4 Bintang Liga Inggris yang Dilupakan Timnas Masing-Masing

Empat nama ini sepertinya hanya dipandang sebelah mata oleh timnas mereka masing-masing.

Rully Fauzi | BolaTimes.com
Rabu, 21 Maret 2018 | 13:22 WIB
Mantan penyerang West Ham United, Paolo Di Canio (AFP/MARTIN HAYHOW)

Mantan penyerang West Ham United, Paolo Di Canio (AFP/MARTIN HAYHOW)

Bolatimes.com - Para pesepakbola yang merumput di kompetisi elite macam Liga Inggris, apalagi yang berstatus bintang bahkan legenda, tentu seharusnya dengan mudah dipanggil tim nasional (timnas) mereka masing-masing. Namun, sederet pemain ini bernasib kurang mujur.

Seperti dilansir Sportskeeda, empat pemain ini berstatus bintang di klubnya masing-masing, bahkan ada yang merupakan legenda. Sayang, kemampuan mereka tak diakui timnas masing-masing, sebagaimana mereka mencatatkan 0 caps bersama negaranya.

1. Steve Bruce

Baca Juga: Keganasan CR7 yang Tak Terbantahkan

Tak ada yang meragukan kapasitan Steve Bruce sebagai centre-back sekaligus kapten Manchester United. 926 penampilan dengan raihan tiga gelar Liga Inggris, empat Piala Liga, tiga Piala FA, satu Piala Winners Eropa, satu Piala Super Eropa, serta tiga Community Shield, Bruce adalah legenda sejati Setan Merah.

Bertubuh tinggi besar, Bruce dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di awal era Premier League. Bruce memperkuat panji Man United pada 1987-1996, sebelum pindah ke Birmingham City dan menyelesaikan kariernya di Sheffield United pada 1998. Sayang, Bruce sepanjang kariernya sama sekali tak pernah memperkuat Timnas Inggris.

Steve Bruce (kiri) (dokumentasi MUTV)

Baca Juga: Milestone Sang Kapten Inter Milan di Pentas Liga Italia

Well, Bruce sebenarnya pernah dipanggil ke timnas senior saat berusia hampir 35 tahun, yakni saat Inggris akan bermain pada laga persahabatan di Nigeria. Namun, dia menolak kesempatan tersebut karena yakin bahwa panggilan tersebut dibuat hanya karena alasan simpati!

2. Mikel Arteta

Mikel Arteta adalah nyawa Everton pada 2005-2011. Ia adalah gelandang sentral kreatif yang perannya amat vital bagi The Toffees selama bertahun-tahun. Sayang, di Timnas Spanyol, persaingan di posisi gelandang memang sangat ketat.

Visi dan kemampuan passing-nya tak pernah diapresiasi La Furia Roja, mulai dari rezim kepelatihan Jose Antonio Camacho, Inaki Saez, Luis Aragones, hingga Vicente del Bosque.

Mikel Arteta (kanan) (AFP/Ian KINGTON)

Arteta sendiri pernah dirayu untuk memperkuat Timnas Inggris karena ia memang sudah tinggal di sana selama lima tahun secara berturut-turut. Sayang, cederanya sebelum gelaran Piala Eropa 2008 harus memupus semuanya.

Meninggalkan Everton pada 2011, pria asal Basque itu gabung Arsenal dan sempat lima musim memperkuat The Gunners sebelum gantung sepatu. Arteta sendiri kini menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City.

3. Carlo Cudicini

Carlo Cudicini adalah kiper andalan Chelsea sebelum Jose Mourinho mendatangkan Petr Cech ke Stamford Bridge pada musim panas 2004. Cudicini yang berkebangsaan Italia, sempat dikabarkan telah didekati untuk mewakili Timnas Inggris.

Bahkan, pelatih Three Lions di periode 2001-2006, Sven-Goran Eriksson mengaku telah berusaha sekeras mungkin untuk membawa Cudicini ke skuad besutannya. Hal ini karena Timnas Italia tak pernah memanggil sang penjaga gawang. Namun, karena satu dan lain hal, wacana tersebut urung terwujud.

Carlo Cudicini (kanan) (AFP/TONY AVELAR)

Cudicini pernah memperkuat Italia di level U-18 dan U-21. Namun, ia tidak pernah tampil di timnas senior, bahkan untuk Piala Dunia 2002 meski kala itu ia tengah berada dalam form terbaiknya bersama Chelsea. Sosok kiper-kiper top macam Gianluigi Buffon dan Francesco Toldo menjadi penghalang Cudicini menembus skuad Gli Azzurri.

Cudicini sendiri sebenarnya memiliki tinggi badan yang kurang ideal untuk ukuran penjaga gawang, hanya 185 cm. Namun, refleknya amat mumpuni dan punya speed serta kemampuan passing yang cukup bagus.

4. Paolo Di Canio

Paolo Di Canio jelas merupakan salah satu ikon Premier League. Ia menghabiskan tujuh tahun di Inggris dan menjadi pujaan para suporter West Ham United, Sheffield Wednesday dan Charlton Athletic

Tentu sangat mengherankan sang penyerang tak pernah punya caps untuk Timnas Italia. Dia hanya mewakili Gli Azzurri di level U-21 dan juga bermain sekali untuk Italia B.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak