Liga

Tak Semua Bersinar, 5 Pembelian Gagal Manchester City di Era Sheikh Mansour

Setidaknya ada 5 pembelian gagal yang dilakukan Manchester City selama dimiliki Sheikh Mansour.

Irwan Febri Rialdi

Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Andrew Yates/AFP)
Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Andrew Yates/AFP)

Bolatimes.com - Manchester City kini menjelam sebagai salah satu tim raksasa dan terkaya di Eropa. Kondisi ini bisa terjadi setelah masuknya Sheikh Mansour yang mengakusisi klub berjuluk The Citizens tersebut sejak 2008.

Gelontoran dana segar dari Sheikh Mansour membuat City mampu membagun ulang tim dengan sederet pemain bintang. Hal ini jelas membuat kekuatan City meningkat dan mampu bersaing di papan atas Premier League hingga kompetisi klub Eropa.

Suntikan dana segar dari Mansour membuat Manchester City bisa membeli pemain top mulai dari Mario Balotelli, Sergio Aguero, Yaya Toure, David Silva, Kevin de Bruyne hingga Leroy Sane. Namun, selayaknya tim-tim lain, Manchester City pun pernah melakukan blunder dalam membeli pemain.

Berikut ini deretan pembelian gagal Manchester City di era Sheikh Mansour.

1. Roque Santa Cruz

Untuk daftar pertama di pembelian gagal Manchester City hadir nama pemain asal Paraguay, Roque Santa Cruz. Ia menghabiskan 8 musim bersama Bayern Muenchen hingga akhirnya memutuskan merantau ke Inggris bersama Blackburn Rovers pada musim 2007/08.

Santa Cruz bisa membuat 23 gol dari 57 pertandingan. City pun tertarik membelinya dengan mahar 17,5 juta pound pada tahun 2009. Namun, penampilan Santa Cruz tak menonjol dengan hanya mencetak 3 gol dari 19 laga Premier League. Santa Cruz menghabiskan masanya di City dengan dipinjamkan ke berbagai klub dan kini kembali ke klub masa kecilnya di Paraguay, Olimpia Asuncion.

2. Stevan Jovetic

Dengan duit berlimpah, Manchester City dengan cukup mudah membajak pemain. Di tahun 2013, City merekrut Jovetic setelah tampil cemerlang bersama Fiorentina dengan mahar 26,7 juta euro.

Namun, serangkaian cedera membuat penampilan Jovetic tak konsisten hingga akhirnya dipinjamkan ke Inter Milan setelah dua musim di City. Setelah dipermanenkan Inter, Jovetic sempat dipinjamkan ke Sevilla hingga akhirnya dilepas ke AS Monaco pada 2017/18.

3. Eliaquim Mangala

Diprediksi bakal menjadi bek tengah yang tangguh, Manchester City rela merogoh kocek hingga 42 juta euro untuk meboyong Eliaquim Mangala dari FC Porto pada 2014.

Tapi, keinginan City menguap jadi sekadar harapan karena serangkaian cedera membuat penampilan Mangala menurun. Setelah sempat dipinjamkan ke Everton dan Valencia, kini Mangala berstatus pemain permanen di Valencia.

4. Claudio Bravo

Punya status sebagai kiper utama Barcelona bikin nama Claudio Bravo jadi incaran Pep Guardiola saat melatih Cityl. Di musim 2016/17 City membeli Bravo dengan biaya 17 juta poundsterling.

Pada musim perdananya, Bravo mendapat banyak kesempatan dengan tampil 22 kali di Premier League. Namun, seiring datangnya Ederson Moraes bikin Bravo kehilangan tempatnya. Bravo kini pindah ke Real Betis.

5. Wilfried Bony

Tampil mengesankan bersama Swansea City selama dua musim di Premier League bikin Manchester City kepincut untuk mendatangkan Wilfried Bony pada pertengahan musim 2014/15 dengan mahar 25 juta pound.

Tapi, lagi-lagi pembelian ini zonk karena Bony hanya mencetak 6 gol dari 36 penampilan di Premier League. Kini nasib Bony bahkan luntang-lantung karena belum memiliki klub baru setelah kontraknya diputus oleh Al-Ittihad.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini