Bolatainment

Kisah Vinnie Jones, Bintang Film Pemegang Rekor Kartu Kuning Tercepat

Vinnie Jones sempat dikenal sebagai pesepak bola agresif.

Husna Rahmayunita

Mantan pesepak bola Vinnie Jones. (AFP/ODD ANDERSEN)
Mantan pesepak bola Vinnie Jones. (AFP/ODD ANDERSEN)

Bolatimes.com - Vinnie Jones saat ini memang dikenal sebagai seorang aktor. Namun, bintang film kelahiran Inggris ini ternyata juga punya kisah menarik di dunia sepak bola.

Sebab, Vinnie Jones sampai saat ini memegang rekor sebagai pemain yang mendapatkan kartu kuning tercepat dalam sejarah sepak bola Inggris.

Lelaki yang dulunya bermain sebagai gelandang bertahan ini memang dikenal sebagai pesepak bola yang agresif di atas lapangan.

Sepanjang kariernya, lelaki yang kini telah berusia 56 tahun itu telah mengumpulkan total 15 kartu merah. Ini menjadi bukti betapa kerasnya Vinnie Jones ketika beradu di atas lapangan.

Soal rekor kartu kuning tercepat dalam sejarah sepak bola Inggris itu, Vinnie Jones mendapatkannya ketika berstatus sebagai pemain Chelsea.

Ketika itu, Chelsea menjamu Sheffiled United di Stamford Bridge pada 21 Maret 1992. Ketika laga baru bergulir tiga detik, dia sudah mendapatkan kartu kuning pertamanya.

Vinnie Jones. (Shutterstock)
Vinnie Jones. (Shutterstock)

Peringatan itu diberikan oleh wasit karena mantan kapten timnas Wales ini melakukan pelanggaran keras terhadap Dane Whitehouse.

"Mungkin aku melakukan sesuatu yang kelewat tinggi, terlalu keras, ataupun terlalu cepat," kata Vennie Jones saat mengenang momen tersebut.

"Karena setelah laga berlangsung tiga detik, tak mungkin aku melakukan sesuatu yang terlambat," ujarnya dalam bukunya yang ditulis pada tahun 1998.

Sepanjang kariernya, Vinnie Jones tercatat pernah memperkuat klub-klub seperti Wimbledon, Leeds United, Sheffield United, Chelsea, dan Queens Park Rangers.

Salah satu momen paling bersejarah yang sukses ditorehkan Vinnie Jones ialah ketika ia masih memperkuat Wimbledon.

Dia menjadi salah satu pemain penting di balik kisah sukses “Crazy Gang” Wimbledon yang berhasil menjuarai Piala FA musim 1988.

Bersama klub asal London itu, Vinnie Jones mencatatkan lebih dari 200 pertandingan selama dua musim, yakni antara tahun 1986 hingga 1998.

Sementara itu, kariernya di dunia layar lebar mulai dirintis setelah memutuskan pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 1998.

Pada awal-awal kariernya, Vinnie Jones sering menjalani peran sebagai seorang kriminal yang identik dengan dunia kejahatan.

Awalnya, tokoh semacam itu ia perankan ketika membintangi film Lock, Stock and Two Smoking Barrels(1998), Snatch(2000), G one in 60 Seconds(2000), Mean Machine(2001), dan Juggernaut in X-Men: The Last Stand(2006)

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini