Liga

Profil Anco Jansen, Eks FC Groningen Bintang Baru PSM Makassar

Performa Anco Jansen bersama PSM Makassar begitu menyilaukan

Irwan Febri Rialdi

Anco Jansen. (Dok. LIB)
Anco Jansen. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - PSM Makassar tampil ciamik di 4 laga awal Liga 1 2021. Terkini, Pasukan Ramang memuncaki klasemen dengan raihan 8 poin.

Pencapaian ini tentu tak lepas dari kontribusi Anco Jansen. Tak berlebihan karena setengah gol yang diciptakan oleh PSM lahir dari aksinya.

Hingga pekan keempat Jansen sudah menorehkan 3 gol. Catatan ini membawanya berada di urutan keempat pencetak gol terbanyak sementara Liga 1.

Profil Anco Jansen

Jansen baru saja mentas di sepak bola tanah air pada Juli 2021. Dirinya didatangkan dari NAC Breda di Liga Belanda dan dikontrak PSM selama satu musim kompetisi.

Mesti beradaptasi dengan sepak bola Indonesia, tak membuat Jansen gugup. Pasalnya, Wiljan Pluim menjadi rekan yang pas untuknya beradaptasi.

Memang, pada 2 laga awal PSM berlaga, pemain kelahiran Zwolle, Belanda, 9 Maret  1989 ini tak mencetak gol. Hanya, di pekan ketiga, rekening golnya kemudian terbuka.

Adalah saat PSM bersua Persebaya. Tak tanggung-tanggung, Jansen menyarangkan 2 gol. Keran golnya juga terus mengalir. Paling baru, Jansen mencetak gol saat jumpa Persik.

Sebelum berpetualang di Makassar, Jansen yang berasal dari Belanda banyak menghabiskan petualangan sepak bolanya di tanah kelahirannya sendiri. Tercatat, sudah 8 tim yang ia bela sejak menjejak karier profesional sebagai pesepak bola.

Pada 2005 hingga 2008, ia bermain untuk FC Zwolle. Ia sempat dipinjamkan ke FC Groningen sebelum dilepas ke SS Cambuur-Leeuwarden.

Hanya bertahan satu musim, Jansen dikontrak SC Veendam selama 2 musim. Begitu kontraknya habis, De Graafschap Doetinchem mengamankan jasanya selama 2 musim.

Memasuki musim 2015, Roda JC Kerkrade menjadi pelabuhan barunya. Kendati demikian, Jansen hanya satu musim membela klub tersebut.

Dua musim berikutnya, Jansen bermain di Boluspor. Selama dua musim ia habiskan dan akhirnya pindah ke FC Emmen.

Di Emmen, Jansen mendapat kontrak selama 3 musim. Hanya, di musim 2021, dirinya dipinjamkan ke NAC Breda selama setengah musim dan akhirnya dilepas ke PSM Makassar.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini