Bolatainment

5 Anime Sepak Bola Terbaik, Ada Captain Tsubasa hingga Giant Killing

Anime sepak bola tak hanya Captain Tsubasa

Irwan Febri Rialdi

Tsubasa/Instagram
Tsubasa/Instagram

Bolatimes.com - Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang banyak menjadi inspirasi dari sebuah karya seni, salah satunya anime yang mengangkat tema tentang sepak bola.

Sebagai salah satu olahraga paling populer di masyarakat dunia, sepak bola memang menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Kondisi ini dijadikan kesempatan oleh perusahaan-perusahaan animasi Jepang untuk merilis anime bertemakan sepak bola dari waktu ke waktu.

Lantas, anime sepak bola apa saja yang terbaik sepanjang sejarah? Berikut ulasannya.

1. Aoki Densetsu Shoot!

Anime sepak bola ini berkisah soal Toshihiko Tanaka, Kenji Shiraishi, dan Kazuhiro Hiramatsu, tiga sekawan yang merupakan siswa sekolah menengah dalam anime yang juga dikenal dengan nama Shoot!.

Ketiga kawan ini memutuskan bersekolah di tempat yang sama yaitu SMA Kakegawa yang merupakan tempat bintang sepak bola idola mereka bersekolah, Yoshiharu Kubo.

Dirilis pertama kali pada 1993, anime bertema sepak bola ini punya alur yang bisa bikin penontonnya ikut terharu dengan kisah romansa, perjuangan, hingga perjuangan meraih impian.

2. Giant Killing

Tema soal kerja keras dan perjuangan dalam meraih impian selalu menjadi tajuk utama yang coba ditampilkan dalam anime sepak bola.

Anime berikutnya yang tak kalah bagus adalah GIant Killing. Anime ini berkisah soal klub East Tokyo United (ETU), yang berusaha untuk bertahan di liga tertinggi sepak bola Jepang.

Anime ini mengangkat kisah Takeshi Tatsumi sebagai tokoh utama, yaitu seorang pelatih sepak bola eksentrik untuk membawa angin segar di klub tersebut.

3. Offside

Anime sepak bola selanjutnya berkisah soal karakter bernama Goro Kumagaya yang bercita-cita menjadi pesepak bola profesional.

Goro yang awalnya ingin masuk sekolah favorit SMA Yokonan, justru harus masuk SMA Kawasaki karena sebuah kecelakaan.

Namun, Goro justru bertemu dengan banyak pespeak bola hebat di SMA Kawasaki dan sama-sama membangun tim yang kuat dan mampu menantang SMA Yokonan.

4. Area no Kishi

Selain mengangkat tema soal sepak bola, anime ini juga mengisahkan soal kakak-beradik Kakeru dan Suguru. Keduanya punya minat yang sama dengan sepak bola.

Sugur akhirnya berhasil menjadi pesepakbola hebat di Jepang, sedangkan Kakeru mengambil jalur karier pelatih. Pada perjalanannya, Kakeru mendapat transplantasi jantung dari kakaknya Sugur.

Akhirnya Kakeru harus bisa melanjutkan kiprah kakaknya sebagai pesepakbola handal di Jepang.

5. Captain Tsubasa

Siapa yang tinggal kenal dengan anime sepak bola satu ini. Captain Tsubasa seolah sudah menjadi ikon dari anime bertemakan sepak bola.

Anime yang mengisahkan soal perjalanan Tsubasa Ozora untuk menjadi pesepak bola hebat di dunia, disebut-sebut menjadi tontonan menarik buat pesepak bola hebat di dunia nyata.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini