Liga

Katalonia Membara, El Clasico Jilid Satu Ditunda

RFEF kabarnya mengusulkan laga El Clasico digelar di kandang Real Madrid tapi ditolak Barcelona.

Galih Priatmojo

Duel perebutan bola antara Lionel Messi dan Sergio Ramos di laga El Clasico dalam laga leg kedua babak semifinal Copa del Rey pada 27 Februari 2019 (Oscar Del Pozo/AFP)
Duel perebutan bola antara Lionel Messi dan Sergio Ramos di laga El Clasico dalam laga leg kedua babak semifinal Copa del Rey pada 27 Februari 2019 (Oscar Del Pozo/AFP)

Bolatimes.com - Duel panas yang biasa tersaji di gelaran La Liga yakni El Clasico antara Barcelona kontra Real Madrid, musim ini batal digelar. Laga yang rencananya dihelat 26 Oktober itu ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. 

Dilansir dari Marca, penundaan tersebut resmi diumumkan Federasi Sepak Bola Spanyol, RFEF. Penundaan El Clasico jilid satu musim 2019/20 itu dikarenakan suhu politik yang tidak menentu di Katalonia menyusul hukuman yang dijatuhkan kepada sejumlah tokoh separatis.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Senin (14/10/2019), Mahkamah Agung Spanyol menjatuhkan vonis penjara selama 9 hingga 13 tahun bagi sembilan tokoh separatis Katalonia setelah dinyatakan bersalah terlibat dalam deklarasi kemerdekaan wilayah itu pada Oktober 2017.

Dalam laman twitter Marca, RFEF kabarnya mengusulkan laga El Clasico digelar di kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu, lebih dulu. Akan tetapi ditolak pihak Barcelona. Barca justru menyarankan El Clasico tetap digelar di Camp Nou namun tanpa penonton.

Menanggapi hal itu, RFEF sedikit melunak dan meminta laga di Camp Nou itu diundur pada 18 Desember 2019. Namun pihak La Liga, selaku operator liga, menolak dan meminta El Clasico digelar pada 7 Desember 2019.

Kesepakatan tak tercapai, RFEF dan La Liga akan kembali menggelar pertemuan. Kabarnya, jadwal tunda El Clasico jilid satu musim ini akan diumumkan Senin, 21 Oktober 2019.

Hingga pekan kedelapan La Liga, Barcelona dan Real Madrid masih bersaing di papan atas klasemen sementara. Mengantongi 18 poin, Real Madrid saat ini berada di puncak klasemen. Diikuti Barcelona di posisi kedua dengan 16 poin.

Berita Terkait

Berita Terkini