Liga

Alasan Belanda Bisa Tumbang dari Ceko di Babak 16 Besar Euro 2020

Belanda akan menghadapi Republik Ceko di babak 16 besar Euro 2020 malam nanti.

Rauhanda Riyantama

Belanda berhasil memenangkan laga lawan Ukraine 3-2 dalam Grup C Euro 2020. (JOHN THYS / POOL / AFP)
Belanda berhasil memenangkan laga lawan Ukraine 3-2 dalam Grup C Euro 2020. (JOHN THYS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Belanda dan Timnas Republik Ceko akan bertarung di babak 16 besar Euro 2020 di Puskas Arena pada Minggu, (27/6/2021) pukul 23.00 WIB. Belanda lolos dari fase grup usai menjadi juara grup C dengan 9 poin.

Peluang Belanda untuk lolos ke perempatfinal terbuka karena bertemu dengan Republik Ceko. Namun Belanda tak bisa anggap remeh lawan pertamanya ini. Setidaknya ada beberapa alasan Belanda bisa tumbang lawan Ceko pada partai panas malam nanti.

Catatan Pertandingan Belanda vs Ceko

Hasil lima pertandingan terakhir, Ceko lebih unggul dengan 3 kali menang. Sementara Belanda meraih 2 kali kemenangan. Pertandingan terakhir dua tim ini yaitu saat kualifikasi Euro edisi 2004. Laga babak grup itu menjadi momen tak terlupakan sepanjang gelaran Euro. Ceko menundukkan tim Negeri Kincir Angin dengan skor 2-3.

Head to head Belanda vs Ceko relatif ketat. Tercatat, kedua tim ini sudah bertemu 11 kali dalam semua kompetisi. De Oranje secara statistic masih kalah dari Ceko. Belanda membukukan 3 kali menang, 5 kali kalah, dan 3 kali hasil imbang. DIlihat dari 5 laga terakhirnya, Ceko masih unggul di atas Belanda dengan 3 kali menang dan 2 kali kalah. Dari rekor pertemuan yang diciptakan keduanya, diprediksi pertandingan nanti akan berjalan alot.

Hasil Bagus Ceko di Fase Penyisihan Grup

Berdasarkan penampilan Ceko sepanjang fase penyisihan grup yang lalu, Ceko memang tidak diunggulkan saat menghadapi Belanda nanti. Dalam tiga pertandingan di fase grup D, Patrik Schick dam timnya membuka laga Euro 2020 dengan hasil yang cukup bagus. Sukses mengalahkan Skotlandia dengan skor gol tanpa balas 2-0. Kemudian ditahan imbang Kroasia dengan hasil skor 1-1.

Selebrasi Patrik Schick usai mencetak gol indah jarak jauh dalam laga Skotlandia vs Republik Ceko di Euro 2020. (ROBERT PERRY / POOL / AFP)
Selebrasi Patrik Schick usai mencetak gol indah jarak jauh dalam laga Skotlandia vs Republik Ceko di Euro 2020. (ROBERT PERRY / POOL / AFP)

Terakhir di laga penutup penyisihan grup, Ceko ditaklukkan Inggris dengan skor tipis 0-1. Ceko lolos ke babak knockout dengan peringkat ketiga di penyisihan Grup G Euro 2020 setelah Inggris dan Kroasia. Narodak dkk mampu meraih 4 poin hasil dari sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah. Pada laga kontra Inggris itu, Ceko mampu mengkoreksi 44% possession dan 7 tendangan yang satu di antaranya on target.

Ceko Lawan yang Tidak Bisa DIanggap Remeh

Berdasarkan beberapa catatan penting di atas, Belanda bisa tumbang lawan Ceko jika tidak tampil agresif selama pertandingan. Meski diunggulkan untuk melaju ke perempatfinal, Belanda tidak dapat menganggap Ceko enteng. Gelandang Georginio Wijnaldum mengingatkan rekan-rekan timnya untuk terus menjaga fokus menghadapi Ceko nanti.

Seperti dilansir dari Football-Oranje.com, Wijnaldum berkata: “Kami tak meremehkan mereka, karena Ceko adalah tim yang bagus. Jika Anda melihat dari jadwal yang ada, mereka adalah salah satu lawan yang top. Kami bisa saja mendapat lawan bagus, tapi Ceko adalah tim yang kami tempatkan dalam petandingan sulit,”

Duel seru Belanda vs Ceko di babak 16 besar Euro 2020, Minggu 27 Juni 2021 pastinya akan dinantikan. Hasil pertandingan Belanda vs Ceko, pemenangnya akan bertemu Denmark atau Wales di perempatfinal.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini