Liga

Rio Ferdinand Ramal Daniel James bakal 'Mengerikan' bersama Leeds United

Daniel James menjadi 'korban' kehadiran Cristiano Ronaldo

Irwan Febri Rialdi

Rio Ferdinand (Dok. skysports.co.uk/Galih)
Rio Ferdinand (Dok. skysports.co.uk/Galih)

Bolatimes.com - Legenda Manchester United Rio Ferdinand, membagikan opininya terkait transfer Daniel James ke Leeds United. Menurutnya, keputusan itu cukup tepat.

James meninggalkan Manchester United pada hari batas akhir transfer ke Leeds dengan kesepakatan transfer senilai 25 juta poundsterling, mengakhiri masa dua tahun James di Old Trafford.

Pemain asal Wales itu menjadi starter dalam pertandingan terakhir Manchester United melawan Wolves, tetapi secara mengejutkan dia meninggalkan klub setelah manajer Ole Gunnar Solskjaer mengakui bahwa waktu bermainnya mungkin terbatas.

Winger anyar Leeds United, Daniel James. [Laman resmi Leeds]
Winger anyar Leeds United, Daniel James. [Laman resmi Leeds]

Kedatangan Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho di musim panas ini, persaingan menjadi lebih ketat bagi James. James pun mengambil keputusan untuk berganti jersey demi jam bermain lebih banyak.

Dalam video yang diunggah di kanal Youtube-nya, Ferdinand berpendapat bahwa Leeds United sudah lama mengincar James.

Ferdinand, yang pernah bermain untuk Leeds United sebelum bergabung dengan Manchester United pada 2002, mengatakan bahwa kepindahan James adalah kesepakatan yang fantastis untuk semua pihak.

"Mereka (Leeds) sudah mengincar dia (James) sejak lama, mereka sudah lama menginginkan anak ini" ujar Ferdinand dikutip Mirror, Senin (6/9/2021).

"Dengar. Daniel James, saya tidak berpikir dia standar Man United, tapi dia pastinya standar Liga Premier. Dengan cara Leeds bermain, dia akan menjadi masalah bagi beberapa tim."

Menurut Ferdinand, gaya bermain James tidak cocok dengan Manchester United. Namun dengan kemampuannya, James bisa menjadi andalan.

Mantan kapten Manchester United Rio Ferdinand [AFP]
Mantan kapten Manchester United Rio Ferdinand [AFP]

"Di Leeds, James akan maju dengan cepat ketika mendapat bola. Itu sesuai dengan karakter permainannya," ucap Ferdinand.

"Leeds United untuk Dan James... akan menjadi langkah fantastis bagi kedua belah pihak."

Leeds United telah lama tertarik untuk mengontrak James. Mereka nyaris sukses memboyong James dari Swansea pada 2019. Tapi sayang kesepakatan tersebut gagal.

Pada hari batas waktu bursa transfer Januari 2019, James menyatakan keinginannya untuk meninggalkan Swansea dan bergabung dengan Leeds. Biaya transfer telah disepakati oleh Leeds dan Swansea.

James juga telah menyetujui persyaratan pribadi, menyelesaikan pemeriksaan medis, dan bahkan melakukan wawancara serta pemotretan karena kesepakatan itu pada dasarnya dilakukan.

Namun satu jam jelang ditutupnya bursa transfer, Leeds membatalkan kesepakatan. Pasalnya terjadi silang pendapat di antara petinggi Leeds.

Terlepas dari apa yang terjadi dua tahun lalu, James sekarang mendapat kesempatan untuk unjuk gigi di Leeds United.

Manajer Timnas Wales Rob Page juga memuji keputusan James bergabung dengan Leeds, karena di bawah asuhan Marcelo Bielsa, James dinilai bakal berkembang pesat.

[Penulis: Jacinta Aura Maharani]

Berita Terkait

Berita Terkini