3 Dosa Hakim Garis yang Biarkan Gol Offside Liverpool Saat Hadapi West Ham

Hakim garis Simon Beck ternyata punya catatan dosa lumayan selama bertugas di Liga Primer Inggris

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Jum'at, 08 Februari 2019 | 10:30 WIB
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp tampak berdiskusi dengan wasit dan hakim garis usai laga kontra West Ham United, pekan lalu. Dalam laga tersebut Liverpool ditahan imbang 1-1. [GLYN KIRK / AFP]

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp tampak berdiskusi dengan wasit dan hakim garis usai laga kontra West Ham United, pekan lalu. Dalam laga tersebut Liverpool ditahan imbang 1-1. [GLYN KIRK / AFP]

Bolatimes.com - Sebiji gol yang dicetak Sadio Mane pada laga kontra West Ham United di lanjutan Liga Primer Inggris pekan lalu berbuntut panjang. Pasalnya, lantaran gol yang berbau offside tersebut, Simon Beck yang saat itu bertugas sebagai hakim garis diistirahatkan sementara. Nah, ini tiga catatan dosa Simon Beck selama jadi hakim garis di Liga Primer Inggris.

Dilansir dari Mirror, gol kontroversi tersebut diungkapkan oleh pelatih West Ham United, Manuel Pellegrini seusai laga yang berakhir imbang 1-1 itu.

Pellegrini menuding bahwa hakim garis Simon Beck melakukan kesalahan saat James Milner sudah terperangkap offside saat bergerak ke jantung pertahanan West Ham dan memberi assist untuk gol Sadio Mane.

Baca Juga: Barcelona Persiapkan Suksesor Lionel Messi, Siapa Saja?

"Itu adalah kesalahan hakim garis. Milner offside satu setengah meter tetapi jika Anda melihat hakim garis dia menonton bola, bukan garis, " ungkapnya ketus.

Reaksi manajer Liverpool Jurgen Klopp saat timnya ditahan imbang West Ham United besutan Manuel Pellegrini 1-1 dalam laga Liga Primer Inggris pekan ke-25, Selasa (5/2/2019). [GLYN KIRK / AFP]
Reaksi manajer Liverpool Jurgen Klopp saat timnya ditahan imbang West Ham United besutan Manuel Pellegrini 1-1 dalam laga Liga Primer Inggris pekan ke-25, Selasa (5/2/2019). [GLYN KIRK / AFP]

"Tapi saya bangga dengan cara kami bermain melawan Liverpool. Meskipun hasilnya kurang maksimal," tambahnya.

Setelah pernyataan Pellegrini tersebut, Komite Wasit Liga Primer Inggris pun melakukan penyelidikan dan memutuskan untuk mengistirahatkan sementara Simon Beck dari aktivitas sepakbola.

Baca Juga: Jenazah Emiliano Sala Ditemukan, Sang Kekasih Unggah Foto Memilukan

Siapa sangka, kinerja Beck nan buruk itu bukan kali pertama lho. Sebelum ini, Beck juga pernah kena semprot mantan manajer legenda Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Peristiwa itu terjadi pada awal Januari 2013 ketika Manchester United menghadapi Tottenham Hotspur.

Dalam laga yang berakhir 1-1 itu, Fergie mencak-mencak lantaran Setan Merah gagal dihadiahi penalti saat Wayne Rooney dilanggar Steven Caulker di area kotak terlarang. Ia pun menuding hakim garis Simon Beck sebagai biangnya.

Baca Juga: Mengenang Kembali Sosok Ramah Emiliano Sala Ketika Masih Berseragam Nantes

"Hakim garis Simon Beck tak pernah adil kepada kami sepanjang laga tadi. Bagi saya ia tampil buruk. Kenapa ia tak pernah melihat pelanggaran terhadap Rooney di kotak penalti dan beberapa keputusan lainnya," kata Fergie.

Sayangnya, komentar pedas itu berbuah gugatan dari federasi sepakbola Inggris atau FA. Fergie dianggap melanggar Peraturan FA nomor E3 karena menciptakan kesan bahwa ofisial pertandingan mengambil keputusan dengan pertimbangan bias.

Sir Alex Ferguson/Instagram
Sir Alex Ferguson/Instagram

Selain itu, dosa ketiga yang juga pernah dibuat Simon Beck yakni pada laga Super Sunday antara Chelsea kontra Arsenal pada akhir November 2008.

Baca Juga: Top Skor Piala Asia 2019 Ini Dapat Hadiah Spesial dari Lionel Messi

Dalam laga itu, Arsenal menang tipis 2-1 atas The Blues. Salah satu gol Arsenal yang dicetak Robin van Persie disebut berbau offside lantaran sang pemain berada dalam jarak kurang dari satu meter di belakang para pemain bertahan Chelsea sebelum menerima umpan dari Denilson.

Namun, hakim garis tak melihat posisi tersebut dan tidak mengangkat bendera tanda offside.

Tapi setelah dilakukan penyelidikan dari Komisi Wasit, gol tersebut memang berbau offside. Dua hakim garis pun mendapat hukuman. John Stokes dirumahkan sementara, sedangkan Simon Beck dipindahtugaskan sebagai perangkat pertandingan di laga divisi Championship antara Norwich City kontra Ipswich City.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua legenda Persib Bandung, Sobur dan Iwan Sunarya mendoakan Pangeran Biru juara musim ini usai meraih kemenangan atas Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4)

liga | 23:04 WIB

Persib Bandung tak bisa tampil dengan kekuatan penuh saatmenjamu Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-32 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4). Selain akumulasi, sejumlah pemain diragukan tampil. Pelatih Bojan Hodak santai

liga | 13:08 WIB

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB
Tampilkan lebih banyak