Liga

Pemecatan Jose Mourinho Tertulis di Buku Sir Alex Ferguson Tiga Tahun Lalu

Kabar pemecatan Jose Mourinho mungkin tak mengejutkan bagi Sir Alex Ferguson.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Buku Karya Sir Alex Ferguson. (Dok. Store.offside.id).
Buku Karya Sir Alex Ferguson. (Dok. Store.offside.id).

Bolatimes.com - Jose Mourinho resmi dipecat oleh Manchester United pada Selasa (19/12/2018). Keputusan itu bukanlah hal mengejutkan mengingat performa Setan Merah yang anjlok di Liga Primer Inggris musim 2018/2019.

Namun, tak banyak yang sadar, kalau kegagalan Mourinho dalam menangani Manchester United ternyata sudah diramal oleh mantan manajer Setan Merah, Sir Alex ferguson, sejak tiga tahun silam melalui sebuah buku berjudul 'Leading'.

Dalam buku tersebut, Ferguson menuliskan kisahnya sebagai seorang manajer sepak bola, di mana banyak cerita yang tertulis di sana. Salah satunya adalah pembelajaran tentang menjadi pemimpin tim.

Ferguson menuliskan bahwa seorang manajer wajib memiliki gaya kepemimpinan yang baik. Manajer rentan gagal jika tidak bisa mengatur para pemainnya. Hal itulah yang terjadi pada Jose Mourinho di Old Trafford.

Seperti diketahui, Mourinho kerap diisukan bersitegang dengan para pemain Manchester United. Kondisi itu membuat mantan pelatih Real Madrid itu kehilangan kendali di ruang ganti dan berefek pada hasil di lapangan. Muaranya pun kini Mourinho didepak.

''Ada ungkapan dalam sepak bola tentang para pemain 'tidak bermain untuk manajer', yang telah saya lihat terjadi ribuan kali. Begitu itu terjadi, manajer sama saja sudah mati, karena ia telah gagal dalam tugas utamanya - yaitu memotivasi para pemain untuk mengikutinya,'' tulis Ferguson di bukunya yang berjudul ‘Leading', dikutip dari Sportbible.

Sir Alex Ferguson sendiri bisa sebagai salah satu manajer sepak bola terbaik dalam sejarah Manchester United. Selama dua dekade, ia sukses mempersembahkan 13 trofi Liga Primer Inggris, lima FA Cup, dan dua trofi Liga Champions.

Namun, kebersamaan Ferguson dengan Manchester United akhirnya berkesudahan musim 2012-2013. Ia yang sudah berusia 70 tahun memutuskan untuk pensiun.

Berita Terkait

Berita Terkini