Bolatainment

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Softball dengan Baseball

Softball dan Baseball itu tidak sama, begini penjelasannya

Irwan Febri Rialdi

Elih Villanueva dari Leones del Caracas melakukan lemparan selama pertandingan Liga Bisbol Venezuela antara Tiburones de la Guaira dan Leones del Caracas, di stadion Universitario di Caracas, pada 5 Desember 2022. (AFP/Federico Parra)
Elih Villanueva dari Leones del Caracas melakukan lemparan selama pertandingan Liga Bisbol Venezuela antara Tiburones de la Guaira dan Leones del Caracas, di stadion Universitario di Caracas, pada 5 Desember 2022. (AFP/Federico Parra)

Bolatimes.com - Sotfball atau sofbol menjadi salah satu permainan bola kecil yang banyak diminati masyarakat, kepopulerannya menjalar setelah disamakan dengan olahraga baseball atau bisbol.

Jika dilihat dengan mata telanjang, jenis permainan softball dengan baseball nyaris mirip meskipun perbadaan keduanya cukup kentara.

Dari segi permainan, softball dan baseball menggunakan prinsip dasar yang sama, mulai dari teknik melempar, menangkap, memukul dan berlari.

Selain itu bentuk lapangan yang digunakan juga mirip, lantas apa yang membedakan kedua jenis olahraga ini? berikut di antaranya.

1. Durasi

Durasi permainan softball adalah tujuh babak atau inning, namun dapat diakhiri dengan cepat memakai ketentuan tertentu.

Sementara durasi permainan baseball lebih panjang, yakni sembilan babak dan bisa diperpanjang jika hasil kedua regu seri.

2. Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan softball dan baseball berbeda, lapangan softball berbentuk bujur sangkar dan dibagi menjadi dua area yakni fair dan foul.

Area fair kembali dibagi menjadi dua yakni in field dan out field, selain itu panjang lapangan mencapai 16,76 hingga 18,29 meter.

Jarak dari marka pelari atau home base ke posisi pelempar (pitcher) mencapai 13,07 meter, sementara base di lapangan baseball lebih jauh mencapai 27,432 meter atau 90 kaki.

Untuk jarak home base dan pitcher plate adalah 18,45 meter.

3. Berat Bola

Ukuran dan berat bola softball antara 30-31 cm dengan berat mencapai 180-200 gram, karena ukuran bolanya lebih kecil dan ringan.

Bola baseball memiliki diameter kurang dari bola sotball, umumnya bola baseball berdiameter 23,5 cm dan beratnya mencapai 178 gram.

4. Alat Pukul

Alat pukul alias bat, untuk softball alat pemukul yang dipakai berukuran lebih panjang ketimbang alat pemukul baseball.

Kemudian berdasarkan usia pemain, alat pemukul softball mencapai ukuran panjang 28-34 inci, alat pemukul baseball dibentuk sepanjang 24-33 inci sesuai permainan.

5. Aturan Permainan

Softball memiliki regu pelari yang dilarang meninggalkan base, karena jarak antarbase terlalu dekat, namun dalam baseball terdapat aturan stealing base.

Aturan itu memungkinkan pelari tengah untuk meninggalkan base sejauh 3 langkah, sesaat bola terlempar dari pitcher, pelari langsung menuju base selanjutnya.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini