Dari Redaksi: Arkadia Digital Media Siap Kick Off di Bursa Saham

Arkadia Digital Media siap menggelinding di bursa saham nih. Yuk ikut berpartisipasi

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Rabu, 08 Agustus 2018 | 15:40 WIB
Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, William Martaputra dan Denny Saliman dari PT Danatama Makmur Sekuritas beri keterangan pers terkait IPO Arkadia Digital Media

Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, William Martaputra dan Denny Saliman dari PT Danatama Makmur Sekuritas beri keterangan pers terkait IPO Arkadia Digital Media

Bolatimes.com - Arkadia Digital Media sebagai pengelola media online Bolatimes.com, akan menjadi perusahaan media digital pertama yang listing di BEI.

PT Arkadia Digital Media Tbk yang bergerak di bidang media online dan konten multimedia akan menawarkan sahamnya kepada masyarakat dalam masa Initial Public Offering (IPO) pada tanggal 21-24 Agustus 2018. Sementara itu, listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) direncanakan pada tanggal 29 Agustus 2018.

Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, William Martaputra, dalam acara Public Expose Rencana IPO Arkadia Digital Media, Senin (6/8/2018), di Hotel Century Park, Jakarta, menegaskan bahwa IPO ini merupakan langkah besar dan strategis bagi pengembangan bisnis Perseroan. Selain William, acara Public Expose ini juga dihadiri Komisaris Utama PT Arkadia Digital Media Tbk Stephen Sulistyo, Komisaris Iwa Karunia, Komisaris Independen Ariyo Ali Suprapto, Direktur Suwarjono, Direktur Independen Fastabiqul Khair Algatot, serta Denny Saliman dari PT Danatama Makmur Sekuritas.

Melalui IPO ini, manajemen PT Arkadia Digital Media Tbk membuka kesempatan kepada publik untuk menjadi pemegang saham dan ikut berkontribusi dalam pengembangan bisnis media digital di tanah air.

Adapun jumlah saham yang ditawarkan dalam IPO PT Arkadia Digital Media Tbk adalah sebanyak 150.000.000 lembar saham, atau sebesar 54,55% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Saham Umum Perdana.

Dalam keterangannya, William menjelaskan bahwa sebanyak 100 juta saham merupakan saham baru, sedangkan 50 juta saham diambil dari saham pendiri.

Sementara untuk harganya, Perseroan menawarkan harga Rp 200 sampai Rp 400 per saham.

Artinya, Perseroan menargetkan perolehan dana segar sebesar Rp 20 miliar hingga Rp 40 miliar dari IPO ini, yang rencananya akan digunakan untuk belanja modal dan ekspansi.

"Harga saham setara price to book value (PBV) adalah 1,8 kali hingga 2,2 kali," jelas William menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers seusai acara Public Expose, Senin (6/8).

Dijelaskan di bagian lainnya bahwa PT Arkadia Digital Media Tbk mencatatkan diri di bursa menggunakan laporan keuangan periode Maret 2018. Perseroan ini menunjuk Millenium Danatama Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi IPO.

Adapun dana yang diperoleh dari IPO ini kelak, akan digunakan untuk pengembangan dan modal kerja.

Tepatnya, sebanyak 34% dana hasil IPO akan dipakai untuk meningkatkan infrastruktur dan kebutuhan perangkat keras di seluruh anak usaha, sebanyak 53% bakal digunakan untuk mengembangkan platform dan perangkat lunak, serta 13% sisanya untuk keperluan modal kerja Perseroan dan seluruh anak usaha.

Dengan IPO ini, William optimistis nilai Perseroan berpeluang meningkat signifikan di masa depan. Dengan kekuatan konten kekinian, kredibel, independen, disajikan dalam berbagai format di berbagai platform dengan distribusi yang luas serta model bisnis kreatif dan beragam, Perseroan diyakini akan tumbuh signifikan.

"Kreativitas tanpa batas dan banyaknya agenda pengembangan yang akan dilakukan Perseroan, membuat kami yakin masa depan bisnis digital media ini sangat menjanjikan," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini PT Arkadia Digital Media Tbk mempunyai tiga anak perusahaan, yaitu PT Arkadia Media Nusantara (AMN), PT Mata Media Nusantara (MMN), dan PT Integra Archipelago Media (IAM).

AMN saat ini telah mengelola media online Suara.com dan sedang mengembangkan Suara.com Regional (general news and information), yang tengah bertumbuh pesat dan menempati peringkat atas di Indonesia dalam kategori media berita online versi Alexa.com yang telah diverifikasi oleh Dewan Pers.

Akan halnya MMN, saat ini mengelola beberapa media online seperti Matamata.com (celebrity and entertainment), Bolatimes.com (soccer and sports), dan Hitekno.com (technology and gadget). Sedangkan IAM saat ini sedang mengembangkan beberapa media online baru seperti Dewiku.com (female), Mobimoto.com (automotive and motosport), Guideku.com (travel and F&B) dan Himedik.com (health and medical).

Tak hanya itu, guna memperkuat konten agar dapat mencakup beragam berita dan kejadian di berbagai wilayah tanah air, Perseroan saat ini juga menjalin kerja sama dengan puluhan media online lokal.

Kolaborasi ini membuat konten berita dan informasi dalam berbagai media online naungan PT Arkadia Digital Media Tbk lebih bervariasi, serta berimbang antara konten nasional dan regional.

Sedangkan untuk lini usaha lainnya, Perseroan juga menekuni layanan penyedia konten untuk operator telekomunikasi, serta mengembangkan creative agency, multimedia production house dan event planner.

Nantinya PT Arkadia Digital Media Tbk juga akan berkutat di bidang usaha content aggregator, dengan mengembangkan aplikasi mobile di mana konten dari seluruh media online milik Perseroan dan dari para partner media online lokal akan dirangkum dan dikemas menjadi satu.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB

Komentar Asnawi Mangkualam pada unggahan Egy Maulana Vikri jadi sorotan.

bolatainment | 10:52 WIB
Tampilkan lebih banyak