5 Highlight Penting dari Laga Manchester United vs Liverpool

Manchester United meraih kemenangan vital atas sang rival bebuyutan.

Rully Fauzi | BolaTimes.com
Senin, 12 Maret 2018 | 04:32 WIB
Manchester United mengalahkan Liverpool 2-1 di Old Trafford (AFP/OLI SCARFF)

Manchester United mengalahkan Liverpool 2-1 di Old Trafford (AFP/OLI SCARFF)

Bolatimes.com - Manchester United meraih kemenangan vital atas sang rival bebuyutan, Liverpool pada laga pekan ke-30 Liga Inggris 2017/2018, Sabtu (10/3/2018) malam WIB. Pada North-West Derby di Old Trafford tersebut, MU menang 2-1.

Sepasang gol Marcus Rashford di babak pertama membuat MU berada di posisi nyaman, namun Liverpool menolak kalah tanpa perlawanan, sebagaimana The Reds amat mendominasi paruh kedua dari sisi penguasaan bola maupun jumlah peluang.

bunuh diri yang konyol dari Eric Bailly menghidupkan asa Liverpool, namun pertahanan gerendel MU di sisa laga memastikan raihan poin penuh bagi tuan rumah.

Baca Juga: Deretan Pesepakbola yang Pernah Menghiasi Layar Lebar

Dengan kemenangan ini, MU kokoh di posisi kedua papan klasemen sementara. The Red Devils pun memperbesar margin mereka dengan Liverpool menjadi lima poin.

Berikut adalah lima highlight penting dari laga ini:

5. Mimpi buruk Alexander-Arnold di Old Trafford

Baca Juga: Sederet Momen Emosional yang Buat Dunia Sepakbola Menangis

Musim lalu, Trent Alexander-Arnold membuat penampilan perdananya bersama Liverpool di pentas Liga Inggris melawan MU di Old Trafford. Jika musim lalu, fullback berusia 19 tahun itu tampil memukau, maka ceritanya berbeda kali ini.

Alexander-Arnold jelas bertanggung jawab atas terciptanya dua gol MU. Menit 14, ia terlambat menutup laju Marcus Rashford setelah menyambut flick Romelu Lukaku. Sebelum mencetak gol, Rashford bahkan berhasil melakukan dummy yang membuat Alexander-Arnold mati kutu.

kedua MU di menit 24 yang kembali dicetak Rashford pun lahir dari skema yang hampir mirip. Alexander-Arnold kembali lalai menutup ruang di sisi kanan area pertahanan.

Baca Juga: 5 Akademi Klub Eropa yang Produktif Menelurkan Pemain Bintang

Trent Alexander-Arnold (AFP/OLI SCARFF)
Trent Alexander-Arnold (AFP/OLI SCARFF)

Keputusan Alexander-Arnold untuk membalik badan saat berusaha menghalau sepakan Rashford pun berbuah fatal. Bola deflected mengenai kaki sang fullback sebelum masuk ke gawang Liverpool kawalan Loris Karius.

4. Mohamed Salah sukses dimatikan

Sebelum laga dimulai, setiap orang yang berasosiasi dengan MU pasti bakal khawatir dengan potensi ancaman yang bisa dihadirkan winger maut Liverpool, Mohamed Salah.

Namun, MU benar-benar sukses membuat Salah tak berkutik. Kredit tersendiri patut ditujukan pada Ashley Young yang mengisi pos fullback kiri MU. Young tampil super disiplin sepanjang 90 menit.

Mohamed Salah (AFP/OLI SCARFF)
Mohamed Salah (AFP/OLI SCARFF)

Salah yang musim ini telah mencetak 24 gol untuk Liverpool di Liga Inggris, sama sekali tidak meregister tendangan ke gawang di laga kontra MU!

3. McTominay yang kian bersinar

Scott McTominay kembali menjawab kepercayaan yang diberikan manajer MU, Jose Mourinho, dengan penampilan impresif. Sekali lagi gelandang berusia 21 tahun itu dipercaya jadi starter.

Duet McTominay dan Nemanja Matic di lini vital memang kian mempersolid pertahanan MU dalam meredam serangan-serangan bergelombang Liverpool, terutama di babak kedua.

Scott McTominay (AFP/OLI SCARFF)
Scott McTominay (AFP/OLI SCARFF)

McTominay sendiri tampil penuh energi sepanjang 90 menit dan kerap menjadi pemutus serangan Liverpool sebelum sampai di sepertiga pertahanan MU.

Sebelum melawan Liverpool ini, McTominay juga masuk starting eleven MU di dua big match lainnya, yakni ketika Setan Merah imbang 0-0 melawan tuan rumah Sevilla di Liga Champions dan menang 2-0 atas Chelsea di Liga Inggris.

2. Comeback impresif Eric Bailly

Memainkan Eric Bailly sejak menit awal dinilai sebagai sebuah perjudian dari Mourinho. Pasalnya, bek sentral berusia 23 tahun itu baru kembali dari cedera engkel. Ya, melawan Liverpool adalah kali pertama Bailly jadi starter untuk MU setelah absen sejak November lalu.

Meski demikian, minus gol bunuh dirinya, Bailly praktis tampil tanpa cela di Old Trafford. Tak terlihat seperti baru kembali dari cedera, Bailly tampil tanpa kompromi dan spartan di lini pertahanan MU.

Berduet bersama Chris Smalling di jantung pertahanan, Bailly sukses membuat trisula maut Liverpool (Salah-Roberto Firmino-Sadio Mane) mati kutu.

1.Kemenangan taktik Mourinho melawan Klopp

Banyak yang bilang duel MU vs Liverpool di Old Trafford adalah duel sepakbola pragmatis ala Mourinho melawan permainan atraktif Liverpool khas Jurgen Klopp.

Apapun itu, taktik Mourinho berhasil membuahkan raihan tiga poin, sementara Klopp dan pasukannya harus rela pulang dari lawatan ke Manchester dengan tangan hampa.

MU seakan-akan memang membiarkan Liverpool mendominasi penguasaan bola, bahkan mungkin membiarkan The Reds asyik menyerang, sembari menunggu melakukan counter-attack cepat.

MU juga beberapa kali menerapkan taktik bola lambung langsung ke Lukaku, namun armada Mourinho jelas tidak melakukan parkir bus. Taktik tersebut terbukti jitu, sebagaimana Liverpool sendiri mengalami kebuntuan dalam membongkar pertahanan rapat nan kokoh MU.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua legenda Persib Bandung, Sobur dan Iwan Sunarya mendoakan Pangeran Biru juara musim ini usai meraih kemenangan atas Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4)

liga | 23:04 WIB

Persib Bandung tak bisa tampil dengan kekuatan penuh saatmenjamu Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-32 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4). Selain akumulasi, sejumlah pemain diragukan tampil. Pelatih Bojan Hodak santai

liga | 13:08 WIB

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB
Tampilkan lebih banyak