Menebak Posisi Griezmann Jika Berseragam Barcelona

Jika Griezmann merapat, akan ada pemain yang tersingkir.

Syaiful Rachman | BolaTimes.com
Selasa, 13 Maret 2018 | 21:42 WIB
Pemain Atletico Madrid Lionel Messi [AFP]

Pemain Atletico Madrid Lionel Messi [AFP]

Bolatimes.com - Dari rumor yang beredar selama ini, tampaknya Antoine Griezmann benar-benar akan berseragam Barcelona sebelum tahun 2018 berakhir. Kabarnya, belum lama ini pihak Griezmann sudah mencapai kesepakatan dengan Barcelona.

Menyambut kedatangan Griezmann, Barcelona bahkan menyimpan jersey nomor punggung 7. Nomor punggung yang akan diserahkan kepada Griezmann ketika gelandang asal Prancis sudah sah menjadi penggawa Barcelona.

Dilansir dari Soccerway, para pemain senior Barcelona seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Andres Iniesta dan Gerard Pique disebut-sebut sudah merestui keinginan klub untuk memboyong Griezmann dari Wanda Metropolitano.

Namun yang jadi pertanyaan adalah, apakah Barcelona masih membutuhkan seorang gelandang serang?

Seperti diketahui, selepas kepergian Neymar ke PSG di awal musim 2017/18, Barcelona sudah memboyong tiga pemain depan yaitu Paulinho, Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho.

Bermain di lini depan bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, Dembele dan Coutinho pun dianggap sebagai pelengkap "fantastic four", julukan baru bagi lini serang Blaugrana.

Jadi kira-kira apa yang akan terjadi ketika Griezmann benar-benar merapat ke Camp Nou? Peran apakah yang akan dimainkan oleh pemain 26 tahun itu dan siapakah yang akan tersingkir? Berikut sejumlah kemungkinan yang terjadi jika Griezmann berseragam Barcelona musim depan.

Pemain Barcelona Luis Suarez [AFP]

Mengambil alih posisi Suarez

Meski sudah berusia 31 tahun, di musim ini Luis Suarez masih menunjukkan taringnya sebagai salah satu striker hebat di jagad sepak bola. Dari 35 penampilannya bersama Barcelona di semua kompetisi musim ini, pemain asal Uruguay sudah menyumbang 24 gol dengan rata-rata per 141 menit dari total keseluruhan waktu bertanding.

Sedangkan Griezmann, di semua kompetisi musim ini menyumbang 19 gol bagi Atletico. Menurut catatan Opta, 19 gol tersebut dibukukan Griezmann dari 2,734 menit bertanding. Artinya gol tersebut dicetaknya dengan rata-rata per 137 menit, empat menit lebih unggul dari Suarez.

Meski sudah mencetak 24 gol, musim ini stamina Suarez cenderung menurun. Faktanya, Suarez kerap terjebak offside karena lebih sering menunggu di tengah lapangan dan sangat jarang turun membantu pertahanan.

Soal akurasi, Griezmann juga lebih unggul dari Suarez. Tercatat, musim ini dari 90 tendangan ke gawang, 46 diantaranya mencapai target dengan berbuah 20 gol. Sedangkan Suarez melepaskan 136 tendangan ke gawang, 62 diantaranya mengarah ke gawang. Dari angka di atas, sangat jelas akurasi tendangan Griezmann menjadi ancaman besar bagi Suarez.

Lionel Messi berebut bola dengan Antoine Griezmann [AFP]

Duet sempurna bagi Lionel Messi

Dari lima liga besar Eropa, musim ini Griezmann merupakan pemain kedua yang aktif mencetak gol dan memberikan assist. Satu posisi di bawah Messi yang menempati posisi pertama.

Bintang Barcelona itu sudah mencetak 32 gol dan 15 assist musim ini. Sementara Griezman mencetak 19 gol dan 10 assist. Messi juga mencipta 93 peluang, 43 peluang lebih banyak dari Griezmann.

Soal berduel dengan pemain lawan, Griezmann tercatat memenangkan 143 duel di semua kompetisi. Fakta yang membuat gelandang asal Prancis itu sebagai duet menjanjikan bagi Lionel Messi di lini depan Barcelona.

Pemain Barcelona Philippe Coutinho [AFP]

Bakal jadi pesaing berat Coutinho.

Jika berseragam Barcelona dan memainkan peran lebih dalam ke barisan pertahanan lawan, itu pun tidak menjadi pengganti Suarez, Griezmann sepertinya akan menjadi ancaman besar bagi Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele, dua pembelian termahal dalam sejarah Barcelona.

Seperti diketahui, baik Dembele maupun Coutinho, belum bisa memainkan perannya dengan sempurna dengan formasi 4-4-2 yang diterapkan pelatih Ernesto Valverde. Namun hal itu bisa dimaklumi mengingat Dembele pernah dibekap cedera cukup lama saat baru bergabung dengan Los Cules, sementara Coutinho baru bergabung Januari kemarin.

Menurut data yang dilansir Opta, perbedaannya mungkin tidak terlalu jauh jika gelandang serang asal Prancis itu memainkan peran Dembele atau Coutinho.

Soal rata-rata peluang, Griezmann yang memiliki catatan mencipta peluang per 54 menit masih kalah dari Coutinho yang bisa mencipta peluang per 52 menit. Apalagi dari Dembele yang rata-rata mencipta peluang per 36 menit.

Soal akurasi, Griezmann memang lebih bagus dari Suarez. Akan tetapi jika diprosentasekan, nilai akurasi Griezmann dari seluruh jam terbangnya bersama Atletico musim ini, yaitu 85 persen, masih kalah tipis dari Coutinho. Prosentase keakuratan sepakan mantan pemain Liverpool itu berada di angka 86 persen, itu pun dirinya belum bermain reguler sebagai starter bersama Barcelona.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak