Liga

Klasemen Akhir Liga Inggris: West Ham ke Eropa Lagi setelah 15 Tahun!

West Ham akan tampil di kompetisi Eropa musim depan. Simak klasemen akhir Liga Inggrs 2020/2021

Irwan Febri Rialdi

Para pemain West Ham merayakann gol Marko Arnautovic (kanan) saat melawan Brimingham City di Piala FA pada 5 Januari 2019 (Glyn Kirk/AFP)
Para pemain West Ham merayakann gol Marko Arnautovic (kanan) saat melawan Brimingham City di Piala FA pada 5 Januari 2019 (Glyn Kirk/AFP)

Bolatimes.com - West Ham United berhasil menutup Liga Inggris musim 2020/2021 dengan finis di urutan enam. Hasil itu membuat mereka akan kembali tampil di kompetisi Eropa setelah 15 tahun.

Kemenangan meyakinkan 3-0 atas Southampton membuat tim besutan David Moyes finis di urutan keenam klasemen akhir dengan koleksi 65 poin.

Itu artinya, West Ham memperoleh tiket fase grup Liga Europa musim depan dan untuk pertama kalinya tampil di putaran final kompetisi Eropa sejak terakhir kali mengalaminya pada musim 2006/07.

West Ham sebetulnya juga sempat tampil di Liga Europa 2015/16 dan 2016/17, tapi di dua musim itu kiprah mereka berakhir di fase kualifikasi tanpa pernah ikut ambil bagian di putaran final.

Kemenangan West Ham mematahkan hati para pemain Tottenham Hotspur yang mampu memetik kemenangan 4-2 saat menutup musim di markas Leicester City.

Tottenham harus puas dengan finis di posisi ketujuh dan hanya meraih tiket babak playoff kualifikasi Liga Conference, kompetisi kasta ketiga UEFA yang mulai bergulir musim depan.

Namun, di waktu bersamaan, Tottenham juga memaksa Leicester harus rela "hanya" tampil di Liga Europa sebab finis di posisi kelima.

Komposisi empat besar klasemen akhir tidak mengalami perubahan siginifikan dibandingkan sebelum laga pekan pemungkas dimainkan, tetapi Liverpool dan Chelsea berakhir dengan bertukar tempat.

Liverpool finis di posisi ketiga selepas menang 2-0 atas Crystal Palace di Anfield, menyalip Chelsea yang menutup musim dengan kekalahan 1-2 dalam lawatan ke markas Aston Villa.

Kendati demikian, Liverpool dan Chelsea akan tetap ke Liga Champions mendampingi tim juara Inggris Manchester City dan rival sekotanya Manchester United.

City menutup musimnya dengan kemenangan telak 5-0 atas Everton di Etihad sebelum mengangkat trofi Liga Inggris di hadapan 10 ribu suporternya yang diizinkan masuk stadion.

Sedangkan MU, mengakhiri musim dengan mencatatkan rekor nirkalah tandang dalam semusim seusai menundukkan Wolverhampton 2-1 di Molineux.

Rekor juga diraih oleh Leeds United yang menang 3-1 atas West Bromwich Albion di Elland Road, untuk jadi tim promosi tersubur sepanjang sejarah Liga Premier dengan 62 gol serta tim promosi dengan jumlah poin terbanyak dalam dua dekade terakhir yakni 59 poin.

Torehan rekor juga mewarnai kemenangan 2-0 yang dibukukan Newcastle United di markas Fulham. Joe Willock menyamai rekor Alan Shearer sebagai pemain kedua yang mencetak gol tujuh pertandingan beruntun, sebaliknya Fulham jadi tim pertama di era Liga Premier yang gagal mencapai 10 gol dalam laga kandang semusim.

Di Bramall Lane, penampilan pemungkas Sheffield United diakhiri kemenangan 1-0 atas Burnley, yang membuat mereka menghindarkan diri dari rekor buruk yakni gagal mencapai 20 gol dalam semusim.

Sedangkan Arsenal yang menutup musim dengan mengalahkan Brighton & Hove Albion 2-0, gagal finis di zona Eropa. Musim depan Arsenal untuk pertama kalinya sejak 1995/96 tidak ambil bagian di kompetisi Eropa.

Klasemen akhir Liga Inggris:

Klasemen akhir Liga Inggris 2020/2021. (Antara)
Klasemen akhir Liga Inggris 2020/2021. (Antara)

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini