Bolatainment

Usai 'Lecehkan' Suporter Wanita, Komentator Liga 1 Ini Minta Maaf

"Khususnya saya ingin minta maaf kepada bidadari tribun dari Persita Tangerang dan minta maaf untuk seluruh pecinta sepak bola di Indonesia," kata Rama.

Irwan Febri Rialdi

Kritik terhadap ucapan bernada seksisme komentator sepak bola (Twitter @AlionelMessi_ dan @ernestprakasa).
Kritik terhadap ucapan bernada seksisme komentator sepak bola (Twitter @AlionelMessi_ dan @ernestprakasa).

Bolatimes.com - Komentator Liga 1 2020, Rama Sugianto, mendadak viral di media sosial. Hal itu tidak lepas karena ucapan pelecehannya terhadap suporter perempuan saat sedang memandu pertandingan Persita Tangerang melawan PSM Makassar, Jumat (6/3/2020).

 "Sementara kita lihat, ini dia, saya melihat ada sesuatu yang menonjol tapi bukan bakat. Ada yang besar tapi bukan harapan," kata Rama Sugianto saat kamera menyoroti suporter perempuan.

Akun Twitter @AlionelMessi_ mengkritik ucapan dua komentator tersebut. Dalam unggahannya, akun @AlionelMessi_ menulis, "Sangat tidak pantas komentar macam begini!"

Ucapan seksisme komentator Liga 1 itu juga dikritik oleh sutradara dan komedian Ernest Prakasa.

"Komentator TV dengan ucapan sekelas alay Instagram. Memalukan," cuit Ernest, Minggu (8/3/2020).

Namun, kini ia sudah menyadari kesalahannya dengan mengucapkan permintaan maaf. Ia berjanji tidak akan melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari. Permintaan maaf itu disampaikan melalui video yang diunggah ke akun Instagram pribaginya, @rama_sugianto, pada Minggu (8/3/2020).

Dalam video itu, Rama berkata, "Buat teman-teman semua, saya Rama Sugianto, saya ingin ngucapin minta maaf yang sebesar-besarnya atas segala khilaf saya. Atas segala salah saya. Dan terima kasih sekali lagi buat teman-teman yang sudah memberikan masukan, sudah memberikan kritik yang membangun. Insya Allah ini tidak akan terjadi lagi di masa yang akan datang".

Rama juga mengucapkan permintaan maaf kepada para suporter wanita dari klub yang dikomentarinya.

"Sekali saya mohon maaf, dari hati saya yang terdalam saya minta maaf untuk segala kesalahan yang sudah saya perbuat. Khususnya saya ingin minta maaf kepada bidadari tribun dari Persita Tangerang dan minta maaf untuk seluruh pecinta sepak bola di Indonesia," kata Rama.

Permintaan maaf komentator Liga 1 yang lecehkan suporter perempuan (Twitter/@ochannelupdates dan Instagram @rama_sugianto)
Permintaan maaf komentator Liga 1 yang lecehkan suporter perempuan (Twitter/@ochannelupdates dan Instagram @rama_sugianto)

Bahkan stasiun televisi swasta yang menyiarkan pertandingan dimana Rama melontarkan lelucon kotor seksual juga telah meminta maaf.

O Channel TV melalui akun Twitter-nya mengunggah permintaan maaf tersebut, Minggu (8/3).

"Permintaan maaf kami, manajemen OChannel, sehubungan dengan tayangan Shopee Liga 1 dimana terdapat ucapan komentator pertandingan yang kurang pada tempatnya," tulis @ochannelupdates, seperti dikutip Suara.com.

Dalam permintaan maaf itu, manajemen OChannel juga telah memberikan peringatan dan sanksi tegas kepada Rama. Mereka juga meminta Rama untuk secara langsung menyampaikan permintaan maaf.

Penulis: Rifan Aditya

Berita Terkait

Berita Terkini