Liga

Kisah Pahit James Weir, Cuma Main 60 Detik di Manchester United

Nasib James Weir tak seperti rekannya, Marcus Rashford

Irwan Febri Rialdi

Mantan pemain Manchester United, James Weir. (Dok. MU)
Mantan pemain Manchester United, James Weir. (Dok. MU)

Bolatimes.com - James Weir menjadi salah satu nama pemain yang pernah memiliki kisah kelam bersama Manchester United. Sepanjang kariernya bersama Setan Merah, ia hanya bermain selama 60 detik.

Sebetulnya, James  Weir menjadi salah satu pemain muda yang mencatatkan debut ketika Manchester United berjumpa Arsenal.

Dalam duel yang digelar pada 28 Februari 2016 dan berakhir dengan kemenangan 3-2 itu, Louis van Gaal yang saat itu menjabat sebagai manajer MU menurunkan sejumlah pemain akademi.

Dua gol di antaranya merupakan sumbangan dari Marcus Rashford. Ini menjadi aksi pertama Rashford yang langsung mendapat perhatian luas dari publik Old Trafford.

Sejak saat itu, kiprahnya terus bersinar dan menjadi salah satu pemain didikan MU yang mampu menjadi andalan di skuad utama.

Sebetulnya, selain Rashford, pemain lain yang juga diturunkan ialah James Weir. Dia masuk untuk menggantikan Ander Herrera ketika laga memasuki injury time.

Ketika itu, Weir hanya mencatatkan menit bermain selama 60 detik ketika MU berupaya bertahan agar bisa meraih tiga poin penuh.

Namun, sepertinya kiprah Rashford jauh lebih dikenang. Sementara James Weir sama sekali tak mendapatkan atensi. Bahkan, dia tenggelam karena tak lagi muncul ke permukaan.

Terdampar di Hongaria

Setelah mencatatkan debut bersama Rashford, James Weir tak mengalami kisah yang sama bersinarnya dengan rekannya tersebut.

Lima tahun sejak debut itu, Rashford kini menjelma salah satu pemain bintang Manchester United. Kariernya kian melesat bersama timnas Inggris

Sementara James Weir justru terdampar di kompetisi sepak bola Hongaria dan bermain bersama MTK Budapest pada Mei 2021.

Meskipun hanya mampu mencatat 60 detik, Weir tetap merasa gembira karena bisa bermain bersama tim utama Setan Merah.

Sebetulnya, Weir masih memiliki harapan besar untuk bisa menambah catatan itu bersama Manchester United.

Sebab, itu menjadi memori yang tak akan terlupakan dalam kariernya. Baginya, waktu enam puluh detik di atas lapangan bersama MU adalah sejarah tersendiri.

“Bakal menyenangkan bermain lebih lama di tim utama, tetapi berada di Manchester United adalah momen yang luar biasa dalam hidup saya,” kata Weir, dikutip dari Planet Football.

“Saya dapat memberitahu anak-anak dan cucu-cucu saya bahwa saya bermain untuk Manchester United di Premier League, meskipun saya mungkin tak menyebutkan satu menit itu.”

Sebetulnya, Weir yang kini telah berusia 26 tahun merupakan mantan kapten tim Manchester United U-21.

Dia juga berhasil meraih sejumlah gelar internasional bersama skuad timnas Inggris di kelompok usia U-16 dan U-18.

Kontributor: Muh Adif

Berita Terkait

Berita Terkini