Bangga, 5 Pengusaha Indonesia Ini Ternyata Punya Klub Bola di Luar Negeri

Keluarga Wanandi baru saja menjadi pemilik saham klub asal Inggris Tranmere Rovers.

Rabu, 04 September 2019 | 18:15 WIB
Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)

Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)

Bolatimes.com - Jika para pengusaha kaya asal Timur Tengah punyaklub besar selevel Manchester City atau Paris Saint Germain, pengusaha Indonesia juga tak kalah lho. Buktinya, Erick Thohir pernah punya Inter Milan hingga DC United.

Nah selain dia, ternyata masih ada lagi para pengusaha asal Indonesia yang juga memiliki saham bahkan jadi pemilik klub sepak bola di luar negeri. Berikut beberapa pengusaha Indonesia yang membeli klub sepak bola di luar negeri:

1. Group Bakrie

Baca Juga: Gelandang Malaysia Minta Pergerakan Saddil Diwaspadai, Ini Alasannya

Keluarga Bakrie merupakan salah satu gurita bisnis di Indonesia yang merambah di berbagai jenis usaha. Gerilya bisnisnya tak hanya di Indonesia, bahkan hingga keluar negeri termasuk di antaranya ke ranah olahraga yakni dengan menjadi pemilik klub Australia, Brisbane Roar.

Klub yang pernah jadi juara Liga Australia jadi milik Group Bakrie Melalui PT Pelita Jaya Cronus. Group Bakrie memiliki sebanyak 70 persen saham klub yang dibeli pada 2011 lalu. Setahun berselang saham Roar dibeli 100 persen.

Aburizal Bakrie [suara.com/Oke Atmaja]
Aburizal Bakrie [suara.com/Oke Atmaja]

2. Santini Group

Baca Juga: Punya Kenangan Manis di Piala AFF 2010, Pelatih Malaysia Enggan Terlena

Baru-baru ini, jaringan bisnis milik Keluarga Wanandi tersebut dikabarkan telah membeli saham milik klub League One atau tingkat ketiga dalam sistem Liga Inggris, Tranmere Rovers. Pihak klub tak menjelaskan berapa besar saham yang dimiliki Santini Group namun kabarnya mereka akan menjadi salah satu pemilik saham minoritas seperti dikutip dari laman resmi klub Tranmere Rovers.

Rencananya, pendanaan awal yang diberikan keluarga Wanandi tersebut digunakan untuk menambah infrastruktur stadion Prenton Park, salah satunya penguatan sinyal wi-fi. Selain itu mereka ikut mengembangkan nilai klub di pasar internasional, termasuk di Asia.

Untuk diketahui, bisnis Santini Group bergerak di bidang otomotif, farmasi, pengembangan properti, sumber daya alam dan jasa. Pemilik Group santini adalah Sofjan Wanandi yang berdiri sejak 1994 dan diturunkan kepada ketiga anakanya yakni, Wandi, Lukito dan Paulus Wanandi.

Baca Juga: 4 Fakta Seputar Logo Baru Piala Dunia 2022, Terdapat Hiasan Huruf Arab

Klub League One, Tranmere Rovers yang baru-baru ini dibeli pengusaha asal Indonesia, Santini Group. (Instagram/@tranmererovers)
Klub League One, Tranmere Rovers yang baru-baru ini dibeli pengusaha asal Indonesia, Santini Group. (Instagram/@tranmererovers)

3. Erick Thohir

Nama pengusaha satu ini sudah tak asing lagi di kancah sepak bola dunia. Sebagai pengusaha, Thohir disebut telah memiliki beberapa saham di klub sepak bola luar negeri.

Pada 2013 silam, Erick Thohir resmi menjadi pemilik saham mayoritas klub Liga Italia, Inter Milan. Sebanyak 70 persen saham Nerazzurri dimiliki anggota International Olympic Comitee (IOC) mewakili Indonesia tersebut.

Baca Juga: Beto Goncalves Beberkan Cara Kalahkan Malaysia

Namun tiga tahun berselang, Erick melepas sebagian besar sahamnya ke pengusaha asal China. Tak berhenti di sana, pada 2019 ini Erick secara mengejutkan melepas seluruh saham klub besutan Antonio Conte itu ke salah satu perusahaan di Hong Kong.

Gurita bisnis Erick di sepak bola tak hanya Inter Milan. Sebelumnya, dia pernah membeli 78 persen klub sepak bola asal Amerika Serikat, DC United.

Terbaru, Erick bersama Anindya Bakrie dan seorang pengusaha asal Thailand dikabarkan baru saja membeli sebagian saham di klub League One, Oxford United. Tak hanya sebagai pemilik, Erick bahkan didapuk sebagai salah satu direktur di klub tersebut.

Ketua INASGOC Erick Thohir di Kantor INASGOC, Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]
Ketua INASGOC Erick Thohir di Kantor INASGOC, Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]

4. Sihar Sitorus

Pengusaha asal Sumatra Utara ini menggerakkan bisnisnya di bidang perkebunan sawit. rumah sakit hingga sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Walau punya latar pengusaha, tetapi nama dan sepak terjangnya di sepak bola nasional sudah cukup dikenal.

Sihar Sitorus pernah menjadi Ketua Komite PSSI pada 2011 dan juga tercatat sebagai anggota Exco PSSI. Tak hanya itu, pengusaha ini juga telah mendirikan empat klub antara lain, Medan United FC, Medan Chiefs, Pro Duta Football Club dan Nusaina FC.

Bisnis sepak bolanya tak berhenti di Indonesia. Pada 2015 silam dia dikabarkan membeli klub di kasta ketiga Liga Belgia, Verbroedering Denber FC. Tak hanya dijadikan bisnis, pembelian saham itu juga untuk mengembangkan sepak bola Tanah Air. Bukti konkritnya dia lakukan dengan mengirim tiga pemain asal Indonesia ke Belgia untuk meniti karier sepak bola di klub miliknya itu.

Salah seorang pengusaha asal Indonesia, Sihar Sitorus yang memiliki klub luar negeri di kasta ketiga Liga Belgia,  Verbroedering Denber FC. (Instagram/@therealsiharsitorus)
Salah seorang pengusaha asal Indonesia, Sihar Sitorus yang memiliki klub luar negeri di kasta ketiga Liga Belgia, Verbroedering Denber FC. (Instagram/@therealsiharsitorus)

5. Yusuf Mansur

Sudah tak perlu ditanya lagi orang ini. Tak hanya ulet dalam berdakwah, ustadz Yusuf Mansur juga lihai dalam mengembangkan bisnisnya di beberapa jenis usaha. Pemilik Paytren tersebut juga telah memiliki saham di klub asal Polandia, Lechia Gdansk.

Yusuf Mansur membeli saham klub pemain asal Indonesia, Egy Maulana Vikri sebesar 10 persen dengan nilai transaksi Rp 42 miliar.

Pemain asal Indonesia, Egy Maulana Vikri yang bermain di Liga Polan bersama Lechia Gdansk. (diaInstagram/@egymaulanavikri)
Pemain asal Indonesia, Egy Maulana Vikri yang bermain di Liga Polan bersama Lechia Gdansk. (diaInstagram/@egymaulanavikri)

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB

Komentar Asnawi Mangkualam pada unggahan Egy Maulana Vikri jadi sorotan.

bolatainment | 10:52 WIB
Tampilkan lebih banyak