50 Muslim Paling Berpengaruh 2019: Ada Jokowi Hingga Mo Salah

Presiden Joko Widodo hingga Mohamed Salah masuk dalam daftar 50 muslim dunia paling berpengaruh 2019.

Jum'at, 19 Oktober 2018 | 17:00 WIB
Kolase foto Presiden Joko Widodo dan Mohamed Salah (Bolatimes.com)

Kolase foto Presiden Joko Widodo dan Mohamed Salah (Bolatimes.com)

Bolatimes.com - Situs The Muslim 500 telah merilis daftar 50 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019. Dalam daftar 50 muslim dunia paling berpengaruh tersebut, nama Presiden Joko Widodo masih bertahan di peringkat 16. Sementara ada nama baru yang menarik perhatian di peringkat 46, nama baru tersebut adalah pesepak bola asal Mesir, Mohamed Salah.

Untuk diketahui, daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 ini dirilis oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania.

Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 ini dapat dalam buku Edisi ulang tahun ke-10, 500 Muslim (dengan rangking kumulatif selama 10 tahun) melalui situs resminya themuslim500.com. Mereka menilai bahwa muslim yang berpengaruh adalah seorang muslim yang memberikan dampak terhadap muslim di dunia.

Baca Juga: Ini Kata Pemimpin Redaksi Tabloid BOLA Usai Umumkan Akan Pamit

Misalnya pengaruh seorang muslim sebagai kepala negara di negara yang ia pimpin atau kepemimpinanya berpengaruh terdapad negara lain.

Dalam daftar 50 muslim berpengaruh dunia yang dirilis, posisi teratas kebanyakan ditempati oleh cendekiawan dan para kepala negara. Dalam 50 dafar tersebut, terdapat beberapa nama orang Indonesia, di antaranya adalah Presiden Joko Widodo di urutan 16, Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj di urutan 20, dan ulama/Ketua Umum MUI Jawa Tengah, Habib Luthfi Yahya di urutan 37.

Mohamed Salah merayakan gol ke gawang West Ham (Liverpool FC)
Mohamed Salah merayakan gol ke gawang West Ham (Liverpool FC)

Selain itu, yang menarik perhatian adalah ada nama baru yang masuk dalam daftar 50 muslim dunia paling berpengaruh 2019 tersebut. Pesepak bola asal Mesir, Mohamed Salah masuk dalam daftar dan menempati peringkat ke-46.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Menangis Bersama Sebelum Taklukkan Taiwan

Pengaruh Mohamed Salah terhadap terhadap sepak bola Inggris memang mengejutkan sejak memulai debut bersama Liverpool pada musim lalu. Di musim pertamanya itu, ia langsung mencuri perhatian dengan penampilan gemilangnya.

Bahkan Salah langsung menjelma menjadi sosok idola baru di Anfield. Banyak pendukung yang kagum dengan kemampuan dan sikap rendah hatinya. Karena itulah pemain berusia 25 tahun itu menjadi panutan para pemuda muslim bukan hanya di Inggris, tapi di seluruh dunia.

Berdasarkan kabar yang beredar, kedatangan Salah ke Inggris bahkan membuat masjid-masjid di Liverpool semakin ramai jamaahnya.

Baca Juga: Rekor Pertemuan Inter vs AC Milan di Derby Della Madonnina

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Persib Bandung berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dengan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jl. Sancang, Bandung, Selasa (26/3) .

bolatainment | 16:22 WIB

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB
Tampilkan lebih banyak