Bolatainment

Wajib Tonton, Berikut Rekomendasi Film Bertema Sepak Bola saat Lebaran

Berikut rekomendasi film bertema sepak bola yang bisa jadi tontonan bersama keluarga saat lebaran.

Rauhanda Riyantama

Film Goal. (Dok. Sportbible).
Film Goal. (Dok. Sportbible).

Bolatimes.com - Berikut deretan film bertema sepak bola yang bisa ditonton para pecinta sepak bola kala berlibur di Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Dalam hitungan hari, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, setelah berpuasa Ramadan sebulan hari penuh.

Biasanya, di hari suci agama Islam itu, pemerintah akan memberikan libur panjang agar masyarakatnya bisa berkumpul untuk merayakan momen lebaran.

Di Indonesia momen lebaran ini begitu dinanti-nanti karena dirasa sebagai waktu yang tepat untuk bertemu sanak saudara yang telah lama tak dijumpai.

Alhasil, libur lebaran pun dibuat lebih panjang oleh pemerintah ketimbang libur-libur hari raya keagamaan lainnya yang ada di Indonesia.

Terkadang, di momen lebaran tak semua orang bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Sehingga, momen lebaran pun hanya akan menjadi momen liburan seperti biasanya.

Di tengah masa pandemi yang belum reda di Indonesia, banyak orang mengisi liburan di rumah saja, termasuk para penggila bola.

Oleh karena itu, untuk mengisi momen libur lebaran, para penggila sepak bola pun bisa melihat rekomendasi film bertema sepak bola untuk mengisi hari libur dalam artikel ini.

Kira-kira, apa saja deretan film sepak bola terbaik yang bisa mengisi waktu senggang di libur lebaran? Berikut daftarnya.

1. Goal! Trilogi

Trilogi film Goal! merupakan film yang wajib ditonton para penggila bola. Film yang dirilis pada tahun 2005 ini menceritakan soal perjuangan pemain bernama Santiago Munez.

Santiago Munez merupakan pesepak bola yang punya skill di atas rata-rata. Dalam kisahnya, ia bermain bagi tim asal Inggris, Newcastle United dan juga raksasa Spanyol, Real Madrid.

Satu hal yang menarik dalam film ini adalah banyaknya bintang di dunia sepak bola yang berpartisipasi. Sebut saja Alan Shearer, David Beckham, Zinedine Zidane, Thierry Henry, Raul Gonzalez, Ronaldo, hingga Presiden Real Madrid, Florentino Perez.

Serial ini memiliki tiga film yang dikemas secara menarik, sehingga bisa membantu mengisi waktu senggang di kala liburan.

2. The Damned United

Salah satu film sepak bola paling direkomendasikan adalah The Damned United. Film ini mengisahkan tentang awal karier pelatih legendaris Inggris, Brian Clough dan perseteruannya dengan Don Revie.

Brian Clough merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Hal ini tak lepas dari prestasinya di dunia kepelatihan.

Ia menjadi satu-satunya pelatih Inggris yang mampu menjuarai Liga Champions secara Back to Back bersama Nottingham Forest.

Film ini pun membuat para penonton akan mengenal lebih dekat sosok Brian Clough yang kharismatik dan punya kelihaian dalam mengolah kata.

3. Escape to Victory

Bisa dikatakan, Escape to Victory merupakan film bertema sepak bola pertama di layar lebar. Pasalnya, film ini dirilis pada tahun 1981 silam.

Film Escape to Victory menceritakan tentang tawanan perang sekutu yang ditahan di kamp penjara Jerman semasa Perang Dunia II.

Dalam satu kesempatan, para sekutu ini membentuk sebuah tim sepak bola yang dipimpin oleh Sylvester Stallone dan berisikan para pemain kelas dunia seperti Pele, Bobby Moore, serta Osvaldo Ardiles.

Kisah dalam film ini pun cukup menarik, dan menceritakan perjuangan tim dan kerja keras para pemainnya guna mengalahkan tim milik Jerman.

4. Green Street

Ingin mengenal kultur Hooligans di sepak bola Inggris? Tak ada salahnya mencoba untuk menonton film berjudul Green Street yang dirilis 2005 silam.

Green Street merupakan film yang menceritakan tentang Hooliganisme di sepak bola Inggris, yang dekat dengan kekerasan baik di dalam dan luar stadion.

Dalam film ini, para penonton akan mendapati bagaimana tingkah para pendukung tim-tim sepak bola Inggris, terutama saat bertemu rival.

Sama seperti Goal! film ini juga berbentuk serial yang terbagi dalam tiga film atau trilogi. Sehingga film ini cocok untuk mengisi waktu luang.

5. Romeo Juliet

Di Indonesia pun ada film bertema Hooligans, yakni Romeo Juliet. Bedanya dengan Green Street, film ini dibumbui dengan kisah-kisah romansa.

Film ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang mengidolai tim yang berbeda dan kebetulan rival abadi, yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Film ini sendiri disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf, seorang sutradara yang dikenal kerap membuat film bertema sepak bola.

Dibuatnya film ini pun demi tujuan yang lebih baik yakni agar kedua kubu suporter baik dari Persija dan Persib bisa berdamai.

Deretan film lainnya:

- Bend it Like Beckham (2003)
- Shaolin Soccer (2001)
- The Two Escobars (2010)
- There’s Only One Jimmy Grimble (2000)
- The Class of 92 (2013)
- The Match (2021) dan lain sebagainya

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini