Liga

Barcelona Cetak Rekor Baru usai Unggul 19 Angka dari Real Madrid

Ini merupakan kali pertama salah satu tim berhasil unggul dengan jarak poin sebesar itu.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Barcelona turut merayakan gol yang dicetak Lionel Messi ke gawang Eibar. (Twitter/@FCBarcelona)
Para pemain Barcelona turut merayakan gol yang dicetak Lionel Messi ke gawang Eibar. (Twitter/@FCBarcelona)

Bolatimes.com - Kendati hanya meraih hasil imbang saat melawan Eibar, Barcelona tetap menunjukkan supremasinya atas Real Madrid musim ini. Mengumpulkan 87 poin di akhir musim La Liga Spanyol 2018/2019, klub asal Catalan itu unggul 19 angka dari Los Blancos yang hanya membukukan 68 poin di posisi ketiga.

Dengan selisih sebanyak itu, Barcelona sukses memecahkan rekor sejarah rivalitas kedua klub. Ini merupakan kali pertama salah satu tim berhasil unggul dengan jarak poin sebesar itu.

Melansir dari Marca, fakta tersebut menjadi sejarah yang baru kali ini terpecahkan. Pasalnya, kedua klub dikenal selalu bersaing ketat dalam perburuan poin untuk memperebutkan gelar juara La Liga Spanyol.

Kendati demikian, Barcelona sempat tampil tak konsisten di awal musim ini. Pada periode bulan September 2018, anak asuh Ernesto Valverde pernah mengalami empat kali kekalahan secara beruntun.

Tak mau lama-lama terlena dalam keterpurukan, Lionel Messi dan kolega segera berbenah. Alhasil, pada kurun Desember 2018 hingga April 2019, mereka tak terkalahkan dalam 22 pertandingan secara beruntun.

Akibat dari deretan kekalahan itu, raihan poin Barcelona musim ini lebih sedikit daripada musim lalu. Tercatat pada musim 2017/2018, El Barca berhasil mendulang 93 poin dari 38 pertandingan.

Sementara itu, terciptanya sejarah tersebut memang tak terlepas dari buruknya penampilan Real Madrid Musim ini. Dalam dua pertandingan pamungkas, Sergio Ramos dan kolega selalu kalah atas lawan-lawannya.

Saat bertandang ke markas Real Sociedad pada pekan ke-37, Los Blancos harus menyerah dengan skor 3-1. Sementara saat menjamu Real Betis di Santiago Bernabeu, pasukan Zinedine Zidane itu harus takluk 0-2. 

Berita Terkait

Berita Terkini