Bolatainment

Jelajah Sarinah, Tempat Belanja dan Berburu Foto Instagenic di Jakarta

Sarinah menjadi salah satu destinasi yang menarik jika ke Jakarta. Banyak tempat belanja dan spot foto yang instagenic

Irwan Febri Rialdi

Sarinah. Foto Ilustrasi (Unsplash/Ke Vin)
Sarinah. Foto Ilustrasi (Unsplash/Ke Vin)

Bolatimes.com - Siapa yang tidak tahu Sarinah? Salah satu gedung bersejarah di Jakarta Pusat yang didirikan pada 17 Agustus 1962 dan diresmikan perdana pada 15 Agustus 1966 ini, merupakan pusat perbelanjaan pertama di tanah air yang digagas oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Puluhan tahun berdiri, eksistensi Sarinah nyatanya masih belum pudar. Terbukti, meski sempat mengalami pasang-surut seiring perkembangan zaman, Sarinah tetap konsisten sebagai department store yang menjual berbagai jenis barang atau produk lokal maupun impor dengan kualitas tinggi.

Menariknya, gedung Sarinah setinggi 74 meter dan terdiri dari 15 lantai, belum lama ini menyuguhkan 'wajah baru' dengan slogan “The Window of Indonesia” yang meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung. Dengan visualisasi yang lebih segar, estetik, dan mengusung konsep kekinian, gedung Sarinah digadang-gadang sebagai salah satu destinasi wisata baru di ibu kota.

Lantas, apa saja yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Sarinah? Simak ulasannya berikut ini!

Perpaduan Heritage dan Gedung Modern

Transformasi Sarinah dulu dan sekarang cukup terlihat signifikan. Beberapa area direnovasi sesuai kebutuhan hospitality untuk para pengunjung. Anda tidak hanya bisa berbelanja, tapi juga menikmati fasilitas atau area publik dengan fungsi berbeda-beda. Di antaranya, terdapat area food and beverage, area ritel, digital bisnis, ruang budaya atau pameran, dan perkantoran.

Di satu sisi, sebagian area lainnya tetap dipertahankan sebagaimana tampilan pada 'wajah lama' Sarinah. Artinya, modernitas yang ditampilkan pada gedung Sarinah masa kini sama sekali tidak menghilangkan citra keindonesiaan yang diprakarsai oleh Sang Proklamator Indonesia tersebut. Dari segi bisnis, renovasi mall legendaris ini memberikan kebebasan kepada lebih banyak orang untuk menemukan segalanya dalam satu gedung pencakar langit bernama Sarinah.

Menghadirkan Spot Foto Instagramable

Mengusung konsep community mall, wajah baru Sarinah menyediakan fasilitas berkumpul yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kalangan dan usia. Di antaranya, creative hub dan ruang pertemuan, area skydeck untuk menggelar event kreatif yang luas di lantai tiga, ruang terbuka Amphitheater dengan deretan tangga berwarna cokelat dan abu-abu yang cocok untuk spot foto estetik, serta fasilitas trading house and export business.

Tidak ketinggalan, dibalik megahnya bangunan Sarinah, Anda dapat menemukan sudut dinding yang unik. Tepat di area belanja, dinding-dindingnya dipenuhi dengan lukisan artistik. Cocok untuk latar berpose bagi muda-mudi yang senang dengan kebaruan, tapi tetap memiliki sentuhan budaya lokal. Pencahayaan di seluruh sudut ruangan pun sangat kontras dengan warna-warna di sekitarnya. Membuat hasil foto Anda terlihat elegan.

Sebelum menutup hari dengan menjelajahi Sarinah, jangan lewatkan mampir ke Museum Sarinah yang terletak pada lantai dasar. Masuk ke dalamnya, Anda akan disambut dengan koleksi foto-foto yang berjejer rapi. Seakan mengajak Anda menapak tilas cerita tempo dulu berkaitan dengan sejarah pendirian gedung Sarinah sejak tahun 1962 hingga 2022. Dengan segala keistimewaan di atas, rasanya tidak salah jika gedung ini masuk dalam daftar tempat wisata di Jakarta yang mencengangkan.

Tertarik melihat langsung kemegahan Sarinah masa kini di pusat Kota Jakarta? Ajak serta keluarga, sahabat, dan pasangan Anda. Bagi yang berada di luar kota, atur schedule Anda untuk #PegipegiLagi ke Jakarta dengan booking hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, serta tiket bus dan travel. Khusus warga Bandung, Anda bisa dengan mudah beli tiket travel Bandung Jakarta melalui aplikasi Pegipegi. Dapatkan harga lebih terjangkau dengan memanfaatkan berbagai promo dari Pegipegi!

Berita Terkini