Sterling Kecam Media Bikin Rasisme dalam Sepak Bola Makin Subur

Raheem Sterling mengkritik keras pemberitaan media Ingggris yang dinilainya membuat rasisme dalam sepak bola sulit hilang.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata | BolaTimes.com
Senin, 10 Desember 2018 | 18:30 WIB
Selebrasi Raheem Sterling saat mencetak gol ke gawang Bournemouth pada 1 Desember 2018 (Oli Scarff/AFP)

Selebrasi Raheem Sterling saat mencetak gol ke gawang Bournemouth pada 1 Desember 2018 (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Penyerang Manchester City, Raheem Sterling mengkritik keras pemberitaan media Ingggris yang dinilainya membuat rasisme dalam sepak bola tumbuh subur. Melalui akun Instagram pribadinya, Sterling membandingkan dua pemberitaan yang dianggapnya tidak adil.

Sebelumnya Raheem Sterling menjadi korban rasisme dalam laga duel sengit Chelsea kontra Manchester City di laga pekan ke-16 Liga Primer. Saat itu Sterling dilaporkan mendapat perlakuan rasis dari suporter The Blues di Stamford Bridge. Hingga saat ini pun pihak kepolisian masih melakukan investigasi terkait kasus tersebut.

Sehari setelah kejadian itu, Raheem Sterling buka suara melalui unggahan di Instagram pribadinya. Dalam unggahan itu, Sterling mengkritik habis pemberitaan media Inggris, Daily Mail yang tidak adil ketika memberitakan dua rekan setimnya, yakni Tosin Adarabioyo dan Phil Foden ketika membeli rumah baru.

Baca Juga: Ini Doa Khusus Menpora untuk Pasangan Hulaefi dan Lindswell Kwok

Ketika memberitakan Tosin Adarabioyo yang memiliki kulit gelap, media Inggris itu menuliskan bahwa sang pemain ''menghabiskan 2,25 juta poundsterling untuk sebuah rumah meski belum pernah tampil di Liga Primer Inggris,''.

Sementara untuk memberitakan Phil Foden, mereka menuliskan sang pemain ''membelikan rumah senilai 2 juta poundsterling untuk ibunya,''.

Dua pemberitaan ini pun membuat Raheem Sterling geram. Dalam keterangan unggahannya di Instagram, Sterling yang awalnya bukan lah orang yang banyak bicara, kini dibuat blak-blakan. Ia pun berkomentar terkait insiden rasis yang didapatnya ketika laga melawan Chelsea kemudian dibandingkan dengan dua pemberitaan yang tidak adil kepada rekannya.

Baca Juga: Pebulutangkis Spesialis Ganda Putri Ini Masuk Nominasi BWF 2018

''Selamat pagi, saya hanya ingin mengatakan bahwa saya biasanya bukan lah orang yang banyak bicara. Tetapi ketika saya pikir ada poin untuk di dengarkan, saya akan bicara,'' tulis Raheem Sterling di Instagram.

''Mengenai apa yang dikatakan di pertandingan Chelsea, seperti yang Anda lihat dengan reaksi saya, saya hanya tertawa karena saya tidak berharap tidak lebih baik,'' terang Sterling menjelaskan terkait insiden rasis yang didapatnya.

Terkait dua pemberitaan media Inggris yang tak berimbang itu, Sterling mengatakan pemberitaan tersebut tidak bisa diterima. Kedua pemain itu sama-sama melakukan hal yang benar, akan tetapi media memberitakannya berbeda karena perbedaan warna kulit.

Baca Juga: Pensiun Karena Cedera, Ini 5 Potret Kecantikan Woon Khe Wei

''Sebagai contoh, Anda mempunyai dua pemain muda yang memulai karier mereka di klub yang sama. Keduanya telah melakukann hal yang benar, yakni membelikan rumah baru untuk ibunya, yang telah memberikan banyak waktu dan tenaga kepada mereka hingga seperti sekarang ini,'' lanjut tulisan Sterling.

''Tapi lihat apa yang ditulis media ini terhadap si pemain muda berkulit gelap dan si pemain muda berkulit putih. Saya pikir, ini tidak bisa diterima, tapi inilah yang dituliskan. Si pemuda berkulit gelap seperti mendapat sorotan negatif,'' sambungnya.

Raheem Sterling menyebut berita seperti itulah yang membuat rasisme dalam sepak bola justru tumbuh subur dan sulit hilang. Ia pun meminta kepada media agar bersikap adil dalam memberitakan semua pemain.

Baca Juga: Hasil Lengkap & Klasemen Serie A Pekan Ke-15

''Berita semacam ini telah membantu rasisme dan perilaku agresif fans jadi tumbuh subur. Kepada seluruh media, yang ingin saya katakan adalah berikanlah porsi publikasi yang adil dan setara untuk setiap pemain,'' tutup pemain Timnas Inggris tersebut.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak