Bolatainment

Bikin Tajir Melintir, Ini 10 Gurita Bisnis yang Dijalankan Raffi Ahmad

Dengan 10 bisnis tersebut, Raffi Ahmad berhasil meraup pundi-pundi rupiah.

Rauhanda Riyantama

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina [matamata.com]
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina [matamata.com]

Bolatimes.com - Raffi Ahmad dikenal sebagai salah satu artis sukses dengan penghasilan melimpah. Usut punya usut, pemilik klub Rans Cilegon FC itu ternyata memiliki segudang bisnis.

Salah satu bisnis yang cukup melejit saat ini adalah RANS Entertainment. Namun, Raffi Ahmad tak semuda itu dalam membangun kerajaan bisnisnya. 

RANS Entertainment Indonesia lahir di sebuah garasi kecil. Hal ini dikemukakan Head of Production & Digital Entertainment, Abrar Rafles Dahlan, dalam dalam talkshow “Riding the Wave of the Market: Momentum is the Key”, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Talkshow ini merupakan bagian dalam ajang Indonesia Brand Forum (IBF) 2021 yang berlangsung pada 2-4 November 2021. Dalam ajang ini, sejumlah brand lokal berbagi (sharing) seputar kinerja berikut kiat dan strategi bisnisnya masing-masing.

"Kami memulai bisnis dari sebuah garasi kecil, yang kemudian berkembang begitu cepat seperti sekarang," ujarnya.

Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina membangun RANS Entertainment pada 2018. Awalnya, konten yang disajikan hanya mengangkat seputar aktivitas keseharian mereka, yang disalurkan melalui Instagram dan YouTube.

Raffi Ahmad di acara Mata Najwa. (YouTube/Najwa Shihab)
Raffi Ahmad di acara Mata Najwa. (YouTube/Najwa Shihab)

Namun dalam waktu tiga tahun, RANS Entertainment telah berkembang menjadi sebuah kerajaan dengan gurita bisnis yang luar biasa. Akun Youtube-nya menjadi 5 besar terbanyak di Indonesia, hampir menyentuh 22 juta pemirsa.

"Saat ini jumlah followers dan subscribers di semua platform digital kami sudah mencapai 108 juta," ujar Abrar.

Portofolio usahanya beragam, mulai dari entertainment, label musik, hingga animasi. Bahkan RANS juga mengakuisisi klub sepakbola Indonesia, Cilegon FC yang kemudian bersalin nama menjadi RANS FC.

"Salah satu kunci sukses kami adalah membenangmerahkan semua lini bisnis kita ke dalam satu payung, yaitu media digital kami," Kata Abrar.

Sedikitnya adalah 10 bisnis yang dikepakkan Raffi, yakni RANS Entertaiment, RANS music, PowerRANSgers, RANS Animation Studio, RANS Esport, Toko Mama Gigi by Nagita Slavina, RANS Cilegon FC, Mylk, dan RANS PIK Basketball.

"Terakhir, kami akan meluncurkan RANS Zoo di PIK," kata Abrar.

Dengan rentang bisnis seperti ini, tak heran jika organisasinya juga berkembang pesat. Jumlah karyawan yang tadinya hanya 3 orang, kini mencapai 300 orang.

(Suara.com/Fabiola Febrinastri)

Berita Terkait

Berita Terkini