Bukan Zidane, Ini 5 Pelatih Madrid yang Dipecat Florentino Perez

Zidane saat ini setidaknya menjadi pelatih kedua Real Madrid yang tak pernah dipecat oleh Perez melainkan mengundurkan diri setelah Jose Antonio Camacho.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Jum'at, 01 Juni 2018 | 14:26 WIB
Zinedine Zidane/Twitter

Zinedine Zidane/Twitter

Bolatimes.com - Belum genap sepekan usai merebut trofi Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun, juru taktik Real Madrid, Zinedine Zidane memberi keputusan mengejutkan. Ia menyatakan takkan lagi berada lebih lama di Santiago Bernabeu.

Keputusan ini jelas membuat banyak pihak terkejut. Tak hanya pemain dan fan, tetapi juga Presiden Real Madrid, FLorentino Perez. Dalam konferensi pers yang digelar di Bernabeu, Perez yang mendampingi Zidane tak mampu menyembunyikan kekecewaan atas langkah yang diambil pelatih berkebangsaan Prancis tersebut.
Ia pun sempat memberikan pernyataan bertolak belakang dengan Zidane, bahwa sang pelatih masih akan tetap berada di Santiago Bernabeu bersama Ronaldo dkk.

Kekecewaan Perez tentu bisa dimaklumi sebab Zidane telah memberikan energi yang luar biasa demi menjaga kejayaan Real Madrid sebagai tim paling digdaya di benua biru. Torehannya itupun diraih dengan durasi mengesankan yakni hanya 2,5 tahun saja.

Baca Juga: 6 Pose Seksi Presenter Olah Raga Sandra Olga, Dijamin Nggak Kedip

Selain itu, Perez juga tak terbiasa ditinggal orang kepercayaannya seperti ini. Ibarat cinta, Perez saat ini lagi seneng-senengnya pacaran tapi tiba-tiba diputus. Nyesek ga sih?

Zidane saat ini setidaknya menjadi pelatih kedua yang tak pernah dipecat oleh Perez melainkan mengundurkan diri setelah Jose Antonio Camacho.

Ya, sepanjang karirnya sebagai Presiden Real Madrid sejak tahun 2000 silam, pria yang kini menginjak usia 71 tahun ini bisa dibilang memimpin skuat Galacticos dengan tangan besi.

Baca Juga: Ungkapan Bahagia Riko Simanjuntak Usai Jalani Debut di Timnas

Sebagai pemegang tampuk pimpinan tertinggi, Florentino Perez mempunyai standar tinggi, untuk mewujudkan ambisinya. Ia pun tak segan menggelontorkan dana besar untuk merekrut pemain bintang hingga pelatih kelas wahid.

Zinedine Zidane, Luiz Figo, David Beckham, Ronaldo Luis Nazario de Lima dan Antonio Cassano adalah beberapa pemain bintang yang didatangkan Perez pada periode pertama kepemimpinanya.

Sementara diperiode kedua tahun 2009 mendatangkan 4 pemain bintang sekaligus yaitu Kaka, Xabi Alonso, Karim Benzema serta Cristiano Ronaldo, dan berlanjut pada musim kemaren Toni Kroos dan James Rodriguez.

Baca Juga: 6 Potret Mohamed Salah Saat Tak Brewokan, Lucu Nggak Sih

Di posisi pelatih, sejumlah pelatih kelas wahid pernah didatangkannya ke Santiago Bernabeu. Sebut saja nama Jose Mourinho, Carlo Ancelotti hingga Vicente Del Bosque pernah menukangi Real Madrid.

Tetapi meski sanggup jor-joran, disisi lain, Florentino Perez juga tak akan memberi ampun terhadap pemain atau pelatih dengan label bintang sekalipun bila gagal bersinar atau tak sanggup mempersembahkan gelar.

Selama 12 tahun dalam dua periode sebagai Presiden Real Madrid, Rafael Benitez menjadi korban terakhir Florentino Perez sebelum kemudian digantikan oleh Zinedine Zidane di tahun 2016 lalu.

Baca Juga: Real Madrid Ucapkan Salam Perpisahan, Kecuali Dua Pemain Ini

Nah siapa sajakah pelatih kelas wahid yang pernah jadi korban Florentino Perez? Berikut Bolatimes sajikan 5 pelatih kaliber dunia yang dipecat Florentino Perez.

Vicente Del Bosque

Del Bosque mulai menukangi Real Madrid sejak 1999. Namun masa baktinya hanya sekitar empat tahun saja, setelah pada tahun 2003 Florentino Perez mendepaknya dari kursi pelatih Real Madrid.

Eks pelatih Timnas Spanyol ini termasuk salah satu pelatih tersukses yang menangani Real Madrid. Selama empat musim di Real Madrid ia telah mempersembahkan 2 kali Juara La Liga, 1 kali juara Super Copa de Espana, 2 kali juara UEFA Champions, 1 kali juara UEFA Super Cup dan 1 kali juara Intercontinental Cup.

Manuel Pellegrini

Saat kembali terpilih sebagai Presiden Real Madrid pada 2009, Florentino Perez kembali mendatangkan pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo dan Kaka. Perez juga menunjuk Manuel Pellegrini sebagai pelatih kepala Real Madrid.

Tetapi dana yang dikeluarkan tak sebanding dengan prestasi yang didapat, bahkan pelatih asal Chile tersebut gagal total dengan tidak memberi satupun gelar bagi Real Madrid, dan itu menjadi alasan kuat untuk menyudahi kerjasama dengan Manuel Pallegrini, dan resmi dipecat pada tanggal 26 Mei 2010.

Beberapa tahun kemudian Pellegrini menyebut kepada Marca, melatih Real Madrid adalah momen terburuk dalam karirnya. Mantan juru taktik Manchester City tersebut mengaku tersakiti ketika membesut Real Madrid.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak