Bolatainment

Anti Ribet, 9 Langkah Mudah Membersihkan Vacuum Cleaner

Begini cara membersihkan Vacuum cleaner

Irwan Febri Rialdi

Ilustrasi Vacuum Cleaner. (Istimewa)
Ilustrasi Vacuum Cleaner. (Istimewa)

Bolatimes.com - Vacuum cleaner adalah alat penyedot debu dengan teknologi listrik yang mampu menyerap seluruh partikel debu dan kotoran ke dalam mesinnya. Namun, kamu juga perlu membersihkan mesin vacuum setidaknya dalam 3 bulan sekali. Soalnya, seluruh debu dan kotoran yang ada di dalam mesin tersebut perlu dikeluarkan agar kinerja vacuum menjadi lebih optimal.

Cara membersihkannya pun cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan cairan pembersih, air panas, kain berbahan microfiber, serta ember kecil. Lalu, ikuti beberapa langkah membersihkan vacuum cleaner berikut ini.

1. Cabut Vacuum Cleaner dari Saklar Listrik

Pastikan alat penyedot debu sedang tidak tersambung ke listrik saat kamu membersihkannya untuk meminimalisir terjadinya hantaran arus, terutama saat mesin vacuum dibuka nantinya.

2. Kosongkan Bagian Pengisi Debu

Jika mesin penyedot debu memiliki kantung sekali pakai, segera keluarkan dan buang. Sedangkan untuk vacuum cleaner dengan wadah debu berbahan plastik, kamu bisa mengosongkan wadahnya terlebih dahulu.

3. Siapkan Cairan Pembersih di Ember

Setelah itu, siapkan ember yang diisi oleh air panas dan tambahkan satu sendok teh cairan pembersih. Usahakan untuk memilih cairan pembersih yang mengandung degreaser atau kandungan yang bisa mencairkan kotoran dan mengandung anti karat di dalamnya.

4. Cuci Bagian Pengisi Debu

Masukkan wadah debu berbahan plastik ke dalam ember dan diamkan selama 10 menit agar meresap. Setelah itu, sikat wadah menggunakan kain berbahan microfiber, lalu bilas kembali dengan air panas dan diamkan hingga kering.

5. Bersihkan dan Ganti Filter

Jenis filter vacuum cleaner berbeda-beda, ada yang bisa dibersihkan secara manual dan ada yang perlu diganti. Biasanya, filter yang berjenis spons bisa dicuci.

Cukup lepaskan filter dari bagian mesin dan bilas di bawah air yang mengalir agar kotoran bisa ikut luruh. Setelah itu, siapkan tisu untuk menyeka filter dan diamkan selama 24 jam hingga kering.

6. Lap Bagian Luar Vakum

Kamu juga perlu mengelap bagian luar mesin vacuum cleaner menggunakan kain berbahan microfiber yang sedikit lembab.

7. Lepaskan dan Bersihkan Beater Bar

Beater bar adalah logam panjang yang dipasang pada gulungan sikat yang berputar. Biasanya, bagian beater bar diselimuti oleh rambut dan bulu-bulu halus yang perlu kamu bersihkan dengan cara mengguntingnya.

8. Bersihkan Bagian Selang

Tidak lupa, lepaskan juga bagian selang dari vacuum cleaner dan rendam ke ember dengan cairan pembersih selama 10-15 menit. Jika sudah, bilas kembali dengan air panas dan gantung selang hingga kering sepenuhnya.

9. Pasang Vakum Kembali

Jika semua komponen sudah bersih dan kering, kamu bisa memasangnya kembali dan vacuum cleaner sudah siap digunakan kembali.

Itu dia langkah-langkah membersihkan alat penyedot debu dari kotoran yang menempel. Nah, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis vacuum cleaner berkualitas tinggi di toko offline ACE Hardware atau situs ACE Online, lho.

Selain itu, ACE Online juga memiliki berbagai perlengkapan rumah tangga dan alat olahraga, seperti raket bulutangkis dan treadmill, dengan promo menarik. Yuk, belanja sekarang.

Berita Terkini