 2-0 atas Manchester City di laga pekan kesembilan Liga Inggris, di Tottenham Hotspur Stadium, London, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB. [NEIL HALL / POOL / AFP]

Lo Celso merupakan salah satu pemain yang cukup bersinar di Argentina. Oleh PSG talenta tersebut tak disia-siakan dengan mendatangkannya ke Paris.

Hanya, perbedaan kultur sepak bola Prancis dan Argentina, membuat Lo Celso kesulitan beradaptasi. Dia kemudian dipinjamkan ke Real Betis.

Di Spanyol Lo Celso mendapatkan kembali permainan terbaiknya. Setali tiga uang, Betis juga kemudian mempermanenkannya dengan mahar 22 juta euro.

10. Mamadou Sakho

Sakho adalah pemain didikan akademi PSG. Dia salah satu pemain yang bertalenta dan digadang-gadang akan sukses bersama tim senior.

Lantaran cedera, karier Sakho mandek. PSG yang ketika itu mengurus semua pembiayaan cederanya mendapat tawaran dari Liverpool.

Oleh Liverpool, Sakho diboyong ke Anfield. PSG tak pikir panjang dan mendapat 19 juta euro tanpa harus mengurus cedera anak didiknya tersebut.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini