Anti Ribet, 9 Langkah Mudah Membersihkan Vacuum Cleaner

Begini cara membersihkan Vacuum cleaner

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 21 Juli 2022 | 07:44 WIB
Ilustrasi Vacuum Cleaner. (Istimewa)

Ilustrasi Vacuum Cleaner. (Istimewa)

Bolatimes.com - Vacuum cleaner adalah alat penyedot debu dengan teknologi listrik yang mampu menyerap seluruh partikel debu dan kotoran ke dalam mesinnya. Namun, kamu juga perlu membersihkan mesin vacuum setidaknya dalam 3 bulan sekali. Soalnya, seluruh debu dan kotoran yang ada di dalam mesin tersebut perlu dikeluarkan agar kinerja vacuum menjadi lebih optimal.

Cara membersihkannya pun cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan cairan pembersih, air panas, kain berbahan microfiber, serta ember kecil. Lalu, ikuti beberapa langkah membersihkan vacuum cleaner berikut ini.

1. Cabut Vacuum Cleaner dari Saklar Listrik

Pastikan alat penyedot debu sedang tidak tersambung ke listrik saat kamu membersihkannya untuk meminimalisir terjadinya hantaran arus, terutama saat mesin vacuum dibuka nantinya.

2. Kosongkan Bagian Pengisi Debu

Jika mesin penyedot debu memiliki kantung sekali pakai, segera keluarkan dan buang. Sedangkan untuk vacuum cleaner dengan wadah debu berbahan plastik, kamu bisa mengosongkan wadahnya terlebih dahulu.

3. Siapkan Cairan Pembersih di Ember

Setelah itu, siapkan ember yang diisi oleh air panas dan tambahkan satu sendok teh cairan pembersih. Usahakan untuk memilih cairan pembersih yang mengandung degreaser atau kandungan yang bisa mencairkan kotoran dan mengandung anti karat di dalamnya.

4. Cuci Bagian Pengisi Debu

Masukkan wadah debu berbahan plastik ke dalam ember dan diamkan selama 10 menit agar meresap. Setelah itu, sikat wadah menggunakan kain berbahan microfiber, lalu bilas kembali dengan air panas dan diamkan hingga kering.

5. Bersihkan dan Ganti Filter

Jenis filter vacuum cleaner berbeda-beda, ada yang bisa dibersihkan secara manual dan ada yang perlu diganti. Biasanya, filter yang berjenis spons bisa dicuci.

Cukup lepaskan filter dari bagian mesin dan bilas di bawah air yang mengalir agar kotoran bisa ikut luruh. Setelah itu, siapkan tisu untuk menyeka filter dan diamkan selama 24 jam hingga kering.

6. Lap Bagian Luar Vakum

Kamu juga perlu mengelap bagian luar mesin vacuum cleaner menggunakan kain berbahan microfiber yang sedikit lembab.

7. Lepaskan dan Bersihkan Beater Bar

Beater bar adalah logam panjang yang dipasang pada gulungan sikat yang berputar. Biasanya, bagian beater bar diselimuti oleh rambut dan bulu-bulu halus yang perlu kamu bersihkan dengan cara mengguntingnya.

8. Bersihkan Bagian Selang

Tidak lupa, lepaskan juga bagian selang dari vacuum cleaner dan rendam ke ember dengan cairan pembersih selama 10-15 menit. Jika sudah, bilas kembali dengan air panas dan gantung selang hingga kering sepenuhnya.

9. Pasang Vakum Kembali

Jika semua komponen sudah bersih dan kering, kamu bisa memasangnya kembali dan vacuum cleaner sudah siap digunakan kembali.

Itu dia langkah-langkah membersihkan alat penyedot debu dari kotoran yang menempel. Nah, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis vacuum cleaner berkualitas tinggi di toko offline ACE Hardware atau situs ACE Online, lho.

Selain itu, ACE Online juga memiliki berbagai perlengkapan rumah tangga dan alat olahraga, seperti raket bulutangkis dan treadmill, dengan promo menarik. Yuk, belanja sekarang.

Berita Rekomendasi
TERKINI

Persib Bandung berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dengan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jl. Sancang, Bandung, Selasa (26/3) .

bolatainment | 16:22 WIB

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB
Tampilkan lebih banyak