Liga

Tolak Nomor Punggung Warisan Iniesta, Ini Alasan Frenkie de Jong

Frenkie de Jong tolak nomor punggung peninggalan Andres Iniesta.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Frenkie de Jong saat diperkenalkan secara resmi kepada suporter Barcelona di Camp Nou. (LLUIS GENE / AFP)
Frenkie de Jong saat diperkenalkan secara resmi kepada suporter Barcelona di Camp Nou. (LLUIS GENE / AFP)

Bolatimes.com - Frenkie de Jong, menolak mengenakan nomor delapan peninggalan Andres Iniesta di Camp Nou. Gelandang anyar Barcelona itu justru memilih pakai nomor punggung yang telah dipakai sejak di Ajax Amsterdam, yakni 21, untuk mengarungi musim 2019/2020.

Pilihan De Jong bukan tanpa alasan. Ia merasa lebih mudah dikenali dengan mengenakan nomor punggung 21. Angka tersebut juga memiliki arti 'keramat' tersendiri bagi De Jong karena kakek buyutnya, Hans de Jong, meninggal ketika ia berusia 21 tahun.

Sehingga, dengan menggunakan nomor punggung 21, De Jong merasa seperti menghormati kepergian sang kakek buyutnya. Ia pun turut sedih karena kakek buyutnya tidak bisa melihat kesuksesan dirinya saat ini.

Pemain baru Barcelona Frenkie de Jong berpose jelang perkenalan resminya ke publik Camp Nou, Jumat (5/7/2019) [AFP]
Pemain baru Barcelona Frenkie de Jong berpose jelang perkenalan resminya ke publik Camp Nou, Jumat (5/7/2019) [AFP]

"Saya merasa nyaman dengan nomor itu. Saya bisa dengan mudah bermain dengan yang lain, Anda tahu, bukan itu, tapi itu bagus karena membuat orang lebih mudah untuk dikenali,” kata De Jong, dikutip dari Barca Blaugranes.

"Saya membawa seluruh keluarga saya ke presentasi di Barcelona, kecuali kakek buyut saya, Hans de Jong. Dia meninggal dan itu tepat pada hari ulang tahun ke-21 saya. Tanpa disadari itu juga semacam penghormatan. Dia adalah penggemar berat sepak bola. Saya menyesal dia tidak bisa melihat ini dan saya semakin senang bahwa anggota keluarga saya yang lain hadir," imbuhnya.

Namun, keinginan De Jong tampaknya sedikit membutuhkan sebuah usaha. Sebab, nomor punggung 21 di Barcelona merupakan milik dari pemain jebolan La Masia, Carles Alena.

Carles Alana sebelumnya mengenakan nomor punggung 26. Semenjak promosi ke tim senior pada Desember 2018, ia memutuskan untuk hijrah ke nomor punggung 21.

Berita Terkait

Berita Terkini