Bolatainment

Kenalin Si Cantik Luna, Penerjemah Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners

Agar tidak terkendala bahasa, Asnawi Mangkualam ditemani penerjemah cantik.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto

Luna penerjemah Asnawi. (Instagram/nayeonlunaha)
Luna penerjemah Asnawi. (Instagram/nayeonlunaha)

Bolatimes.com - Masalah bahasa tentunya menjadi salah satu kendala Asnawi Mangkualam berkarier di Korea Selatan. Namun, untungnya Ansan Greeners mempekerjakan penerjemah yang bernama Luna untuk mendampingi Asnawi.

Luna dipekerjakan Ansan Greeners sebagai staf untuk menjadi penerjemah Asnawi Mangkualam saat pertandingan melawan Jeonnam Dragons 11 April lalu. Saat itu, Asnawi ditonton langsung oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pasca pertandingan, Luna pun langsung mendampingi Asnawi dan Shin Tae-yong dalam sebuah sesi wawancara. Lalu siapa sosok Luna dan mengapa dia bisa fasih berbahasa Indonesia.

Luna saat bekerja jadi penerjemah Asnawi dan Shin Tae-yong. (Instagram/nayeonlunaha)
Luna saat bekerja jadi penerjemah Asnawi dan Shin Tae-yong. (Instagram/nayeonlunaha)

Luna diketahui memiliki nama asli Hana-yeon. Usut punya usut, Luna ternyata sempat bekerja di Indonesia sebagai penerjemah. Dia bahkan sempat bekerja di OJK sebagai penerjemah bank-bank Korea.

Berkesempatan menjadi penerjemah Asnawi, Luna juga merekam aktivitas pekerjaannya di kanal YouTube Lunalog. Sejauh ini sudah ada dua video di mana Luna menjadi penerjemah Asnawi.

Dalam channel YouTube-nya tersebut, Luna mengaku masih gugup ketika menjadi translator Asnawi. Padahal Luna sudah fasih berbahasa Indonesia dan sempat bekerja menjadi penerjemah untuk OJK.

"Dulu pas aku jadi tranlator untuk OJK atau bank-bak Korea di Indonesia enggak segugup ini. Mungkin karena banyak orang Indonesia suka sama mas Asnawi, jadi aku pikir harus translating yang bagus biar aku bantu komunikasi dia dengan orang Korea."

"Kalau aku salah translating kan bisa juga orang Korea salah paham tentang dia, jadi aku harus bagus biar aku jadi jembatan mas Asnawi dan fans Korea," penjelasan Luna mengenai rasa gugupnya saat jadi penerjamah Asnawi.

Sementara itu, jika menilik dari akun media sosial Instagram, Luna sudah menikah dengan pria Korea dan dikaruniai seorang anak. Bahkan dalam video YouTube-nya, suami dan anak Luna ikut ke stadion untuk menonton laga Asnawi dan menemani Luna bekerja.

Berita Terkait

Berita Terkini