Liga

Nike Beri Dukungan pada Raheem Sterling untuk Perangi Rasisme

Melalui iklan terbarunya, Nike mengkampanyekan dukungan kepada Sterling untuk memerangi rasis dalam sepak bola.

Rauhanda Riyantama | Andiarsa Nata

Selebrasi Raheem Sterling saat mencetak gol ke gawang Southampton pada 4 November 2018 (Paul Ellis/AFP)
Selebrasi Raheem Sterling saat mencetak gol ke gawang Southampton pada 4 November 2018 (Paul Ellis/AFP)

Bolatimes.com - Penyerang Manchester City, Raheem Sterling kini mendapat banyak dukungan akibat insiden rasis yang didapatnya ketika laga melawan Chelsea di pekan ke-16 Liga Primer yang berlangsung di Stamford Bridge, Minggu (9/12/2018). Setelah Eden Hazard, kini Sterling mendapat dukungan dari produsen olahraga ternama melalui iklan terbarunya.

Adapun insiden rasis tersebut terjadi ketika laga antara Chelsea dengan Manchester City tengah berlangsung, Raheem Sterling yang saat itu mengambil bola keluar mendapat teriakan yang bernada rasis dari beberapa suporter The Blues.

Usai dilakukannya penyelidikan, pihak Chelsea, FA serta pihak kepolisian mengkonfirmasi bahwa terdapat empat suporter The Blues berhasil diringkus dan mendapat hukuman dilarang menyaksikan pertandingan akibat ulahnya tersebut.

Akibat insiden rasis yang didapat Raheem Sterling, beberapa rekan pesepak bola memberikan dukungan kepada pemain Timans Inggris tersebut. Mulai dari penyerang Chelsea, Eden Hazard hingga rekan setimnya, Ilkay Gundogan juga turut memberikan dukungan dan mengecam keras sikap rasis suporter di sepak bola.

Terbaru, kini Raheem Sterling mendapat dukungan dari produsen olahraga ternama asal Amerika Serikat, Nike. Melalui iklan terbarunya, Nike mengkampanyekan dukungan kepada Sterling untuk memerangi rasis dalam semua olahraga, termasuk sepak bola.

Iklan dukungan itu terlihat diunggahan akun Instagram Nike dan Raheem Sterling. Mereka mengunggah sebuah foto wajah Sterling dengan tulisan ''Speaking up doesn't always make life easier. But easy never changed anything,'' jika diubah ke ke dalam bahasa Indonesia akan memiliki arti ''Bicara tidak selalu membuat hidup lebih mudah. Tapi mudah tidak pernah mengubah apa pun,''.

Sebelumnya juga Raheem Sterling sempat membicarakan kasus rasis di Instagram pribadinya. Pemain berusia 24 tahun itu mengunggah sebuah berita dari media Inggris, Daily Mail yang dinilainya tidak adil dalam memberitakan dua rekan setimnya, yakni Tosin Adarabioyo dan Phil Foden ketika membeli rumah baru.

Ketika memberitakan Tosin Adarabioyo yang memiliki kulit gelap, media Inggris itu menuliskan bahwa sang pemain ''menghabiskan 2,25 juta poundsterling untuk sebuah rumah meski belum pernah tampil di Liga Primer Inggris,''.

Sementara untuk memberitakan Phil Foden, mereka menuliskan sang pemain ''membelikan rumah senilai 2 juta poundsterling untuk ibunya,''.

Dua pemberitaan ini pun membuat Raheem Sterling geram. Dalam keterangan unggahannya di Instagram, ia pun meminta kepada media agar bersikap adil dalam memberitakan semua pemain.

Berita Terkait

Berita Terkini