Liga

Klasemen Akhir Liga Prancis: Lille Jadi Juara setelah 10 Tahun!

Setelah 10 tahun berpuasa, Lille akhirnya menghentikan dominasi PSG dan juara Liga Prancis lagi

Irwan Febri Rialdi

Para pemain Lille merayakan raihan juara Liga Prancis usai mengalahkan Angers dengan skor 2-1, Senin (24/5/2021) dini hari WIB. (Foto: AFP)
Para pemain Lille merayakan raihan juara Liga Prancis usai mengalahkan Angers dengan skor 2-1, Senin (24/5/2021) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Bolatimes.com - Lille sukses merengkuh gelar juara Ligue 1 atau Liga Prancis musim 2020/2021 setelah 10 tahun klub tersebut terakhir kali menyabet trofi bergengsi tersebut.

Bedanya, kali ini Lille tidak punya calon bintang selevel Eden Hazard seperti 10 tahun yang lalu, namun itu tak menjadi halangan bagi Christophe Galtier mempersembahkan trofi juara liga keenam Les Dogues sepanjang sejarah.

Lille mengunci gelar juara mereka seusai mengalahkan Angers 2-1 di laga pekan pemungkas di Stadion Raymond Kopa, Senin dini hari nanti.

Hasil itu membuat Lille mengambil alih status juara dari Paris Saint-Germain (PSG) yang di laga lain juga menang 2-0 atas Brest di Stadion Francis Le Ble.

Lille finis dengan raihan 83 poin, satu poin lebih banyak dari PSG sembari menghentikan dominasi juara Le Parisiens di tiga musim sebelumnya.

Kedua tim itu akan tampil di Liga Champions musim depan didampingi oleh AS Monaco yang finis di posisi ketiga.

Bedanya, Lille dan PSG langsung tampil di fase grup, sedangkan Monaco harus memulai dari babak ketiga kualifikasi.

Kepastian Monaco finis di posisi ketiga juga tidak lepas dari hasil buruk yang diderita tim pesaingnya, Olympique Lyon, pada rangkaian laga pemungkas.

Sementara Monaco hanya main imbang 0-0 di markas RC Lens, Lyon dipecundangi oleh tamunya OGC Nice dengan skor 2-3 di Stadion Groupama.

Lyon finis di peringkat keempat dan meraih tiket fase grup Liga Europa bersama Marseille yang finis di urutan kelima setelah imbang 1-1 melawan Metz.

Satu jatah Eropa lainnya, yakni tiket babak playoff kualifikasi Liga Conference direbut oleh Rennes yang meraih kemenangan 2-0 atas Nimes di Roazhon Park dalam laga pemungkas.

Kemenangan itu membuat Rennes sukses finis di posisi keenam dengan 58 poin, menggusur RC Lens ke urutan ketujuh.

Sementara Nimes dan Dijon sudah terdegradasi sebelum memainkan laga pekan pemungkas, satu tim lain yakni Nantes harus mengikuti fase playoff promosi-degradasi jika ingin tetap tampil di kasta tertinggi.

Nantes berakhir di urutan ke-18 klasemen setelah kalah 1-2 saat menjamu Montpellier di laga pemungkas.

Nantes nantinya akan mengikuti fase playoff dua leg melawan Toulouse pada 27 dan 30 Mei untuk menentukan siapa yang berhak tampil di kasta tertinggi musim depan.

Berikut klasemen akhir Liga Prancis:

Klasemen akhir Liga Prancis 2020/2021. (Antara)
Klasemen akhir Liga Prancis 2020/2021. (Antara)

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini