Liga

Gigio Donnarumma Tak Layak Jadi Kiper Utama Italia

Kiper ini dinilai lebih layak ketimbang Donnarumma di bawah mistar Timnas Italia saat ini.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi

Gianluigi Donnarumma. (Francisco Leong/AFP).
Gianluigi Donnarumma. (Francisco Leong/AFP).

Bolatimes.com - Sebuah kritikan pedas datang dari agen Riccardo Montolivo, Giovanni Branchini atas penunjukan Gianluigi Donnarumma sebagai penjaga gawang utama di tim nasional Italia.

Gianluigi Donnarumma menjadi pilhan utama pelatih Italia, Roberto Mancini saat skuat Gli Azzurri ditahan imbang 1-1 oleh Polandia dan tumbang 0-1 dari Portugal di ajang UEFA Nations League.

Melihat hasil buruk tersebut, Giovanni Branchini menilai tak selayaknya Roberto Mancini selalu memilih Donnaruma di pos utama kiper Italia. Salvatore Sirigu dinilai lebih layak dibanding kiper AC Milan tersebut.

''Mengapa Donnarumma harus menjadi starter permanen? Kita membicarakan kriteria, bukan pemain,'' kata Giovanni Branchini, dikutip dari Goal.

''Sirigu adalah salah satu kiper terbaik musim lalu, sementara Donnarumma mengakhiri musim dengan buruk dan mengawali musim ini dengan mengecewakan,'' imbuhnya.

Tak berhenti di situ, Giovanni Branchini terus melancarkan kritikan. Ia mempertanyakan kapasitas Donnarumma yang dinilaik belum pantas disebut kiper masa depan Italia.

''Apakah Donnaruma adalah masa depan? Dari kriteria apa? Dan kemudian, dengan memanggilnya ke timnas, kita menunggu masa depan menjadi masa kini. Masalahnya ada di hal lain. Kita tidak menghasilkan juara selama 15 tahun terakhir dan tidak ada yang bertanya mengapa,'' tuturnya menutup.

Timnas Italia tengah dalam masa sulit dalam beberapa tahun terakhir. Selepas menjuarai Piala Dunia 2016, taring Gli Azzurri tak terlalu tajam di kompetisi dunia. Bahkan, mereka harus absen saat gelaran Piala Dunia 2018.

Roberto Mancini kini bertekad mengembalikan kejayaan Italia. Ia menegaskan akan memberi kesempatan untuk para pemain muda demi kematangan skuat Italia di masa depan.

Berita Terkait

Berita Terkini